Yamaha Desember

Upaya Perbaikan Anti-Cheat, HisWattson Ajak Cheater Lebih Aktif

Dandesignlab
24/07/2022 10:00 WIB
Upaya Perbaikan Anti-Cheat, HisWattson Ajak Cheater Lebih Aktif
ALGS Raleigh

Cheater di Apex Legends telah menjadi masalah yang selalu melekat di dalam game. Bagaimana pun, Respawn tampaknya masih belum berhasil untuk meningkatkan proteksi anti-cheat nya menjadi lebih baik dimana masih banyak terdapat para pelaku aimbot, wallhack, dan beberapa software third party lainnya. 

Cara yang umum dilakukan oleh para pro player untuk menangani kasus tersebut biasanya dengan cara mengirimkan sebuah pesan kepada Respawn Security, HIDEOUTS, yang menunjukkan laporan mengenai cheater tersebut untuk segera diperiksa dan di banned secara manual jika terbukti melakukan cheat.

Article Banner IESF

Namun, player jawara yang kemarin telah menjadi runner-up di ALGS Championship 2022, FURIA HisWattson, telah memiliki saran pencegahan yang unik saat ini. 

Pro player tersebut mengirim sebuah tweet dimana ia mengungkap bahwa dirinya tidak akan lagi mengirim nama dan profile para cheater ke HIDEOUTS. Ia merasa bahwa cara tersebut tak tergolong efektif lantaran sistem anti-cheat yang masih bobrok dalam menangani kasus tersebut. Untuk mengatasinya, HisWattson memiliki saran tentang cheater yang berbeda.

Ia menyarankan para cheater untuk bermain di jam-jam dimana HIDEOUTS sedang aktif-aktifnya melakukan banned kepada oknum tersebut hingga akhirnya pihak Respawn merasa bahwa sistem Anti-Cheat nya perlu ditingkatkan. 

HisWattson memberikan saran tersebut lantaran ia merasa tidak mungkin para pihak security melakukan banned secara terus-menerus. Karena ini adalah cara yang manual, orang-orang yang berada di HIDEOUTS tentu akan berhenti sejenak untuk beristirahat, tidur, atau mungkin liburan. Sementara sistem anti-cheat yang baik akan melakukan tugasnya secara otomatis untuk meningkatkan efisiensi tenaga kerja, itu yang ia pikirkan. 

Cheater di Apex memang belum tergolong banyak seperti kebanyakan game online lain. Namun, masih terdapat banyak celah untuk para oknum melakukan kegiatan tersebut dan merusak setiap match dengan kerusuhan yang ia buat terhadap para player lain.

Banyak player di komunitas Apex, termasuk Indonesia, mengeluhkan jenis cheat yang baru-baru ini sedang menjamur yaitu No Cooldown untuk sebagian besar ability Legends yang para cheater gunakan. Di sisi lain, Apex Mobile pun masih banyak yang mengeluhkan para Aimbot yang sering berkeliaran di game hingga saat ini. 

Ide reverse-psychology yang diungkapkan HisWattson ini tentunya cukup nyeleneh sekaligus cemerlang demi mendapatkan hasil terbaik. Ia juga berharap bahwa Respawn dan EA segera menangani masalah tersebut dengan sempurna, alih-alih menyuruh player melaporkan secara manual berulang kali. 

Hm, menarik juga ya sobat esports!