Cari Talenta Muda, ESI DKI Gelar Jakarta Esports Series Berhadiah 50 Juta!

Basitullah
25/03/2021 16:52 WIB
Cari Talenta Muda, ESI DKI Gelar Jakarta Esports Series Berhadiah 50 Juta!

Pengurus Esports Indonesia Provinsi DKI Jakarta (ESI DKI) melalui konferensi pers (25/3), mengumumkan penyelenggaraan sebuah turnamen esports yang diberi nama Jakarta Esports Series. Direncanakan berlangsung mulai dari 24 Maret hingga 13 Juni 2021, JES akan digelar secara online mengingat pandemi yang masih menghantui. Jakarta Esports Series sesi pertama ini akan melibatkan tujuh jenis games yang sangat digemari para gamer di Indonesia, mulai dari PUBG Mobile, Mobile Legends: Bang Bang, Free Fire: Battleground, Arena of Valor, Pro Evolution Soccer, Tekken7, dan DOTA 2 yang masing-masing akan dilaksanakan secara bergiliran hingga bulan Juni 2021 dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang sebagai penutupannya.

"Sebagaimana visi ESI DKI untuk membangun sebuah ekosistem Esports yang akan membawa nama provinsi DKI Jakarta di kancah kompetisi tingkat nasional, maka melakukan kompetisi adalah salah satu cara untuk mewujudkan visi tersebut. Jakarta Esports Series tidak hanya akan menjadi sebuah turnamen yang dipersembahkan oleh ESI DKI kepada masyarakat yang antusiasme dengan turnamen Esports, namun sebuah cara untuk membangun ekosistem Esports yang salah satu elemen terbesarnya adalah atlet," ujar Mayjen TNI (Purn.) Neno Hamriono, Ketua ESI DKI, pada konferensi pers virtual Jakarta Esports Series, 25 Maret 2021.

Seri pertama dari Jakarta Esports Series adalah PUBGM yang akan berlangsung pada 24-28 Maret 2021. Saat ini, babak kualifikasi pertama dari peserta yang telah terdaftar sedang berlangsung dan akan dilanjutkan ke babak semifinal yang akan dijalankan sebanyak tiga putaran. Selanjutnya babak grandfinal yang berlangsung sebanyak lima putaran jadi penentuan untuk mendapatkan juara terhebat. "Kami sangat antusias dengan diadakannya Jakarta Esports Series ini karena dapat menjadi sebuah langkah awal untuk memperkenalkan nama ESI DKI kepada masyarakat Esports sekaligus memberikan edukasi bahwa turnamen-turnamen yang akan diselenggarakan oleh ESI DKI bukan hanya sekedar kompetisi, tetapi juga wadah untuk penjaringan bibit atlet Esports nasional," papar Aldino, Ketua Bidang Kompetisi ESI DKI sekaligus Ketua Panitia Pelaksana Jakarta Esports Series. Untuk hadiahnya, ESI DKI telah menyediakan Prize pool sebesar Rp 50.000.000 untuk tujuh seri permainan dan untuk seri PUBGM kali ini, ESI DKI menyediakan total hadiah Rp 8.000.000 untuk tiga pemenang.

Seperti yang sudah sempat dijelaskan, proses pertandingan dari babak kualifikasi hingga grandfinal akan dilaksanakan secara online. Buat Sobat Esports yang penasaran, tentu saja kamu dapat menyaksikan pertandingannya secara live melalui kanal Youtube ESI DKI mulai tanggal 27 – 28 Maret 2021.

Jika kamu begitu ingin mengikuti kompetisi Jakarta Esports Series ini, masih ada kesempatan untuk kamu ikutan karena pendaftaran masih dapat dilakukan hingga besok (26 Maret 2021). Dikenakan biaya pendaftaran sebesar IDR 50.000 untuk tim yang mendaftar yang merupakan sebuah komitmen fee. "Fee adalah sebagai komitmen fee saja yang menurut kami 50.000 tidak memberatkan untuk satu tim. Peserta terbuka untuk dari mana saja, namun untuk kepentingan pencarian bibit atlet bagi DKI Jakarta, nanti kami olah lagi dari data base. Kami minta peserta untuk input NIK KTP. Jadi akan terlihat dari NIK tersebut apabila domisili Jakarta." ungkap Aldino.

"Antusiasme dari masing-masing game sangat tinggi, mengingat bukan hanya game mainstream yang kita pertandingkan. Untuk ke depan, pastinya akan ada turnamen-turnamen lanjutan lagi," pungkas Aldino.

Seluruh hasil turnamen juga dapat dilihat pada leaderboard yang akan diinformasikan melalui akun Instagram, Facebook, dan juga website resmi ESI DKI: https://jes.esidki.com/.