Update Besar, Apex Mobile Mengalami Isu Penurunan FPS & Optimisasi!

Dandesignlab
14/06/2022 14:00 WIB
Update Besar, Apex Mobile Mengalami Isu Penurunan FPS & Optimisasi!
Apex Mobile

Apex Legends Mobile telah mendapatkan update besar pada 11 Juni 2022 yang mengenalkan Loba sebagai Legends yang segera hadir di versi mobile. Namun, tampaknya update yang dilakukan kali ini telah menimbulkan beberapa masalah kepada sebagian player, khususnya menurunnya frame rate dan kualitas audio yang pecah di dalam game

Kejadian ini dialami secara pribadi oleh tim Esports ID dan komunitas Apex Mobile di Indonesia. Beberapa pemain mengalami penurunan FPS hingga 2-10 Frame ketika bermain menggunakan Legends tertentu seperti Gibraltar & Caustic. Hal ini juga terjadi di mode scope atau dalam peperangan yang cukup intens. Penurunan frame rate sangat menganggu pengalaman para pemain kendati menggunakan device mumpuni.

Kemungkinan, ini hanyalah isu optimisasi yang terdapat dalam update baru menjelang datangnya patch dan musim baru. Para pemain tidak mengalami kejadian ini sebelum adanya update terakhir tersebut. 

Sejak Apex Legends Mobile hadir secara resmi dalam masa beta, game ini memiliki rata-rata 30-40 Frame Per Second dengan setting yang direkomendasikan oleh sistem. Tak dipungkiri bahwa beratnya game FPS Battle Royale ini disebabkan oleh sistem pengembang, Unreal Engine, yang populer dikalangan game AAA. 

Sementara itu, 30-40 frame yang dihadirkan oleh game tersebut sebetulnya sudah sangat cukup untuk dinikmati. Tetapi sebagian besar pemain kompetitif selalu menginginkan jumlah frame kisaran 60-120 FPS untuk mendapatkan pengalaman yang smooth.

Masalah ini masih terjadi hingga kemungkinan update baru yang akan hadir beberapa waktu ke depan. Bagi pemain yang mengalami isu penurunan FPS ini, akan lebih baik jika bermain secara aman pada mode lain dan bersabar hingga adanya perbaikan optimasi mendatang. Bagaimana menurutmu?