Kian Berkembang, Persentase Wanita di Esports dan Gaming Terus Meningkat

faizalkamill
10/03/2021 11:20 WIB
Kian Berkembang, Persentase Wanita di Esports dan Gaming Terus Meningkat
Bad Monkey Gaming juarai Intel Challenge Katowice - 2015/EsportsObserver

Dalam rangka merayakan International Women’s Day, salah satu organisasi esports terbesar di dunia, Fnatic, menerbitkan sebuah laporan tentang keterlibatan wanita di bidang esports dan industri gaming. Dalam laporan yang berjumlah 20 halaman tersebut menjelaskan seiring dengan bertumbuhnya industri game dari waktu ke waktu persentase gender dari penonton kini sudah semakin seimbang. Penggemar game secara global diperkirakan menyentuh angka 2,7 miliar orang dengan total 46% adalah wanita.

Dari total pertumbuhan dari seluruh dunia, Asia menjadi wilayah pertumbuhan gamer wanita tertinggi. Pendapatan kebanyakan game paling besar berasal dari Asia dan kini 38% dari 1,3 miliar pemain di Asia merupakan wanita. Dalam laporan tersebut, Valorant keluar sebagai game esports paling populer di kalangan gamer wanita setelah kategori Just Chatting dan Among Us berada di atas mereka dari survey yang dilakukan di Twitch.

Fnatic

Di tahun 2020, 10 streamer wanita terpopuler di Twitch berhasil mengumpulkan kurang lebih 130 juta jam penayangan secara total. Diperkirakan ada sekitar 1 miliar wanita yang bermain game dan menurut Fnatic perbedaan angka berdasarkan gender antara pria dan wanita ini nantinya berpengaruh kepada konten-konten game yang dibuat oleh industri. Diharapkan kedepannya wanita akan lebih ikut andil dalam posisi pembuat keputusan yang kini posisinya masih didominasi oleh pria. Peningkatan populasi wanita di dunia game juga memungkinkan para wanita untuk memulai karir di industri ini.

Kategori game terpopuler yang dimainkan oleh streamer wanita di Twitch/Fnatic

Masalahnya adalah content creator game wanita seringkali menghadapi berbagai masalah ketika mereka menjalani karir mulai dari perlakuan toxic sejumlah oknum terhadap mereka ataupun pelecehan seksual yang sering mereka hadapi baik secara langsung maupun tidak langsung (lewat chat, stream, dm, dll). Dengan bertepatan dengan International Women’s Day yang dirayakan pada 8 Maret kemarin mari kita bersama-sama secara aktif membuat lingkungan esports dan industri gaming yang lebih aman dan terpercaya bagi seluruh kreatornya. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports?