Yamaha

Lima Tips Mudah Bikin Aim Lebih Tajam di Valorant

faizalkamill
06/06/2022 11:00 WIB
Lima Tips Mudah Bikin Aim Lebih Tajam di Valorant
Valorant

Valorant diisi oleh banyak Agent dengan kemampuan unik yang bisa membantu pertarungan tetapi pada intinya Valorant adalah game FPS taktis yang membutuhkan aim, cara bagaimana kamu membidik serta menembakkan senjata. Tanpa aim yang mumpuni, pemain mungkin akan kesulitan untuk memenangkan pertandingan atau bahkan untuk tembus ke rank seperti bronze atau silver.

Menjajal tangga peringkat pasti menjadi hal yang sulit bagi para pemula. Memiliki aim tajam merupakan kunci utama untuk menang di Valorant. Cara berlatih aim bisa berbeda-beda bagi semua pemain. Beberapa tips di bawah ini diharapkan bisa membantu untuk meningkatkan skill menembak kalian. 

PT Media Esports Indonesia

Tetapi kalian tidak perlu khawatir, dalam artikel ini kami akan membagikan cara untuk mempertajam aim kalian di Valorant. Berikut adalah beberapa tips untuk mempunyai aim lebih tajam dengan mudah.

Penempatan Crosshair

Valorant

Cobalah untuk menempatkan crosshair selalu setingkat dengan perkiraan posisi kepala lawan. Jangan lupa juga untuk selalu periksa setiap sudut dengan arah crosshair yang sama. Meskipun kalian tidak dalam baku tembak, usahakan tetap berada di tingkat kepala sehingga jika ada lawan yang tiba-tiba datang kalian sudah siap.

Tips kedua adalah coba arahkan crosshair ke sudut-sudut map yang sering menjadi tempat lawan untuk ‘mengintip’. Jika kalian mengarahkan hanya ke tengah, terdapat kemungkinan lawan bisa menumbangkan kalian dengan cepat setelah berhasil mengintip dari sudut map.

Penempatan crosshair kalian mungkin tidak selalu konsisten pada awalnya. Namun, jika kalian berhasil melatih dan mengingat dimana posisi terbaik ketika bermain, maka aim kalian akan sangat terbantu. Cobalah untuk mengingat tentang penempatan crosshair setidaknya pada setiap awal ronde.

Aim Sedap dengan Senjata yang Tepat

Valorant

Tidak salah untuk menjadikan mode Deathmatch menjadi ritual sebelum bermain di Competitive. Hal ini bisa dilakukan untuk menemukan senjata terbaik yang cocok untuk kalian. Valorant sendiri memiliki 2 senjata utama yaitu Vandal dan Phantom. Keduanya memang sama-sama mematikan namun memiliki cara bermain yang cukup berbeda.

Jika kalian sering bermain deathmatch dan suka permainan cepat, kalian bisa coba Phantom. Jika kalian lebih suka bermain tap tap ke kepala pilihlah Vandal. Pasti akan terasa berbeda jika kalian bermain di senjata yang bukan favorit kalian. Dengan memahami fungsi dan cara bermain dari kedua senjata utama tersebut, aim kalian bisa menjadi lebih tajam karena tahu cara menggunakan senjatanya.

Pahami Apa itu Recoil

Valorant

Game FPS tradisional memiliki pola recoil yang cukup rumit untuk setiap senjata. Untungnya, Valorant memiliki pola recoil senjata yang cukup simpel tetapi harus kamu pahami untuk memiliki aim yang lebih baik.

Beberapa peluru pertama yang ditembakan dari senjata utama akan selalu mendarat di tempat yang dituju. Peluru setelahnya akan bergerak liar ke bagian atas. Untuk menyeimbangkannya, kalian bisa menyeret mouse sedikit ke bawah saat spray.

Tipsnya adalah coba untuk membidik bagian pinggang lawan untuk memberikan jaminan damage pada tubuh ketika spray. Jika kalian sudah cukup mahir dalam hal tersebut, coba untuk selalu membidik kepala untuk kill yang lebih cepat. Caranya adalah seperti pada tips pertama yaitu posisi crosshair yang sempurna dengan posisi kepala lawan. Recoil yang tidak terlalu rumit di Valorant menawarkan potensi headshot yang lebih baik.

Main Agresif

Valorant

Salah satu kesulitan dalam bermain di Valorant adalah lawan yang mengintip dari jauh. Mereka memiliki keuntungan untuk mengetahui posisi kita dan membidik lebih baik. Meski begitu, satu hal yang bisa dilakukan untuk menghalau strategi ini adalah dengan bermain agresif. Kalian bisa berjalan ke sudut-sudut dimana lawan bertahan dan langsung menghujani mereka dengan peluru.

Peran aim yang baik sangat penting di sini karena percuma saja jika kalian berhasil bertemu dengan lawan tetapi tidak bisa menembak dengan tepat. Keuntungan dari bermain agresif adalah kalian bisa mengejutkan lawan yang tidak siap.

Strategi ini bersifat high risk high reward yaitu punya resiko besar tetapi jika dieksekusi dengan baik hasilnya akan lebih besar lagi. Sebagai sisi menyerang pada umumnya lebih baik bermain agresif dalam suatu situasi daripada duduk diam dan membiarkan lawan mendatangi kalian.

Berlatih adalah Kunci

Valorant

Tips terakhir untuk membuat aim kalian jauh lebih tajam adalah dengan cara berlatih terus menerus. Pemain seperti Tyson “TenZ” Ngo yang meskipun memiliki bakat di game FPS tetapi dia juga meluangkan waktu ratusan hingga ribuan jam untuk berlatih agar kemampuannya lebih baik lagi. Tidak aneh bahwa dia merupakan salah satu yang terbaik di dalam game.

Hal yang sama berlaku pada kalian. Terdapat banyak cara untuk melatih aim mulai dari aplikasi pihak ketiga seperti KovaaK atau Aimlab hingga berlatih secara sederhana dengan melawan bot di The Range.

Berbagai mode di dalam game seperti Deathmatch, Spike Rush, Unrated, hingga pada akhirnya Competitive bisa dijadikan tempat bagi kalian untuk berlatih mempertajam aim.

Memang butuh kerja ekstra untuk memiliki aim yang baik namun pada akhirnya semua akan terbayarkan ketika kalian berhasil melakukan Ace atau one tap ke kepala lawan dan memenangkan setiap pertandingan.

Tadi adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk mempertajam aim kalian. Memang tidak ada cara instan untuk meningkatkan skill aim dalam sekejap. Namun, jika kalian rela untuk menginvestasikan waktu untuk belajar dan berlatih maka tidak ada yang tidak mungkin. Bagaimana pendapatmu Sobat Esorts, apakah kalian siap mengucapkan selamat tinggal ke low ELO?