Eksibisi PON Esports

Shroud Percaya Atlet Esports Bisa Berkarir Sampai Usia 50 Tahun

Billy Rifki
28/07/2021 12:51 WIB
Shroud Percaya Atlet Esports Bisa Berkarir Sampai Usia 50 Tahun
dexerto.com

Michael ‘Shroud’ Grzesiek, streamer dan mantan pro player title FPS yang terkenal karena akurasi tembakannya mengungkapkan hal menarik. Sebagai sosok yang pernah merasakan persaingan ketat dan jadwal turnamen esports yang padat, Shroud berpendapat kalau umur atlet esports sebenarnya bisa panjang.

Meski kenyataannya banyak gamer profesional atau atlet esports yang mengumumkan pensiun di usia 20an, Shroud mengatakan kalau sebenarnya seseorang bisa saja terus berkompetisi sampai usia 50 tahun.

Yamisok Nobar


"Umur 50 tahun mungkin batas maksimalnya, aku percaya itu. Kalau kalian sejak dini, katakanlah umur 16-17 tahun sudah jadi profesional, lalu kalian main sampai umur 50, kalian akan tetap bermain dengan level permainan tertinggi."
ucap Shroud dalam satu kesempatan live streamnya.

Ia menambahkan, meski kemampuan fisik seseorang mungkin berpengaruh, seperti reaksi yang lebih lambat. Namun, pemain "tua" punya pengalaman, dedikasi dan kerja keras yang menurut Shroud tidak akan luntur.

Kunci untuk bermain esports dalam jangka waktu lama adalah hasrat atau gairah yang tak boleh padam. Meski kian berumur, kalian tetap bisa bersaing dengan pemain yang lebih muda. Shroud adalah salah satu contoh bagaimana umur tak mempengaruhi kemampuan meski Shroud sendiri tak lagi aktif di kompetisi. Contoh lainnya adalah Puppey dan Kuroky dari DOTA 2 yang telah berkarir dari umur mereka 20 tahun sampai sekarang di angka 30 namun masih dilabeli sebagai salah satu pemain terbaik di dunia.

Apakah kalian sependapat dengan Shroud?