Review WD_BLACK SN770 NVMe: Si Mungil yang Bikin Ngebut!

Michael
24/05/2022 09:22 WIB
Review WD_BLACK SN770 NVMe: Si Mungil yang Bikin Ngebut!
WD_BLACK SN770 NVMe

Di era digital yang super canggih ini, aktivitas masyarakat semakin banyak saja dan mulai terlihat sulit sekali untuk dibendung. Multitasking kini menjadi suatu bagian yang tidak terpisahkan dan selalu menemani aktivitas masyarakat di setiap harinya. Untuk itu, ragam teknologi yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat makin digandrungi dan semua orang makin melek dalam memilah suatu produk yang mampu mendukung aktivitas multitasking mereka.

Salah satu teknologi yang kian berkembang dan menjadi sorotan masyarakat adalah Solid State Drive atau yang akrab disapa SSD. Sebuah perangkat penyimpan data yang menggunakan serangkaian Integrated Circuit (IC) sebagai memori yang dipergunakan untuk penyimpanan data.

Kali ini, Tim Esports ID kedatangan produk terbaru dari Western Digital (WD), yakni WD_BLACK SN770 NVMe. SSD terbaru dari WD ini digadang sebagai yang terbaik di kelasnya. Berbeda dengan seri sebelumnya WD Black SN750 SE NVMe, SN770 NVMe lebih ramping dan mungil. Dengan interface PCIe Gen4, WD_BLACK SN770 NVMe diklaim mampu menghadirkan kecepatan luar biasa hingga 5.150 MB/s untuk kapasitas 1 TB & 2 TB.

Hadir dengan dimensi 80 x 22 x 2,3 mm (L/W/H) dan berat 5,5 g, membuat WD_BLACK SN770 NVMe sangat cocok untuk PC atau pun laptop gaming yang membutuhkan “tenaga” ekstra. Menurut product features-nya, selain sudah mendukung PCIe Gen4 x4, SSD ini masih kompatibel dengan PCIe Gen3 x4, Pcie Gen3 x2, PCIe Gen3 x1, PCIe Gen2 x4, PCIe Gen2 x2, and PCIe Gen2 x1, namun kemungkinan kecepatan tidak menjadi maksimal, jadi tetap disarankan penggunaan pada slot PCIe Gen4.

Menguji Performa WD_BLACK SN770 NVMe

Untuk menguji ketangguhan WD_BLACK SN770 NVMe, penulis menggunakan CrystalDiskMark 8.0.4. Hasilnya sesuai dengan yang dijanjikan!

Bisa dilihat dari pengujian di atas hasil yang didapatkan sesuai dengan yang dijanjikan oleh WD. WD_BLACK SN770 NVMe SSD mampu menembus angka 5.190,40 MB/s untuk baca dan 4.935,89 MB/s untuk tulis.

Tidak ketinggalan Tim Esports ID pun mencoba dengan menggunakan komputer PCIe Gen3. Hasilnya memang tidak sebanding dengan PCIe Gen4, dimana kecepatan yang didapatkan hanya mentok di angka 3.517 MB/s untuk baca dan 3304,40 untuk tulisnya.

Selama pengujian, suhu yang dihasilkan WD_BLACK SN770 NVMe berkisar di angka 47 derajat Celsius untuk mode standar. Sedangkan saat mode gaming suhu meningkat di kisaran 51 derajat Celsius.

Tak lengkap nampaknya kalau tidak diuji dengan game-game esports. Penulis menguji untuk 2 game esports, yakni DOTA 2 dan Valorant, hasilnya? Hanya sekejap saja langsung masuk ke dalam game!

Kesimpulan

Dari hasil pengujian yang telah telah dilakukan, WD_BLACK SN770 NVMe bisa dibilang sangat memuaskan. Penampilannya yang mungil seolah mencerminkan kecepatannya akselerasinnya. Tentu SSD ini bakal menjadi senjata khusus untuk kalian Sobat Gamer yang menginginkan kenyamanan bermain dan loading yang super cepat! Cocok juga untuk atlet esports yang memang membutuhkan PC atau laptop gaming prima untuk menunjang skill bermainnya.

Kalian tentu tidak ingin skill hebat kalian terkendala PC yang lemot atau respons yang lebih lambat dibanding lawan kalian bukan?

Untuk kalian yang tertarik, WD_BLACK SN770 NVMe untuk versi 1TB saat ini telah dijual di pasaran seharga Rp. 2.880.000. Selain itu tersedia juga varian lainnya mulai dari 256 GB, 512GB hingga 2TB.