Rekap Hasil dan Klasemen VCT: EMEA Challengers Week 1

Dandesignlab
16/02/2022 10:13 WIB
Rekap Hasil dan Klasemen VCT: EMEA Challengers Week 1
Riot Games

Saat ini Valorant Champions Tour, sedang dalam fase memanas dengan tim-tim besar yang berlaga di VCT: EMEA Challengers telah menutup minggu pertamanya di babak group stage. Beberapa tim seperti Gambit Esports, Natus Vincere, dan FunPlus Phoenix nampaknya belum mengalami kendala dalam mendominasi turnamen dengan perolehan kemenangan pertama mereka di Grup A. sementara Acend, Guild Esports, dan Fnatic juga mampu untuk mengunci kemenangannya sebagai awal yang baik di Grup B.

Gambit Terus Mendominasi Pertandingan

Organisasi yang menjadi runner-up Valorant Champions pada waktu lalu, Gambit Esports, masih konsisten dengan performa apiknya pada acara ini. Tim esports asal Rusia ini telah berhasil mengklaim kemenangan pertamanya atas Team Liquid dengan menyapu bersih skor kemenangan 2-0 serta berada diposisi kedua dalam grup.

Tim kuda putih sepertinya cukup memiliki beban berat dan belum menemukan jawaban yang baik untuk mengalahkan performa yang dihasilkan oleh Gambit. Sedangkan Team Liquid saat ini ditempatkan diposisi kelima dan selanjutnya akan bertanding dengan NaVi sebagai kesempatan keduanya memperoleh poin kemenangan pada tanggal 20 Februari 2022 mendatang.

Jika berbicara mengenai NaVi pada acara kali ini, nampaknya mereka bergerak dengan cukup cepat untuk mengalahkan LDN UTD dikedua ronde dengan peta yang berbeda. Layaknya Gambit Esports, NaVi memiliki kemenangan yang sedikit lebih meyakinkan dan membuat mereka harus naik ke jajaran teratas di grup A.

Meski kapten FunPlus Phoenix (FPX), ANGE1, sempat harus beristirahat akibat positif Covid, timi ini masih dapat bermain cukup apik melawan BIG dengan comebacknya sang kapten melalui pertarungan yang sengit pada 12 Februari lalu. Mereka mengamankan kemenangan pada ronde pertama di Bind dan melanjutkan kontesnya di Haven, walaupun belum cukup berhasil untuk meraih kemenangan pada ronde tersebut. pertandingan akhir yang berada di Split sepertinya memiliki potensi yang cukup menguntungkan bagi BIG, tetapi FPX berhasil bangkit dengan impresif dibabak poin kedua dan mengakhiri impian BIG untuk menjadi 3 teratas.

Ini dia hasil sementara grup A VCT: EMEA Challengers:

1 – Natus Vincere (1-0)
2 – Gambit Esports (1-0)
3 – FunPlus Phoenix (1-0)
4 – BIG (0-1)
5 – Team Liquid (0-1)
6 – LDN UTD (0-1)

Kejayaan Acend Pada VCT: EMEA

Acend, sebagai tim yang sedang naik daun di kejuaraan Valorant dunia saat ini sangat layak untuk bertahta di posisi tertinggi klasemen saat ini. Pasalnya, ia mendominasi SuperMassive Blaze cukup mudah dengan kemenangan telak 2-0.

Walaupun pertandingan pertama sebenernya cukup menjadi ancaman bagi Acend dengan masuk ke babak overtime, tetapi Acend masih berhasil mengamankan kemenangan pertamanya dengan skor poin akhir 14:12. Serta, akibat dari pertandingan pertama tersebutlah Acend bermain di mode serius dengan menyelesaikan permainan dalam skor poin akhir 13:4. Akibatnya, SuperMassive Blaze harus turun ke posisi terbawah di klasemen grup B. 

Sedangkan Fnatic dan G2 Esports, dua tim raksasa yang telah memiliki banyak prestasi pada turnamen sebelumnya ini harus bertemu untuk merebut poin klasemen sementara. Pertarungan antar keduanya pun harus berakhir dengan tumbangnya G2 di skor akhir 2-1 sekaligus mengamankan keunggulan di awal acara. Tentunya kedua tim memiliki performa yang sama-sama kuat, tetapi Fnatic membuktikkan bahwa ia lah yang layak untuk bertahan.

Terakhir adalah tim yang berasal dari mantan pesepakbola jerman, David Beckham, yaitu Guild Esports yang telah berhasil membuktikkan komitmennya dengan mengalahkan tim asal Turki, BBL Esports, dengan skor akhir 2-0. Guild nampaknya terlalu kuat bagi BBL pada acara kali ini, terlihat oleh performanya yang dengan mudah mengakhiri permainan dan selanjutnya menempati posisi kedua di klasemen grup B saat ini. 

Ini dia hasil sementara grup B VCT: EMEA Challengers:

1 – Acend (1-0)
2 – Guild Esports (1-0)
3 – Fnatic (1-0)
4 – G2 Esports (0-1)
5 – BBL Esports (0-1)
6 – SuperMassive Blaze (0-1)

Sementara itu tim-tim yang berhasil mengamankan beberapa kemenangan pada awal acara masih belum bisa bersantai dalam waktu kedepan akibat masih terdapat penyisihan grup EMEA Challengers dalam empat minggu selanjutnya. Jadwal tersebut masih dapat berubah dan para penggemar pun masih menantikan pertandingan yang menarik dari semua tim. 

Namun secara keseluruhan, ini adalah awal yang sangat baik untuk VCT EMEA Challengers. Nampaknya Riot Games pun memandang wilayah EMEA lebih unggul dengan tim-tim yang terbukti keunggulannya dari segala wilayah yang berpartisipasi.

Bagaimana menurutmu Sobat Esports? apakah tim-tim yang berhasil melaju ke puncak klasemen saat ini akan dapat bertahan dan bersaing dengan tim NA dan Brazil dikesempatan selanjutnya?