Pro Player PUBGM Dicekal Dibandara, Masalah Apa?

Mallasak
26/08/2023 19:06 WIB
Pro Player PUBGM Dicekal Dibandara, Masalah Apa?
Credit:Detik

Seorang pemain profesional esports berinisial EN mengaku kepada DetikJatim bahwa dirinya rugi hingga Rp 10 juta karena gagal berangkat ke Malaysia untuk mengahadiri Turnamen 2023 PMSL SEA Fall. Tidak hanya itu, Ia juga dicekal oleh petugas Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Surabaya karena diduga Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Dalam artikel tersebut, EN mengaku kejadian itu berlangsung pada Kamis (24/8 pagi sekitar pukul 08.00 WIB. Lebih jauh EN menjelaskan, Ia dicecar berbagai pertanyaan seputar identitas, tujuannya ke Malaysia hingga paspornya ditahan oleh 5 petugas imigrasi. Alhasil, keberangkatannya ke Malaysia pun gagal. EN mengaku harus merugi hingga puluhan juta rupiah akibat hotel dan tiket maskapai penerbangannya hangus.

"Ya hangus. Total sekitar Rp 10 juta, sudah saya bayar lunas," ujarnya kepada detikJatim, Jumat (25/8/2023).

Credit:PUBG Mobile

Kemudian, EN juga menjelaskan uang tersebut sudah terlanjur ia gunakan untuk membayar hotel dan maskapai, sayangnya ia menggunakan uang pribadinya dari hasil menabung. Tabungan ini EN dapat dari hasil kumpulkan menjuarai turnamen esports.

Usai diperiksa, ia berupaya mendokumentasi dan memviralkan kejadian yang ia alami. Namun, dilarang oleh petugas dengan alasan di area tersebut dilarang mengambil foto, "Habis itu saya foto, disuruh hapus di dalam situ, dibilang nggak boleh. Padahal kan fasilitas pelayanan publik, kayaknya mereka ketakutan," tutur pria asal Singkawang, Kalimantan Barat itu.

EN berencana bakal melaporkan kejadian itu ke Kanwil Kemenkumham Jatim. Bahkan, ia juga membagikan kisahnya agar masyarakat lain tidak mengalami hal serupa, "Saya sarankan mesti diganti lah orang-orang di bagian pelayanannya, kalau ada kenalan saya ingin ke Ditjen Imigrasi pusat atau Kemenkumham Jatim untuk mengeluhkan kronologi tentang pelayanannya kok seperti ini," tutup Pro Player PUBG Mobile dan Call of Duty Mobile itu.