Eksibisi PON Esports

Kapan Sistem Pick/Ban Hadir di Valorant? Ini Jawaban Riot

faizalkamill
08/04/2021 15:10 WIB
Kapan Sistem Pick/Ban Hadir di Valorant? Ini Jawaban Riot
Valorant/ Riot Games

Tidak seperti game FPS lainnya, strategi permainan Valorant bisa saja bergantung kepada Agent yang dipilih. Ada Agent penting dan harus digunakan pada setiap komposisi, hingga mereka yang merupakan pilihan sekunder. Setiap Agent memiliki kemampuan unik yang bisa berpengaruh kepada permainan tim.

Saat ini Valorant memiliki total 15 Agent dengan 4 kategori yaitu duelist, controller, initiator, dan sentinel. Dengan semakin banyaknya pilihan Agent yang ada, apakah Valorant akan mengadakan sistem ban pada Agentnya?

Yamisok Nobar

Valorant/Riot Games

Jawabannya adalah tidak. Pertanyaan ini dijawab oleh game desainer Valorant, Nicholas Wu. Nicholas mengatakan bahwa sistem ban di Valorant tidak akan terjadi setidaknya dalam waktu yang cukup lama. Setiap pemain bisa memainkan Agent yang ingin mereka mainkan secara bebas hingga mungkin dua sampai tiga tahun kedepan. Nick mengatakan opsi untuk mengadakan sistem ban mungkin akan muncul ketika Valorant memiliki total 30 Agent. “Mungkin mendekati angka 30(Agent),” ucap Nick.

Agent Valorant/Riot Games

Valorant berencana untuk merilis satu Agent di setiap act, namun angka 30 masihlah sangat jauh dari total 15 Agent saat ini. Developer Valorant masih mempertimbangkan tentang apakah fitur ban di Valorant dibutuhkan atau tidak. Valorant adalah game yang agresif dan bebas. Fitur ban bisa saja membatasi hal-hal itu.

“Ini juga tergantung kepada apakah kita akan mendapatkan kompetisi yang bagus jika ada sistem ban dibandingkan game lain. Game lain menggunakan ban, tapi apakah benar-benar jadi lebih baik?” tambah Nick. Seperti yang kita ketahui terkadang ada pemain yang memang merupakan seorang one trick, yaitu orang yang jago menggunakan satu champion atau Agent saja. Jika diadakan, fitur ban bisa saja menganggu permainan mereka.

Sebagai kesimpulan, fitur ban di Valorant kemungkinan tidak akan ada dalam waktu dekat ini. Dalam jangka panjang pun fitur ini masih akan diperdebatkan, antara efektif atau tidak untuk diterapkan. Fitur ban dirasa dapat mengurangi keseruan permainan karena menutup beberapa kemungkinan permainan yang ada. Meski begitu, hal ini bakal jadi perbincangan lagi beberapa tahun ke depan. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, apakah kalian setuju dengan sistem ban di Valorant atau tidak?