Esports

[Review] BenQ MOBIUZ EX2710R, Monitor Gaming Curved 165Hz!

Michael
23/12/2021 11:28 WIB
[Review] BenQ MOBIUZ EX2710R, Monitor Gaming Curved 165Hz!
BenQ MOBIUZ EX2710R

Halo Sobat Esports,

Menyambut antusias kalian dalam artikel review sebelumnya, BenQ ZOWIE XL2746K, Kali ini Tim Esports ID akan mengulas monitor gaming, BenQ MOBIUZ EX2710R. Seperti apa ketangguhan monitor curved 165 Hz ini? Langsung baca review-nya ya Sobat!

PT Media Esports Indonesia

Desain, Spesifikasi dan Fitur

Desain & Spesifikasi

Layar monitor BenQ MOBIUZ EX2710R memiliki ukuran 27 Inch dengan aspek ratio 16:9 dan tingkat kurvator 1000R. Desain melengkung ini jarak pandang (mata) dengan monitor selalu sama dari sisi manapun untuk menjaga kenyamanan mata ketika bermain game dalam waktu lama.

Perpaduan warna abu-abu & metalik membuat aura elegan terpancar dari desain BenQ MOBIUZ EX2710R. Di sisi bawah monitor terdapat speaker yang mengarah ke pengguna, serta Ambient Light Sensor menyesuaikan kecerahan cahaya sesuai dengan perubahan tingkat cahaya dan suhu warna di sekitarnya.

BenQ MOBIUZ EX2710R juga memiliki Height Adjustment Stand yang dapat mengatur ketinggian monitor. Desain berkelas semakin terlihat dengan kehadiran empat lampu LED RGB di bagian belakang monitor.

Fitur

Layaknya monitor gaming, BenQ MOBIUZ EX2710R mengedepankan fitur dan performa untuk kenyamanan gamer. Teknologi BenQ HDRi menjadi salah satu fitur unggulan BenQ MOBIUZ EX2710R. Teknologi ini diklaim BenQ mampu memberikan pengalaman visual yang mendalam untuk para gamer dengan menyeimbangkan antara kontras dan detail. Kalian bisa mengatur mode HDRi sesuai dengan kebutuhan. Selain game, BenQ juga menyediakan mode Cinema untuk menonton film dan Display HDR serta mematikannya.

Kalian juga bisa mengatur performa monitor sesuai dengan mode game yang sedang dimainkan, yakni FPS, Racing Game dan RPG. Tentunya ketiga mode tersebut bisa di-custom sesuai kenyamanan kalian.

Tentu bukan hanya desain yang menjadi pertimbangan BenQ menghadirkan layar curved di MOBIUZ EX2710R. Dengan tingkat kurvator 1000R, membuat jarak mata dengan monitor selalu sama hingga sudut terjauh di kedua sisi. Hal ini tentu saja menjaga kenyamanan saat bermain game dalam waktu lama atau menghabiskan waktu maraton menonton film-film kesukaan kalian.

Refresh rate yang tinggi tentu menjadi satu hal yang wajib dalam memilih monitor gaming. BenQ MOBIUZ EX2710R hadir dengan refresh rate 165 Hz, yang tentu sudah di atas rata-rata monitor gaming saat ini, yakni 144 Hz. Untuk mencapai refresh rate 165 Hz monitor harus terhubung ke DisplayPort.

BenQ membenamkan Teknologi Eye Care dalam MOBIUZ EX2710R yang terdiri dari:

Brightness Intelligent Plus (B.I+), Mengandalkan Ambient Light Sensor, teknologi ini mampu mendeteksi tingkat cahaya (kecerahan) ruangan kemudian tampilan layar disesuaikan untuk kenyamanan pengguna. Brightness Intelligent Plus mampu memberikan kenyamanan dalam penggunaan monitor waktu yang lama seperti bermain game atau membuat konten.

Untuk memaksimalkan experience nge-game kalian, BenQ menghadirkan image optimizer terbaru dari MOBIUZ. Light Tuner memungkinkan pengguna memilih 20 setting warna yang paling nyaman, cocok untuk game-game FPS atau RPG.

Teknologi Low Blue Light mampu menjaga kesegaran mata dengan menyaring (filter) sekaligus melindungi mata untuk segala usia dari cahaya biru yang dapat membahayakan mata. Sedangkan Flicker-Free mampu memastikan gambar tidak berkedip. Ini dapat mengurangi tekanan dan juga kelelahan mata dari penggunaan monitor dalam waktu yang lama.

