VALORANT Masters Copenhagen dan ALGS 2022 Cetak Rekor!

Dandesignlab
14/07/2022 11:00 WIB
VALORANT Masters Copenhagen dan ALGS 2022 Cetak Rekor!
Esportsid

Acara VALORANT Champions Tour Masters Copenhagen yang saat ini telah berjalan di hari keempat telah menarik banyak perhatian penonton dimana jumlah tayangan hari pertamanya mencapai sekitar 438.000 penonton berdasarkan data yang dikirim oleh Esports Charts.

Hari pertama fase penyisihan grup yang berlangsung sekitar 10 jam telah berada di total rata-rata sekitar 299.000 penonton dan 2.998.000 jam ditonton. Rekor hari pertama Masters Copenhagen tersebut juga telah menempati urutan ke-7 dimana pastinya akan bertambah lagi di masa yang akan datang.

Bahkan dengan adanya penonton LAN yang digelar pertama kalinya oleh Riot, acara playoff dipastikan menghasilkan penonton yang jauh lebih banyak dalam sejarah esports VALORANT.

Rekor 400 ribu penonton tersebut terjadi selama pertandingan antara KRÜ Esports dan LOUD yang merupakan bentrokan wilayah LATAM di Masters Copenhagen. Di sisi yang lain, rekor tertinggi baru juga tercatat pada seri KRÜ vs. Guild yang berada di grup A.

Beralih ke kancah kompetitif Apex Legends, juara dunia yang berlangsung di Raleigh, North Carolina, kemarin juga telah mencapai rekor jumlah tayang tertinggi sekitar 632.000 penonton. Esports Charts melaporkan bahwa jumlah tersebut telah mencapai puncak tertingginya dengan jumlah penonton online dan offline yang di akumulasi disaat yang bersamaan.

Dengan peraturan yang diterapkan oleh ALGS terhadap penonton offline, jumlah tersebut belum mencapai jumlah tertinggi dari acara Split 2 playoff yang digelar di Stockholm pada bulan Mei lalu. Namun, perbedaannya terdapat di jumlah average penayangan yang lebih solid dengan mempertahankan hampir 290.000 views di seluruh platform.

Sementara itu, Apex Legends memiliki keunikan dimana sebagian besar acara telah memungkinkan para player untuk melakukan streaming secara individu dengan delay yang diatur sesuai ketentuan agar tidak terjadi stream-snipe selama tur berlangsung.

Artinya, jumlah viewer yang terpisah dari channel utama di mana para penonton banyak yang bergabung di stream para player ataupun watch party content creator telah mengakibatkan akumulasi jumlah penonton tidak terhitung.

Beruntungnya, acara LAN yang digelar kemarin tidak menghadirkan stream individual. Berkat itulah ALGS mencapai jumlah penonton terbaiknya.

Melihat jumlah penggemar dan komunitas yang semakin besar, Valorant Champions Tour dan Apex Legends Global Series telah memiliki prospek yang cerah di masa yang akan datang.

Apex Legends Global Series telah menjanjikan turnamen tahun ketiganya. Sementara Valorant Champions 2022 juga diharapkan menghadirkan penonton LAN yang akan digelar di Istanbul Turki pada akhir tahun nanti.