Phantom vs. Vandal, Senjata Mana Yang Lebih Baik di VALORANT?

Dandesignlab
09/12/2022 11:00 WIB
Phantom vs. Vandal, Senjata Mana Yang Lebih Baik di VALORANT?
Twitter

Phantom vs. Vandal selalu menjadi pertanyaan yang kerap menjadi topik hangat di komunitas VALORANT dan sering pro kontra di kalangan pemain, baik amatir maupun pro player. Meski keduanya memang seimbang dari segi kelebihan dan kekurangan, pertanyaan terakhir yang populer ialah "Senjata mana yang lebih baik? Phantom atau Vandal?"

Untuk menjawab hal tersebut, Esports ID telah memberikan beberapa ulasan mengenai Phantom & Vandal agar para pemain VALORANT tak lagi pusing untuk memilih senjata mana yang lebih baik. Penasaran? mari kita simak;

Vandal, Jagoan Jarak Jauh & Spesialis 1-Tap!

Vandal merupakan rifle populer yang sangat sering di gunakan oleh para profesional. Pasalnya, senjata ini memiliki kemampuan untuk menumbangkan lawan dengan cepat dari berbagai jarak dengan akurasinya yang tajam. Musuh juga dapat terbunuh dengan mudah, hanya dengan 1 peluru saja jika ter-headshot oleh senjata ini.

Terlepas dari kelebihannya yang umum itu, Vandal memang memerlukan keterampilan pengguna untuk dapat memaksimalkan potensinya. Namun, buruknya kontrol pada senjata ini akan membuat penembak kesulitan untuk menembak lawan dengan tepat, apalagi jika user cenderung spraying.

Dari segi popularitas di turnamen, Vandal selalu menempati urutan tertinggi ketimbang Phantom. Champions 2022 sebagai tur internasional terakhir di 2022 pun telah mencatat sekitar 8.070x digunakan berdasarkan statistik dari Thespike.gg.

Phantom, Andalan Jarak Dekat dan Run&Gun!

Phantom memang tak sepopuler Vandal jika di bandingkan head-to-head pada tahun 2022. Meski beberapa user di competitive mode sering mengandalkan senjata ini lantaran sangat mudah dan ringan, namun Phantom belum bisa menggeser eksistensi Vandal di VALORANT.

Meskipun demikian, Phantom memiliki beberapa kelebihan bagi para pecinta Spray, alih-alih tapping. Mudahnya dikendalikan dan fire rate yang cepat dapat memungkinkan pengguna Phantom bermain agresif untuk dapat membunuh lawan dalam jarak dekat dengan cepat.

Kekurangan yang sering di alami oleh player adalah damage jarak jauhnya yang terkadang tanggung atau tak membunuh lawannya dengan instant layaknya Vandal. Meski terkena kepala, Phantom sering meninggalkan HP lawannya di angka 6 atau 10 jika menggunakan Heavy Shield.

Kesimpulan

Keduanya adalah senjata yang baik, tergantung dari tipe permainannya. Jika sobat esports cenderung senang untuk mendobrak lawan dan agresif, Phantom dapat menjadi pilihan yang tepat untuk bertarung jarak dekat layaknya tim DRX di Champions 2022 lalu.

Sementara jika sobat senang untuk bermain defensif atau memanfaatkan positioning, Vandal adalah senjata wajib yang perlu di kuasai demi memenangkan pertandingan.