Esports

Review POCO M4 Pro, Lebih dari Sekedar "Pro"!

Billy Rifki
24/05/2022 11:47 WIB
Review POCO M4 Pro, Lebih dari Sekedar "Pro"!
Esports.ID Review

Esports.ID berkesempatan untuk menggengam POCO M4 Pro, lini terbaru dari POCO ini sudah masuk di Indonesia sejak Maret lalu. Mengusung berbagai inovasi paling mutakhir, POCO M4 Pro menjanjikan pengalaman maksimal bagi pengguna. Produk ini bisa juga dianggap sebagai penyempurnaan dari POCO M3 yang sukses besar di Indonesia. Tentunya, tidak hanya menyematkan embel "pro", POCO M4 Pro juga hadir dengan upgrade fitur hampir di semua aspek demi memuaskan konsumen.

Produk yang dipegang oleh tim Esports.ID berwarna Cool Blue dengan chipset Mediatek Helio G96 (12 nm): Octa-core (2x2.05 GHz Cortex-A76 & 6x2.0 GHz Cortex-A55), kapasitas RAM 8GB + 256 GB memori. Tapi ada juga varian lain yakni Power Black dan POCO Yellow yang ikonik.

Kesan pertama melihat produk ini langsung terasa mewah. Terutama bagian belakang yang di design berkelas dan penempatan kamera yang mencuat. Tangan juga terasa nyaman karena varian ini rupanya smartphone POCO yang paling ringan dengan bobot hanya 179.5g dan dimensi 159.87mm x 73.87mm x 8.09mm.

Walaupun memiliki dimensi yang ringkas, POCO M4 Pro menyematkan double speaker stereo yang memberikan sensasi maksimal saat main game, streaming ataupun mendengarkan lagu. Tak lupa juga fitur keamanan saat membuka kunci, pada bagian body samping terdapat side fingerprint sensor sehingga tidak ribet untuk membuka akses pada POCO M4 Pro.

Setelah pemakaian selama dua minggu, penulis menemukan beberapa keunggulan yang ternyata memang jadi fokus dari OPPO saat meluncurkan produk POCO M4 PRO. Mulai dari pantulan layar super tajam dan cocok untuk segala jenis kegiatan seperti gaming, streaming video dan berselancar di sosial media.

43" FHD+ Super AMOLED DotDisplay 2400 x1080, Terobosoan Baru POCO M Series

Kesenangan bermain game, streaming video, membaca ebook, sampai sosial media menjadi makin maksimal dengan kehadiran layar Super AMOLED 6,43” yang mempunyai refresh rate 90Hz dan touch sampling rate 180Hz, hal ini membuat visual yang ditampilkan menjadi sangat halus. Ini merupakan terobosan baru bagi POCO M-series yang untuk pertama kalinya menggunakan layar Super AMOLED. Tampil memukau dengan rasio kontras yang tinggi 4.500.000:1. POCO M4 Pro juga mendukung DCI-P3 wide color gamut dengan tingkat brightness hingga 1000 nits. Layar ini juga memiliki Corning® Gorilla® Glass 3 sertifikasi IP53 Splash-proof tested, dan sertifikasi SGS, yaitu "Eye Care Display" dan "Seamless Display", yang membuat layar POCO M4 Pro dapat secara otomatis menyesuaikan tingkat cahaya sehingga dapat terlihat jelas di keadaan terang dan tetap nyaman di mata.

POCO M4 Pro juga memiliki Reading Mode 3.0, yang membuat layar dapat menyesuaikan ke suhu warna yang lebih hangat, sehingga dapat mengurangi ketegangan mata dan menambahkan tekstur kertas di latar belakang untuk membuat kesenangan membaca menjadi maksimal. Selain itu, rasakan pengalaman menakjubkan bermain game ataupun menjelajah sosial media, dengan layar Super AMOLED yang memiliki resolusi 2400 x 1800 FHD+ ini.

64MP high-resolution triple camera, Fitur Fotografi Maksimal

Tak cuma terpampang besar di bagian belakang, potensi dari kamera POCO M4 Pro juga handal. Abadikan setiap momen dengan high-resolution triple camera dari POCO M4 Pro, dengan kamera utama 64MP, ini merupakan inovasi baru, dimana untuk pertama kalinya M-Series menggunakan kamera 64MP. Fitur ini membuat setiap foto yang dihasilkan menjadi lebih tajam, dan bisa memperoleh detail gambar yang tetap solid ketika diperbesar berkali-kali. Ketika ingin mengambil gambar dengan perspektif yang lebar, ada 8MP ultra wide camera mampu memperluas sudut pandang hingga 118°, sedangkan 2MP macro camera dapat mengambil gambar yang sangat dekat dengan hasil yang tajam.

