Esports.ID

Taufik Hidayat Tak Melarang Anak Main Game, Apalagi Jadi Atlet eSports!

basittt
29/08/2018 00:44 WIB
Taufik Hidayat Tak Melarang Anak Main Game, Apalagi Jadi Atlet eSports!
Putri Azizi & Taufik Hidayat

Pada konferensi pers yang digelar Garena Indonesia dan Tencent dalam rangka dukung kemajuan eSports AOV di Indonesia, ada satu hal yang sangat menarik untuk disimak. Kehadiran sosok tersohor yang dikenal sebagai mantan atlet nasional bulutangkis, 'Taufik Hidayat', jadi sorotan banyak pasang mata di acara tersebut. Ada atlet Sports di acara eSports, apa yang dibahas?

Tak jauh, tentu saja membahas tentang pendekatan eSports dan Sports yang sedang ramai dibahas. Apalagi saat ini eSports sedang dipamerkan dalam ajang Asian Games 2018, tentu semakin membuat khalayak ramai bertanya-tanya tentang sisi olahraga dari eSports itu sendiri. Pasalnya kita tahu eSports dimainkan dengan beberapa perangkat yang sangat minim jika dikaitkan dengan latihan fisik.

Lantas bagaimana Taufik Hidayat mengomentari hal tersebut? "Tentu ada perbedaan dan kesamaan antara Sports dan juga eSports, di mana atlet Sports lebih banyak fokus di fisik, sedangkan eSports lebih fokus pada konsentrasi. Tetapi, saya rasa eSports pun perlu latihan fisik untuk tetap menjaga konsentrasinya. Bisa dibilang Sports dan eSports berbeda secara konsep, tetapi masih sama lah." ungkap Taufik Hidayat.

Selain mantan atlet, Taufik Hidayat juga merupakan seorang ayah yang miliki dua orang anak. Saat diminta menanggapi tentang dukungan dirinya apabila suatu hari anaknya ingin jadi atlet eSports, Taufik pun menjawab dengan antusias, "Tentu saja saya akan mempersilahkan anak saya untuk main game. Apalagi di zaman sekarang ini, akses untuk memainkannya mudah sekali didapatkan. Tetapi, saya sebagai orang tua tetap mengawasi dan memberikan batasan kepada anak-anak dalam bermain game, karena ada fokus lain yang harus mereka jalankan juga."

"Intinya saya tidak memberikan larangan sama sekali. Apalagi jika anak ingin jadi atlet eSports di AOV, tentu saya tidak akan melarang, pertandingannya sudah ada juga kan," tambah Taufik Hidayat, sebelum menutup sesi bincang hangat dengan Garena Indonesia.

Menarik sekali bukan komentar dari Taufik Hidayat? Semakin banyak pihak terlibat dalam perkembangan eSports dewasa ini, semoga akan mengubah pandangan negatif terhadap game dan juga eSports, sehingga bisa ke arah yang lebih baik lagi. Bukan tidak mungkin nantinya banyak orang tua yang mulai mendukung anak-anak mereka untuk bisa terjun di eSports.

Bagaimana menurut pendapat Sobat eSports?