GoPay Pesta Gamer

Pakistan Kini Akui Esports Sebagai Olahraga Resmi!

faizalkamill
15/01/2021 16:21 WIB
Pakistan Kini Akui Esports Sebagai Olahraga Resmi!
Bendera Pakistam/zameen.com

Perkembangan esports semakin besar tiap tahunnya. Di tahun 2023 diprediksikan bahwa pertumbuhan industri ini bisa mencapai nilai 1,5 triliun USD. Kini sudah banyak negara yang menganggap serius esports termasuk Indonesia dengan dibentuknya Pengurus Besar eSports Indonesia (PBESI) dan Iespa(Indonesia Esports Association). Esports saat ini sudah masuk ke acara olahraga resmi seperti Asian Games dan kini komite Olympic juga sedang mempertimbangkan untuk memasukannya menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan.

Di Pakistan, Menteri Sains dan Teknologi Pakistan, Fawad Chaudhry, mengumumkan bahwa Esports akan diakui sebagai olahraga resmi yang dipertandingkan di Pakistan. Pengumuman ini disampaikan lewat akun Twitternya. “Sebuah memorandum telah ditandatangani oleh Badan Olahraga Pakistan dan Yayasan Sains Pakistan setelah itu Esports akan mendapatkan status olahraga reguler. Jika kamu tertarik dengan video game, bersiaplah karena peluang baru menunggu kamu.” isi cuitannya.

Beberapa tahun yang lalu esports dan gaming masih cukup asing di Pakistan hingga salah satu talenta mereka Arslan Ash, seorang pemain Tekken, berhasil memenangkan EVO Championship Series Japan dan EVO Championship series di tahun 2010. Keberhasilan Arslan membangkitkan semangat gaming di negara tersebut dan nama Pakistan mulai dikenal di dunia esports.

Di tahun 2020 PUBG Mobile, mobile game semakin populer di Pakistan, meski sempat diban oleh pemerintah Pakistan namun usaha tersebut digagalkan berkat permohonan yang diajukan oleh para atletnya. Chaudhry selanjutnya menyampaikan dalam sebuah wawancara bahwa industri gaming di Pakistan telah berkembang hingga 20% setiap tahunnya. Mereka juga kini sedang menyiapkan pertandingan Esports skala nasional dalam waktu dekat.

Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, senang ya semakin banyak pihak yang mendukung perkembangan industri ini!