Pamit, Gemscool Resmi Tutup Layanan Mulai Akhir Maret 2021

Michael
12/03/2021 11:37 WIB
Pamit, Gemscool Resmi Tutup Layanan Mulai Akhir Maret 2021
Gemscool

Kabar mengejutkan datang dari publisher lokal ternama, Gemscool. Melalui informasi yang beredar di situs resminya, Gemscool menyatakan bakal mengakhiri penutupan seluruh layanannya di akhir bulan Maret 2021. Gemscool tak lupa mengucapkan terima kasih untuk gamer yang telah menemani perjalanan mereka selama ini.

Berdiri sejak tahun 2007, Gemscool dengan cepat mengambil hati gamers di tanah air dengan mendatangkan game-game sukses. Mulai dari game esports macam Point Blank dan Lost Saga hingga MMORPG terkenal seperti Dragon Nest, Atlantica dan masih banyak lagi.

Isu tutupnya Gemscool memang sudah beredar kencang di kalangan gamers sejak tahun lalu. Beberapa game yang mereka publish, harus berpindah layanan ke publisher lain. Penutupan Lost Saga yang telah beroperasi selama 9 tahun pun menjadi sinyal kuat goyahnya Gemscool menghadapi persaingan dengan publisher-publisher luar.

Awal keterpurukan Gemscool bisa dibilang dimulai kala akhir 2015, game nomor satu mereka, Point Blank habis kontrak dan harus berpindah lisensi ke Garena Indonesia. Hal ini menjadi pukulan telak, mengingat popularitas Point Blank saat itu masih sangat tinggi.

Meski mampu bertahan dengan game-game yang ada, nampaknya Gemscool kurang mempersiapkan diri menghadapi ekspansi game mobile. Gemscool yang masih mengandalkan game-game PC perlahan mulai tergerus penggunanya.

Well, selamat jalan Gemscool! Terima kasih sudah memberikan kenangan dan kesenangan dengan game-game berkualitas! Sampai jumpa!

Tonton juga yuk rangkuman berita esports selama sepekan.
Langsung saja klik video di bawah ini ya!

<div class="embed-responsive embed-responsive-16by9">
<iframe class="embed-responsive-item" src="https://www.youtube.com/embed/1zP2MJZPrwU" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe></div>