Mimpi Buruk, Paper Rex Tersingkir dari Champions 2022!

Dandesignlab
08/09/2022 01:00 WIB
Mimpi Buruk, Paper Rex Tersingkir dari Champions 2022!
Twitter

VALORANT 2022 Champions Tour kembali bergulir untuk menyelesaikan fase penyisihan grup yang diawali oleh pertandingan eks-runner up Copenhagen, Paper Rex, melawan perwakilan LCQ EMEA, Team Liquid, di grup A. 

Setelah menjalani persaingan yang sengit antara keduanya, pertempuran hidup dan mati berhasil di kuasai oleh Team Liquid pasca memenangkan seri 2-1 atas Paper Rex. Sang mantan runner-up Champions 2021 kini berhasil mengamankan slot playoff Champions 2022.

Rekap Game 1: Haven

Paper Rex sebelumnya berkata bahwa mereka memiliki ketidakstabilan performa sejak group stage Champions dimulai ketika mereka berhadapan dengan EDG. Terutama sang duelist mereka, f0rsakeN, di lineup tak berhasil menyetel di game pertama ketika mereka kalah dominan atas tim EMEA sejak first half. 

Meskipun di tengah-tengah game pertama, Haven, Paper Rex dapat mengembalikan situasi dan bangkit, kemenangan yang mereka nyaris dapatkan malah tertunda ketika mereka dipertemukan ke babak overtime oleh ScreaM cs.

Seusai 2x overtime dilewatkan, momen heartbreaking terjadi untuk tim Paper Rex ketika mereka di comeback oleh Team Liquid sehingga kedudukan menjadi 1-0.

Rekap Game 2: Pearl

Strat yang terlihat sebelumnya ketika berhadapan dengan EDG tampaknya kembali dihadirkan oleh Paper Rex ketika berperang dengan Liquid di game kedua. Penggemar juga kembali diperlihatkan lineup Raze Jingg & Sage D4v4i yang bersinergi di area pintu hall dekat site B. 

Tak ayal, ambil alih Paper Rex terhadap peta Pearl di game tergolong cenderung baik meskipun map ini baru saja hadir di turnamen kompetitif setelah beberapa waktu pasca rilis. Di kala tim lain cukup kesulitan untuk menguasai Pearl, Paper Rex memiliki strat yang lebih cemerlang dan nyaman.

Berkat dominasinya, PRX berhasil menutup seri 4:13

Rekap Game 3: Ascent

Peta terakhir bergulir di Ascent dimana Team Liquid kembali menyala dan memukau untuk menumbangkan para pemain APAC tersebut di first half. 

Jauhnya ketertinggalan poin dan penampilan yang agak greedy sehingga menyebabkan beberapa blunder dari Paper Rex merupakan hal yang cukup tidak diinginkan sebagai match penentu yang mendebarkan. 

Meskipun Paper Rex sempat mengejar di second half ketika Team Liquid berada di skor poin 10, namun mereka hanya mampu beranjak hingga poin ke-8 dan terpaksa menerima kekalahan di angka 13:8. 

Kesimpulan

Beberapa hal buruk yang terjadi oleh Paper Rex tampaknya terletak pada hilangnya fokus para pemain dan ketidakstabilan playstyle yang kemungkinan menyebabkan strat mereka menjadi berantakan dan gagal untuk mendapatkan momentum melawan tim EMEA.

Hal tersebut terlihat ketika f0rsakeN agak teledor melakukan entry sejak game pertama beserta mindfreak yang gagal mendapatkan informasi di Ascent ketika dirinya sedang melompat-lompat dibawah heaven site A.

Di sisi lain, kekalahan Paper Rex di group stage LAN internasional VALORANT terakhir di 2022 ini mungkin merupakan suatu dampak lanjutan dari kekalahan mereka atas Leviatán di upper final fase penyisihan grup ketika tim ditumbangkan 2-0.

Pasca kekalahan, f0rsakeN dan coach Alecks mengungkap kekurangannya di Champions bahwa mereka tidak memiliki aim yang tajam saat ini dan terpaksa kalah dalam tembakan pertama ketika war.

Dan benar saja, hal tersebut kembali terjadi oleh Paper Rex dan menyebabkan mereka tumbang duluan lebih cepat atas Jamppi cs.

Kini Team Liquid berhasil menjadi perwakilan EMEA pertama yang menuju ke playoff Champions 2022 untuk mempertahankan eksistensinya sebagai runner-up Champions 2021 tahun lalu.

Sementara Paper Rex, mereka segera menyusul BOOM Esports dan XERXIA untuk pulang dari stage Istanbul. 

Tentunya, ini momen yang cukup heartbreaking bagi penggemar #APACRising untuk melihat para tim perwakilan APAC tumbang duluan sebelum playoff.

Namun, kita tetap perlu untuk mengapresiasi para pejuang APAC yang sudah bersaing di VALORANT 2022 Champions Tour.