Bernilai Jutaan Dolar, OTO Contacts Akuisisi XERXIA Esports

Dandesignlab
07/06/2022 13:00 WIB
Bernilai Jutaan Dolar, OTO Contacts Akuisisi XERXIA Esports
Xerxia

Sebuah perusahaan telemarketing yang berbasis di Thailand, One to One Contacts (OTO Contacts), telah menandatangani akuisisi tim esports VALORANT terbaik di Thailand saat ini, XERXIA Esports, sebagai bagian dari kesepakatan jutaan dolar.

Kesepakatan tersebut datang dari InnoHub Company Limited, anak perusahaan OTO Contacts, yang menandatangani Perjanjian Jual Beli Saham dan Perjanjian Pemegang Saham pada awal bulan lalu untuk berinvestasi di Phygital Space Development Co., Ltd ( PSD) dengan membeli 49 persen dari modal yang terdaftar senilai TH฿100.000.000 (~Rp41,9 miliar per 6 Juni 2022).



Dilansir dari dokumen Related Parties Transactions Disclosure yang diperoleh VALO2ASIA, pembelian senilai US$2,9 juta oleh OTO Contacts dimaksudkan untuk mengakuisisi saham di Phygital daripada hanya XERXIA Esports. Rincian kesepakatan XERXIA dengan PSD tidak diungkapkan.

Phygital Space Development Co., Ltd secara khusus diakui sebagai mitra lisensi Paris Saint-Germain FC untuk mengoperasikan tim Arena of Valor (RoV) di Thailand.

Selain mengelola tim esports, mereka memiliki Hubber.gg yang merupakan platform game yang diberikan hak untuk menjadi tuan rumah RoV Division 1 tahun lalu yakni liga semi-profesional untuk wilayah Thailand dengan total hadiah sebesar TH฿1.000.000 (atau setara dengan Rp419.631.072).

Dalam skema besar, XERXIA Esports akan dikelola di bawah satu atap besar sebagai PSG Esports RoV.

Akuisisi OTO Contacts atas XERXIA Esports dianggap sebagai salah satu akuisisi organisasi esports terbesar di Thailand dimana transaksi tersebut sebanding dengan pembelian Made in Thailand (MiTH) oleh Ampverse yang berbasis di Singapura pada September 2021 lalu.

Berdasarkan rilis, organisasi menyatakan niatnya untuk memperluas kehadirannya ke judul game lain termasuk PUBG dan Free Fire dengan tujuan menampung lima tim pada akhir tahun, dan tujuh tim pada tahun 2023.



XERXIA Esports pertama kali memasuki kancah VALORANT Thailand dengan mengakuisisi mantan roster X10 CRIT. Itthirit "foxz" Ngamsaard and co. dan mencetak penampilan internasional ketiga mereka di VCT Masters Reykjavik 2 di bawah bendera anyarnya. Xerxia finis di peringkat 9-10 dengan mengalahkan sang juara OpTic Gaming sebelum kalah dalam penentuan Grup B dari tim yang sama.

“Perusahaan melihat potensi tim XERXIA dengan kemampuan dan potensi pertumbuhan lebih lanjut di masa depan. VALORANT adalah game yang cukup terkenal untuk dimainkan di seluruh dunia,” kata Kanawut Wattanathirat, Ketua Komite Eksekutif dan Kepala Pejabat Eksekutif OTO Contacts Public Company Limited.

“Target kami adalah melihat tim esport kami berada di peringkat 20 besar global dengan nilai pasar gabungan lebih dari US$200 juta [TH฿6,84 miliar] pada tahun 2025."

“Sebagai perusahaan teknologi terkemuka, OTO berkomitmen untuk mendorong industri esports ke depan baik di Thailand maupun di tingkat global. Kami percaya kami dapat memperluas basis pendapatan kami di esports untuk mencapai level yang sama dengan klub esports internasional, yang memiliki nilai pasar antara US$200 juta dan US$500 juta. Esports adalah industri Kurva S baru yang memiliki potensi pertumbuhan kuat dan dapat menghasilkan pengembalian investasi yang berkelanjutan bagi pemegang saham dalam jangka panjang.” Ungkap Kanawut.

OTO Contacts, anak perusahaan dari Samart Corporation merupakan perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Thailand (SET) dan bernilai kapitalisasi pasar sekitar TH฿7.056 juta baht, berdasarkan harga saham OTO.BK TH฿ 12.60 (per 6 Juni 2022). Bagaimana menurutmu?