Bonafide Esports Beri Klarifikasi Perihal Cheat BFD Rewind

Fikri Fuaddy
07/04/2021 10:19 WIB
Bonafide Esports Beri Klarifikasi Perihal Cheat BFD Rewind
Source: Instagram @bonafideesports

PUBG Mobile Indonesia mengumumkan telah melakukan ban permanen dari semua turnamen resmi terhadap salah satu member komunitas Bonafide Esports, yaitu BFD Rewind. Ban tersebut dilakukan karena ditemukannya indikasi kecurangan menggunakan “Wall Hack” di sebuah turnamen offline.

Hal tersebut diumumkan dalam Instagram resmi PUBG Mobile Indonesia, @pubgmobile.esports.id pada Selasa, 6 April. “Semoga tidak terjadi lagi peristiwa seperti ini dan selalu junjung tinggi sportifitas,” tulis akun tersebut.

Yamisok Nobar

Source: PUBG Mobile Indonesia

Seperti yang sebelumnya diberitakan, Ceman Organizer selaku penyelenggara turnamen PUBG Mobile Offline Tournament Djakarta Ceman Project Season 2, melakukan diskualifikasi terhadap Bonafide atas adanya salah satu player yang menggunakan program illegal. Bonafide yang menjadi tim undangan saat itu, diperkuat BFD Cupaw, BFD Hanz dan BFD Storyboy serta player yang berasal dari member komunitas, BFD Rewind.

Kabar mengenai salah satu tim PMPL ID Season 3 itu menggunakan cheat pun beredar luas, hingga menimbulkan hate comment oleh para netizen. Menanggapi hal tersebut, Iman Taufik selaku perwakilan pihak Bonafide Esports, mengatakan bahwa BFD Rewind bukan lah player resmi dari Bonafide.

Perlu diketahui, member komunitas kami bukan member resmi yang diakui oleh Bonafide Esports. Adapun salah satu aturan dari komunitas kami adalah memberikan keleluasaan kepada setiap member komunitas untuk menggunakan nama Bonafide Esports dalam turnamen offline maupun online secara bebas,” kata Iman Taufik.

Menurutnya, pihak Bonafide sendiri tidak membenarkan penggunaan cheat baik dalam turnamen maupun saat keseharian bermain. “Tidak dapat kami benarkan bentuk kecurangan yang dilakukan oleh oknum tersebut dalam ajang apapun, baik dalam turnamen maupun keseharian bermain. Oleh sebab itu, kami dari Bonafide Esports sudah menghubungi oknum member komunitas kami untuk diberikan peringatan keras dan sanksi internal oleh Bonafide Esports,” ujar Iman.

Selain itu, Bonafide sendiri tidak memfasilitasi keikutsertaan tiga player yang statusnya tidak aktif dan satu member komunitas untuk mengikuti turnamen offline tersebut. BFD Rewind sebelumnya merupakan player Bonafide yang sudah diumumkan farewell pada 11 Januari lalu.

Tonton juga yuk rangkuman berita esports selama sepekan.
Langsung saja klik video di bawah ini ya!