Untuk menambah kesenangan pengguna, kamera POCO M4 Pro juga memiliki beberapa mode kamera, seperti slow motion video, time-lapse video dan night mode. Bagi penggemar selfie atau hendak merekam VLOG, POCO M4 Pro juga memiliki 16MP front camera.

Berikut beberapa hasil jepretan pengguna menggunakan POCO M4 Pro:

Performa Bandel dan Konsisten dengan MediaTek Helio G96, Octa-core CPU dan Expandable RAM

Performa selalu menjadi andalan POCO dalam setiap lini produknya. Tak ubahnya kali ini, POCO M4 Pro menggunakan prosesor octa-core MediaTek Helio G96. Chipset yang terkenal mampu memberikan performa yang konsisten dan tanpa hambatan membuat POCO M4 Pro bekrja konsisten walaupun digunakan dalam waktu lama. Selain itu dengan kehadiran teknologi manajemen daya pintar, MediaTek HyperEngine 2.0 Lite, membuat pengalaman bermain game menjadi lebih halus dan responsif.

Keunikan lainnya dimiliki POCO adalah Dynamic RAM Expansion Technology, yang memungkinkan  menambahkan kapasitas RAM sehingga leluasa menjalankan lebih banyak program tanpa khawatir smartphone akan berhenti bekerja atau forced shutdown.

Dilengkapi dengan dedicated dual SIM slot memungkinkan pengguna mengaktifkan dua SIM card sekaligus secara bersamaan. Sementara itu, POCO M4 Pro juga memiliki slot micro SD hingga 1TB yang dapat menyimpan lebih dari 500 video, 250.000 audio, dan 500.000 foto untuk kesenangan tanpa batas. Konektivitas pun juga semakin optimal dengan kehadiran Wi-Fi 802.11, sensor Bluetooth 5.0, IR Blaster, serta NFC.

Jadi tak perlu khawatir bakal kehabisan ruang untuk menyimpan semua momen berharga mulai dari aktifitas harian sampai di waktu-waktu penting.

Liquid Cool Technology 0 Plus & 5000mAh (typ) battery, dengan 33W Pro fast charging

Memposisikan sebagai smartphone bagi anak muda yang aktif, POCO M4 Pro dibekali baterai besar berkapasitas 5.000mAh yang dilengkapi dengan charger 33W Pro yang mendukung fast charging untuk pengisian 100% daya baterai dalam waktu 1 jam. Ini jadi salah satu alasan disebut POCO M4 Pro karena POCO menyematkan 3 teknologi unggulan dalam smartphone ini.

Keunggulan pertama adalah penerapan teknologi MMT (middle-middle tab), dimana proses pengisian daya dimulai dari tengah modul baterai sehingga distribusi daya akan tersebar merata hingga bagian atas dan bawah, untuk menghasilkan kecepatan pengisian yang konsisten.

Berikutnya adalah Mi-FC, teknologi yang mampu menjaga performa charging agar tetap optimal. Dan LiquidCool Technology 1.0 Plus, teknologi peredam panas berlebih level flagship yang mampu menjaga temperatur dalam batas wajar ketika penggunaan maupun saat pengisian daya, sehingga performa smartphone tetap maksimal.

Memang benar, rasanya hampir tidak pernah merasa kalau smartphone ini kehabisan daya. Karena hanya colok beberapa saat, sudah hampir terisi penuh dan bisa menemani mobilitas penulis kembali.

Berikut adalah spesifikasi lengkap POCO M4 Pro:

Selain keunggulan yang sudah disebutkan di atas, tahukah kalian kalau POCO M4 Pro menawarkan harga lebih murah dibanding kompetitor yang menawarkan fitur sama sekelasnya. Varian terbaru POCO M4 Pro per April 2022 dibanderol dengan harga Rp 2.999.999 untuk varian 6/128GB dan Rp 3.499.999 untuk varian 8/256GB berdasarkan ulasan website lifestyle.kontan.co.id.

Harga tersebut juga tak jauh berbeda di marketplace seperti Blibli.com, Tokopedia atau gerai online resmi penjualan POCO M4 Pro.

Kesimpulannya, smartphone ini sangat layak untuk kalian yang membutuhkan produk dengan fitur lengkap dan memadai. Harganya yang bersaing juga jadi salah satu alasan utama kenapa kalian wajib memiliki POCO M4 Pro ketimbang produk lainnya.

Untuk gaming, fotografi, berselancar di dunia maya, streaming video semalam suntuk, semua bisa dipuaskan dengan power maksimal dari POCO M4 Pro.