Astra Viper Nerf, Agent Controller Ini Berpotensi Meta di Musim Baru Valorant!

Dandesignlab
03/03/2022 13:21 WIB
Astra Viper Nerf, Agent Controller Ini Berpotensi Meta di Musim Baru Valorant!
Riot Games

Aksi kedua di Valorant episode 4 telah hadir dengan beberapa penyuguhan konten anyar dari Riot. Selain Battlepass dan Skinline eksklusif, Valorant juga menghadirkan sejumlah penyesuaian pada agent Controller yaitu Astra, Brimstone, Omen, dan Viper. Keempatnya telah menerima buff dan nerf pada patch terbaru.

Agent Controller atau yang sering disebut "Smoker" oleh para penembak di Valorant adalah sebuah tipe agent yang dapat mengontrol ruang dan membelah formasi dimedan perang dengan kemampuan uniknya yang bersifat single maupun area didalam permainan. Sebelumnya kita telah mengetahui bahwa Viper dan Astra telah menjadi agent Meta andalan di aksi pertama yang hadir di mode kompetitif maupun dikalangan pemain professional. Namun, mereka harus menerima nerf yang cukup drastis pada kemampuannya dimusim ini. 

Sementara itu, agent yang dianggap tidak laku sebelumnya, Omen dan Brimstone, telah mendapat buff yang signifikan dijajaran Controller. Berkat perubahan terbarunya di patch saat ini, keduanya jadi memiliki kemampuan yang lebih efektif dimedan perang untuk melakukan inisiasi. Bahkan, beberapa pemain berpendapat bahwa Omen & Brim akan menjadi agent Controller meta yang hadir di musim ini, diikuti dengan Yoru yang mendapat rework sempurna. 

Peningkatan Kecepatan Omen

Omen adalah Controller lawas yang tidak banyak peminat dan memiliki pick rate 0% di VCT NA 2022. Sejauh ini, alasan mengapa Omen tak efektif dalam pertempuran adalah kemampuan Dark Cover yang lamban dan Paranoia yang dapat membutakan rekan disekitar. Tentunya dengan buff kali ini ia memiliki perubahan yang cukup baik dengan peningkatan kecepatan Dark Cover yang semulanya 2800 menjadi 6400. Cooldown nya pun berkurang menjadi 10 detik lebih cepat dari sebelumnya. Disisi lain, biaya pembelian Dark Cover juga meningkat dari 100 menjadi 150 kredit sebagai penyesuaian pada buff musim ini.

Selain itu, kemampuan Paranoia Omen yang cukup menganggu rekan tim sebelumnya telah diperbaiki hingga hanya berdampak kepada musuh disekitarnya saja. Kemampuan teleportasi Omen Shadow Step juga kini berharga 100 kredit dari 150 dan 0.3 detik lebih cepat dari sebelumnya.

Pemborosan Gas Viper

Viper telah cukup populer sebelumnya untuk dipilih dipeta seperti Breeze, Fracture dan Icebox. Namun, Viper harus mengalami nerf pada kemampuannya, terutama gas racun nya yang 50% lebih cepat boros saat penggunaan Toxic Screen dan Poison Cloud aktif. Sementara itu cooldown dari keduanya setelah dinonaktifkan mengalami peningkatan dari 6 detik menjadi 8 detik. Ketika dalam masa cooldown, Viper akan terdapat indikator warna kuning. Kemampuan Snake Bite-nya pun mengalami pengurangan dari 6,5 detik menjadi 5,5 detik.

Smoke Brimstone Lebih Luas

Setelah lama tidak mendapatkan pembaruan dan kurang populer di lineup Controller Valorant akibat viabilitasnya yang rendah dan radius asap yang terbatas, Kini Brimstone menerima buff yang lebih efektif terutama pada kemampuan Sky Smoke yang disesuaikan menjadi lebih cepat. Apabila sebelumnya membutuhkan waktu sebanyak 2 detik untuk merilisnya, sekarang hanya perlu waktu 1 detik saja. Bahkan radius penyebaran yang lebih luas membuat Brimstone menjadi agen 'Smoker' terbaik saat ini. 

Kemampuan Stim Beacon miliknya pun kini memberikan peningkatan kecepatan 15% selama durasi efeknya berjalan selain penambahan fire rate.

Hanya 4 Bintang untuk Astra

Astra merupakan agent Controller yang paling overpowered nan meresahkan bagi para pemain dimusim lalu. Kemampuannya yang dapat beradaptasi disegala peta dan serbaguna membuat agent ini menjadi populer disemua kalangan. Ketika banyaknya pemain yang mengeluh soal Astra baik didalam permainan ataupun dimedia streaming, Kini Astra telah disesuaikan oleh Riot dengan jumlah bintang yang dikurangi menjadi 4 dari 5. Cooldown kemampuannya pun naik drastis dari 14 detik menjadi 25 detik. Namun, jarak maksimum penempatan bintangnya kini telah mengalami peningkatan tiga kali lipat dari 10.000 menjadi 30.000.

Secara keseluruhan, Astra mendapatkan peningkatan Cooldown diseluruh kemampuannya. Gravity Well dan Nova Pulse berubah dari 25 detik menjadi 45 detik. Serta smoke Nebula yang hanya 14 detik pada awalnya, kini menjadi 25 detik.

Nah, dengan penyesuaian keempat agent Controller ini di Valorant nampaknya akan berpotensi menggeser meta sebelumnya, khususnya dominasi kombo Viper Astra yang sangat fenomenal di Icebox musim lalu. Brimstone dan Omen yang kini telah cukup mampu untuk bersaing di Valorant, telah siap untuk menjadi meta pada musim ini! Bagaimana menurutmu sobat?