Riot Umumkan China Sebagai Liga Internasional Baru di VCT 2024!

faizalkamill
24/08/2023 18:00 WIB
Riot Umumkan China Sebagai Liga Internasional Baru di VCT 2024!
Riot Games

Riot Games umumkan China sebagai liga internasional keempat di sirkuit VALORANT Champions Tour (VCT) 2024. China akan menjadi region penyelenggara keempat setelah EMEA, Americas, dan Pacific.

Penambahan liga ini dikabarkan terjadi setelah performa tim-tim VALORANT asal China yang dinilai cukup baik di turnamen-turnamen internasional VALORANT di sepanjang tahun 2023. Beberapa tim yang menonjol antara lain EDward Gaming, BLG, dan FPX.

VALORANT

Riot menyebut langkah ini sebagai cerminan dari tujuan utama perusahaan untuk memasukkan negara-negara lain ke dalam VCT.

“Melihat potensi dan kontribusi dari komunitas Tiongkok, penyertaan penting ini mencerminkan tujuan VALORANT untuk menjadi esports paling global di dunia,” tulis pengembang dalam siaran persnya.

Selain liga internasional, China juga ditunjuk sebagai tuan rumah dari Masters kedua di VCT 2024, Masters Shanghai. Selain penambahan turnamen Masters, VCT 2024 juga memperkenalkan fitur kompetisi baru yakni Champions Point.

Dilansir dari beberapa laporan, pada tahun 2022 pasar game di China mencapai angka 45,5 miliar USD dan diperkirakan akan terdapat 730 juta gamer di China pada tahun 2027. Riot Games tentu tidak ingin tertinggal dari pasar dengan angka fantastis tersebut maka mereka kini terus mendorong perkembangan VALORANT di tanah China.

Selain daripada itu, dengan bersinarnya tim-tim asal China di turnamen internasional kita mungkin akan melihat lebih banyak pemain-pemain bertalenta asal China yang akan meramaikan panggung VALORANT esports di masa mendatang.

Riot Games akan mengumumkan informasi lebih lengkap tentang format dan tim mana saja yang akan bergabung di liga VCT China dalam waktu dekat.