Satu yang tak kalah menarik adalah Scenario Mapping, dimana kalian dapat menyimpan pengaturan (setting) sesuai dengan perangkat / konsol yang digunakan. Jadi, ketika mengganti PC ke konsol atau sebaliknya, tidak perlu melakukan pengaturan dari awal lagi, otomatis akan terganti sesuai dengan setting yang telah tersimpan.

Seperti sudah disebut di awal review, BenQ MOBIUZ EX2710R juga dilengkapi built-in speaker 2.1 yang dirancang apik dengan teknologi treVolo. Kualitas suara yang dihasilkan pun sangat jernih dan jelas dan memiliki lima mode audio, yakni FPS, RCG, SPG, Cinema dan Pop/Live.

Review BenQ MOBIUZ EX2710R

Melihat fitur-fitur yang dihadirkan MOBIUZ EX2710R tentu bikin makin penasaran. Proses pemasangan monitor gaming ini pun cukup mudah dan kokoh. Stand (penyangga) monitor yang dapat di-adjust (naik turunkan) sesuai kenyamanan pengguna pun sangat membantu.

Kabel konektivitas yang diberikan dalam paket penjualan BenQ MOBIUZ EX2710R sangat lengkap. Selain kabel power dan Adapter, BenQ juga menghadirkan kabel HDMI, Kabel USB Type A to Type B dan DisplayPort untuk setting-an 165 Hz. Selain itu paket penjualan BenQ MOBIUZ EX2710R tentunya juga berisi Unit Monitor, Remote Control + Baterai, Height Adjustable Stand dan buku petunjuk penggunaan serta kartu garansi.

Remote control bisa dibilang menjadi senjata utama BenQ MOBIUZ EX2710R. Hampir seluruh fitur dan setting bisa diatur dengan menggunakan remote control. Penggunaannya pun sangat mudah dan jelas, dimana kalian bisa mengatur HDRi, Game Mode, Color Mode, Brightness hingga Audio.

Mencoba Ketangguhan BenQ MOBIUZ EX2710R

Ngga seru kayanya kalau ngga nyobain nge-game langsung pakai monitor gaming ini. Game yang akan kita coba sudah pasti game esports, yaitu Valorant dan CS:GO. Gambar yang dihasilkan BenQ MOBIUZ EX2710R sangat tajam dan jernih. Pengaturan refresh rate menjadi 165 Hz langsung mengangkat performa monitor gaming ini. FPS Rate di game CS:GO dan Valorant pun stabil sesuai dengan yang dijanjikan.

Bentuknya yang melengkung (curved) 1000R, memberikan pengalaman berbeda dibanding monitor gaming biasa yang umumnya berbentuk kotak. Jarak pandang menjadi lebih luas tanpa mengurangi kenyamanan menjadi nilai positif BenQ Mobiuz EX2710R. Terbukti ketika kami mencoba main game dalam waktu lama, mata tidak mudah lelah dan masih bisa fokus.

Kesimpulan

BenQ MOBIUZ EX2710R sangat layak jadi pilihan untuk kalian yang serius ingin berkarir di dunia esports atau sekedar menghabiskan waktu bermain game. Tingkat ketajaman dan fitur-fitur yang diberikan melebihi ekspektasi awal kami ketika me-review monitor gaming ini. Desain yang kokoh dan elegan berhasil dipadukan dengan teknologi dan fitur-fitur menarik dari BenQ.

Pengalaman BenQ dalam menciptakan monitor gaming kelas atas nampaknya tak perlu diragukan lagi. BenQ MOBIUZ EX2710R saat ini dijual pada kisaran harga 10,9 Juta Rupiah. Tentu harga yang sangat pantas jika dilihat dari teknologi dan fitur yang ditawarkan BenQ MOBIUZ EX2710R. Tidak hanya itu saat ini, sedang berlangsung event Waktu Indonesia Belanja (WIB) di Tokopedia dan ada potongan harga untuk BenQ MOBIUZ EX2710R menjadi hanya Rp. 9.900.000 selama periode event (20 - 31 Desember 2021). Kalian juga bisa mengunjungi BenQ Official untuk mendapatkan informasi mengenai monitor gaming ini.

Jadi, tunggu apalagi Sobat Esports, kalau kalian sedang mencari atau ingin mengganti monitor gaming kalian, BenQ MOBIUZ EX2710R bisa jadi pilihan utama kalian!