Comeback, Jawa Barat Rebut Medali Emas eFootball PES PON Papua 2021

Michael
26/09/2021 19:51 WIB
Comeback, Jawa Barat Rebut Medali Emas eFootball PES PON Papua 2021
eFootball PES Eksibisi Esports XX Papua 2021

Provinsi Jawa Barat akhirnya berhasil merebut medali emas nomor eFootball PES Eksibisi Esports XX Papua 2021 setelah menaklukkan wakil Kalimantan Selatan di grand final dengan skor 2-1. Hebatnya, Jawa Barat yang diwakili dua atlet terbaiknya, Ferry Gumilang dan Rizky Faidan berhasil comeback meski kalah di game pertama terlebih dahulu. Penampilan gemilang Rizky Faidan yang tidak pernah kalah selama penyelenggaraan ajang ini pun menjadi faktor penting keberhasilan Jawa Barat merebut medali emas perdananya di cabang esports.

Kalimantan Selatan membuat strategi kejutan menukar pemain utama mereka, Rommy Hadiwijaya dengan Riza Al Fiqri. Strategi yang nampaknya akan berjalan mulus, setelah Riza berhasil membuat kejutan dengan menundukkan Ferry Gumilang dengan skor tipis 1-0. Sebuah tusukan dari sayap kirim berhasil dimanfaatkan dengan sontekan keras kaki kiri Joshua Kimmich. Satu gol ini sudah cukup untuk memastikan angka pertama untuk Kalimantan Selatan.

Yamisok Nobar

Bracket dan hasil lengkap eFootbal PES Eksibisi Esports PON XX

Tumbang di game pertama, Jawa Barat kembali mengandalkan duet Rizky Faidan – Ferry Gumilang yang belum sekalipun menderita kekalahan selama Eksibisi Esports PON Papua berlangsung. Tak ingin mimpi meraih emas yang sudah didepan mata buyar, Jawa Barat langsung tampil agresif menyerang. Tak butuh waktu lama, di menit ke-4 mereka sudah unggul berkat gol Cristiano Ronaldo.

Keunggulan ini mampu dipertahankan hingga turun minum. Namun, gencarnya arus serangan dari Kalimantan Selatan akhirnya membuahkan hasil gol balasan di menit ke-62 lewat kaki Thomas Muller. Meski saling bertukar serangan di sisa waktu tersisa, kedudukan imbang 1-1 bertahan hingga akhir pertandingan dan memaksa adu penalti untuk menentukan pemenang. Jawa Barat akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor 4-2.

Game ketiga yang menjadi penentuan provinsi menurunkan pemain terbaiknya, yakni Rizky Faidan di kubu Jawa barat dan Rommy Hadiwijaya untuk Kalimantan Selatan. Kedua pemain kembali menggunakan tim terbaik di eFootball PES saat ini, yakni Juventus (Faidan) dan Bayern Munchen (Rommy). Bermain dengan hati-hati di babak pertama, kedua pemain harus berbagi skor 0-0 di babak pertama.

Namun, sebuah kejelian Rizky Faidan memanfaatkan peluang emas di menit 70 melalui Paulo Dybala menjadi satu-satunya gol yang tercipta dan pembeda hasil pertandingan. Meski mencoba menekan di sisa waktu yang ada, gol penyeimbang tak bisa diciptakan oleh Rommy.

Hasil ini membuat Jawa Barat memperoleh medali emas untuk nomor eFootball PES Eksibisi Esports PON XX Papua 2021. Provinsi Kalimantan Selatan harus puas dengan medali perak, diikuti Gorontalo yang merebut Perunggu.