Inilah Perbedaan Antara Sistem Ranking CS:GO & VALORANT!

faizalkamill
25/02/2021 14:20 WIB
Inilah Perbedaan Antara Sistem Ranking CS:GO & VALORANT!
CS:GO x Valorant

CS:GO dan Valorant, kedua game ini berbagi genre yang sama yaitu First Person Shooter (FPS) sehingga terdapat banyak kemiripan pada sistem rankingnya. Meski begitu, setiap game pasti pasti keunikan masing-masing dan di sini kita akan membahas tentang perbedaan sistem ranking di Valorant dan CS:GO.

Salah satu perbedaan terbesar antara sistem ranking di antara dua game ini yaitu perihal performa atau cara bermain. Di Valorant, jika kalian bermain dengan baik, tapi masih kalah, poin MMR tidak akan berkurang banyak dibanding dengan mereka yang bermain buruk/afk dan kalah. Di CS:GO sistem ini lebih kaku antara menang dan kalahnya sehingga tidak peduli kamu bermain baik atau buruk, kamu akan mendapatkan poin yang relatif sama jika menang. Berikut adalah penjelasannya.

Yamisok Nobar

Peringkat di CS:GO

Sistem Ranking CS:GO

Sistem ranking di CS:GO dimulai dengan peringkat Silver 1 sampai dengan Global Elite. Global Elite setara dengan peringkat Radiant di Valorant. Saat ini rata-rata pemain CS:GO berada di peringkat Gold Nova. Sebelum bisa masuk ke ranked, pemain harus melewati beberapa tahapan seperti bermain sebanyak 10 game standar sebelum dapat akses ke ranked.

Ketika memulai ranked match, kamu akan dipertemukan dengan pemain-pemain dengan skill yang bervariasi dan baru mendapatkan peringkat setelah bermain beberapa game. Untuk penempatan peringkat ini tergantung performa mu di pertandingan-pertandingan sebelumnya. Jika bermain cukup baik, kamu bisa mendapatkan peringkat menengah seperti Gold Nova I-III atau Silver jika belum terlalu maksimal.

Peringkat di Valorant/Riot Games

Sistem Ranking Valorant

Sistem ranking Valorant dimulai dari Iron hingga Radiant. Penempatan peringkat pertama kali sangat dipengaruhi oleh performa kamu di dalam game terlepas menang atau kalah. Performa pribadimu akan mempengaruhi kenaikan dan penurunan MMR sehingga bermain baik secara individu sangatlah penting. Saat ini rata-rata pemain berada di peringkat Silver dan Gold. Berbeda dengan Counter-Strike, kamu harus bermain 20 game unrated terlebih dahulu sebelum bisa membuka ranked. Sebelum dapat rank, kamu akan bermain di placement match (biasanya 3 pertandingan) sebelum peringkatmu akhirnya ditentukan.

Perbedaan terbesar antara CS:GO dan Valorant dalam hal ini adalah sistem MMR. Jadi, meski kamu sedang berada dalam lose streak yang panjang di Valorant, jika kamu bermain dengan baik, tidak akan mudah terjadi penurunan peringkat. Setiap naik peringkat kamu akan mendapatkan tier protection yaitu pelindung jika kamu kalah di beberapa match selanjutnya sehingga tidak terjadi penurunan drastis setelah naik peringkat. Sistem ranking di CS:GO tidak begitu rumit. Jika kamu menang atau kalah, kamu mendapatkan penambahan/pengurangan poin yang pasti dan dikarenakan jenis peringkat yang lebih sedikit dibanding Valorant, jika kamu bermain dengan baik, kamu bisa dengan mudah mencapai peringkat tertinggi. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports?