5 Agent Valorant Terbaik di Awal Musim 2022, Mana Favoritmu?

Dandesignlab
19/01/2022 14:24 WIB
5 Agent Valorant Terbaik di Awal Musim 2022, Mana Favoritmu?
Jett VS Neon

Permainan multiplayer online bergenre First Person Shooter (FPS) besutan Riot Games, Valorant, telah populer sejak awal perilisan hingga saat ini. Kepopulerannya tersebut juga didukung oleh banyaknya pemain yang bebas bereksplorasi dengan koleksi Agent beragam dan terus bertambah, baik dari segi model, ability, hingga kemampuan untuk mengkombinasikan strategi.

Agent di Valorant pun kerap mengalami perubahan baik mendapat buff ataupun nerf yang mempengaruhi META pada setiap musimnya. Para pemain professional atau streamer pun punya pendapat sendiri tentang Agent Valorant yang menurut mereka terbaik untuk dipakai. Sebut saja Tenz, mantan pemain professional Cloud9, pernah membahas tentang tier list Agent melalui Livestreamnya. Ia menempatkan setiap Agent yang dianggapnya memiliki potensi hingga yang tidak cukup mumpuni untuk digunakan.

Nah, kali ini tim Esports ID akan memberikan beberapa deretan Agent terbaik untuk digunakan pada patch 4.0 terbaru Valorant di awal tahun 2022 ini! mari kita simak bersama Sobat Esports!

1. Jett (Duelist)

Agent yang populer dikalangan pemain professional atau kasual, Jett, masih menjadi pilihan berkat potensi kemampuannya. Berbekal abilitynya yang lincah dan pengembangan karakter yang unik, Jett selalu disukai para pemain dalam situasi apapun. Kemampuannya yang agresif tersebut juga mengakibatkan Jett memiliki tingkat kesulitan yang cukup rumit untuk digunakan sebagai Agent utama. Disisi lain, Jett memiliki kelebihan yang dapat membuat lawan kehilangan aim ketika harus berhadapan dengan Jett ketika ia sedang melakukan kemampuannya untuk melompat ke arah vertical (Updraft) atau melaju dengan kecepatan penuh (Tailwind).

Jett juga mampu untuk memblokir pandangan lawan menggunakan smoke miliknya. Agent ini sangat cocok untuk playstyle agresif dimana ia dapat menembus dan memotong formasi lawan dengan baik. Ultimatenya yang mengeluarkan pisau berakurasi tinggi untuk dijadikan senjata utamanya dapat membuat Jett menyerang secara presisi. Walaupun Jett terkena nerf pada patch sebelumnya, tetapi penggunanya pada musim ini masih terus konsisten dan tak terlalu mengalami penurunan.

2. Astra (Controller)

Agent yang belakangan ini menjadi Controller andalan di beberapa kompetisi Valorant di 2022, memiliki kemampuan untuk membantu rekan tim melancarkan strategi baik saat menyerang ataupun bertahan. Pasalnya, Astra dapat menutupi pandangan lawan cukup masif dengan smoke yang diaktifkan melalui Stars yang diletakkan ke berbagai tempat sehingga sangat menyulitkan lawan untuk mengetahui posisi rekan tim.

Kemampuan ultimatenya, Cosmic Divide, juga menguntungkan rekan jika berada di posisi Attacker karena dapat menutupi area dan memblokir peluru masuk serta meredam suara di dalam permainan. Astra cocok sebagai Agent pendukung untuk menunjang formasi tim dan memprediksi alur permainan.

3. Skye (Initiator)

Jika sebelumnya Valorant memiliki satu-satunya Healer di dalam permainan yaitu Sage, sekarang posisi tersebut telah direbut oleh Skye sebagai Healer dan Initiator terbaik. Skye didominasi oleh kemampuan yang dapat membutakan penglihatan lawan serta menyembuhkan beberapa rekan dalam jangkauan dan garis pandang.

Berbeda dengan Sage, Skye tidak dapat menyembuhkan dirinya sendiri dan harus menunggu bar penyembuhannya penuh terlebih dahulu. Agent ini sangat cocok untuk berada di garis depan, menemani Duelist untuk berperang menggunakan inisiasinya, mengalihkan lawan yang terkena efek kemampuannya. 

4. Viper (Controller)

Viper juga termasuk Agent populer yang sangat sering ditemukan di mode competitive Valorant. Agent yang berlatarbelakang ahli kimia asal Amerika ini memiliki fleksibilitas yang cukup baik dalam permainan. Ia bisa diposisikan di garis depan maupun belakang tergantung situasi yang terjadi. Kemampuannya juga cukup membantu rekan dalam menyusun strategi dengan Smoke Poison Cloud dan Toxic Screen yang dapat menghalangi area yang dibutuhkan.

Tidak hanya itu, Viper memiliki kemampuan Ultimate yang sangat baik dimana ia menyebarkan gas beracun ke seluruh area disekitar, menutupi pandangan dan menguras darah lawan hingga 1 HP akibat gas tersebut. Viper akan menjadi Agent yang tepat untuk dikombinasikan dengan Astro sebagai duo controller strategis yang dapat menutupi keseluruhan area.

5. Neon (Duelist)

Neon, Agent anyar yang dirilis Valorant pada Januari 2022 di patch 4.0 menjadi salah satu Agent yang cukup ramai diperbincangkan melalui kemampuannya untuk dapat bergerak dengan sangat cepat. Agent ini dikabarkan memasuki deretan META baru karena cukup overpowered diawal perilisannya. Memiliki kemiripan dengan Jett akan kecepatannya, Neon juga mengantongi kemampuan untuk mendistraksi pandangan lawan melalui ability Relay Bolt & Fast Lane dimana Neon akan membangun tembok listrik yang dapat menutupi area pandang dan mengakibatkan kerusakan jika musuh melewati tembok tersebut.

Neon yang akan melepaskan energi penuhnya pada ultimatenya akan berlari dengan cepat dan menembakkan laser elektrik yang juga berakurasi tinggi. Agent ini banyak membuat pemain terkejut karena kemampuannya yang belum seimbang dibanding agent-agent yang ada. Tidak sedikit juga para pemain yang mengeluhkan untuk memberikan nerf atau adjustment agar Neon tidak terlalu mendominasi di dalam pertandingan.

Itulah deretan rekomendasi Agent Valorant versi Esports ID pada musim ini. Beberapa Ageng di atas juga sudah terbukti akan kemampuannya melalui pertandingan kompetisi Valorant seperti SEA EC 2022 yang dimenangkan oleh ONIC G kemarin. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba Agent-Agent ini yah Sobat Esports! Bagaimana pendapat kalian?