Pemerintah Bangladesh Rencana Blokir PUBG Mobile & Free Fire!

faizalkamill
31/05/2021 16:00 WIB
Pemerintah Bangladesh Rencana Blokir PUBG Mobile & Free Fire!
PUBG Mobile/Tencent

Saat ini pihak pemerintah Bangladesh sedang menimbang tentang rencana melakukan ban kepada dua game battle royale mobile terbesar yaitu PUBG Mobile dan Free Fire. Kementerian dalam negeri dan pendidikan Bangladesh sedang bekerja untuk merekomendasikan larangan kepada dua judul game tersebut dilansir dari surat kabar Dhaka Tribune. Alasan dari pelarangan game tersebut dikatakan untuk “menjaga” kesehatan mental dari kaum muda di Bangladesh.

Meskipun kementerian pendidikan sedang berencana untuk melarang game tersebut, sang menteri Dipu Moni mengaku bahwa belum ada bukti statistik yang bisa mendukung tuduhan tadi tentang kedua game tersebut bisa menimbulkan efek berbahaya kepada anak-anak. “Kami belum memiliki analisis atau statistik seperti itu, tetapi ada banyak hal yang harus dilakukan di area itu,” kata Moni seperti dikutip oleh Dhaka Tribune.

Yamisok Nobar

Gameplay PUBG Mobile/DroidCheatYT

PUBG Mobile dan Free Fire termasuk game yang populer di negara Bangladesh. Berita tentang pelarangan ini muncul setelah Garena mengumumkan bahwa mereka akan membuat server Free Fire eksklusif di Bangladesh.

Berita pemblokiran semacam ini bukan yang pertama kali terjadi. PUBG Mobile sempat dilarang di Bangladesh pada akhir tahun lalu dengan alasan “bisa berdampak secara psikologis” kepada kaum muda. Meski begitu, larangan tersebut diangkat dalam beberapa jam saja.

Selain Bangladesh yang masih berencana, game PUBG Mobile sudah diban di beberapa negara seperti Jordan, Iraq, dan Nepal dengan alasan yang serupa. Afghanistan dan Pakistan juga sempat melakukan ban pada game ini tahun lalu meski hanya dalam kurun waktu yang singkat. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports?