Esports.ID

GetSupremacy, 'Pelatih' Berbasis AI untuk Kembangkan Bakat eSports

Rendy Lim
30/01/2018 15:16 WIB
GetSupremacy, 'Pelatih' Berbasis AI untuk Kembangkan Bakat eSports
Google Images

Bagi para gamer yang ingin belajar menjadi player pro namun tidak memiliki coach ataupun tidak suka dengan metode latihan yang selama ini kamu terima, GetSupremacy sedang mengembangkan konsep 'pelatih pribadi' berbasis AI yang dapat disesuaikan kebutuhanmu, bahkan sebagai personal psychologist untuk membantu kamu menjadi lebih baik dalam bermain game. Tertarik? Yuk, simak bagaimana program ini bekerja.

Vincent Willijam Vermillion, CEO dan pendiri dari GetSupremacy, mendiskusikan ide untuk menciptakan platform yang memberikan pelatihan eSports untuk perkembangan skill, dan game pertama yang dicoba oleh perusahaan ini adalah CS:GO. Sebelumnya, GetSupremacy sudah memiliki pengalaman dalam membuat software untuk neuromarketing dan cognitive AI.

Project yang diberi nama ‘The Game:BRAIN AI’ adalah all-in-one artificial intelligence yang dibentuk untuk professional eSports team ataupun player yang mencari cara efisien untuk meningkatkan performa bermainnya. Dalam proyek ini, GetSupremacy akan bekerjasama dengan tim peneliti di bidang HRV (Heart-Rate Variability), serta tim Neuroscience dari Washington University of Medicine dan UCLA.

Program ini akan menyediakan semua kebutuhan player dalam game seperti wingman, coach, trainer, dan psychologist, semua dalam satu program. “Ini adalah visi dan tujuan kami untuk dapat menjadi platform de facto yang memenuhi kebutuhan training dan manajemen eSports,” ungkap Vincent.

Ini merupakan target yang cukup ambisius dan GetSupremacy bukan satu-satunya perusahaan yang mengejarnya. Platform Gosu.AI dan OpenAI adalah program yang menggunakan artificial intelligence untuk melakukan analisis pada permainan DOTA 2.

Alasan Diperlukannya GetSupremacy:

Hal yang membedakan GetSupremacy dengan platform lainnya adalah meskipun banyak situs dan program yang menawarkan statistik, masukan, serta menyediakan platform untuk para pro player dan penonton tentang rekomendasi latihan, setup berikut strateginya, namun mereka masih ada kekurangan karena banyak informasi yang harus di-filter antara baik dan buruk bagi mereka.

Banyaknya solusi dan fakta dari artikel dan informasi tersebut berguna bagi para gamers akan berurusan dengan notepad, excel spreadsheets, hingga google docs, sehingga membuatnya sebagai hal yang tidaklah menyenangkan. Jika sekalipun kalian sangat termotivasi untuk menjadi pro gamer, hal ini juga tidak produktif untuk hanya terus membaca statistik.

Alasan lain adalah adanya tim yang belum memiliki manajemen serta coach yang cukup sigap untuk melatih pemainnya, dan membuat perkembangan para pemain hanya bergantung pada keinginan serta motivasi mereka masing-masing. Faktor lainnya juga pada perubahan roster pemain yang sangat cepat berubah dan membuat anggota tim cukup sulit dan perlu waktu untuk kembali menyesuaikan diri. Bahkan masalah konsistensi dan strategi ini juga sering ditemukan dalam tim-tim besar.

Menurut Vincent, ada paradigma yang menyatakan bahwa latihan yang bagus bukan tentang berapa jam yang dihabiskan untuk hal tersebut dan memberikan pertanyaan tentang efisiensi dari latihan. Masalah tersebut adalah salah satu yang ingin coba diselesaikan melalui platform GetSupremacy.

Kemudian permasalahan yang tengah berkembang adalah belum adanya platform yang fokus memberikan data kepada manajemen terhadap rutinitas serta efektifitas latihan dari para pemainnya. Selama ini, latihan hanya melihat pada bagaimana mereka bermain bersama serta fokus dan effort masing-masing pemain sepanjang sesi latihan.

Berbagai alasan tersebut menjadi hal-hal yang krusial dalam perkembangan individu hingga tim dan menjadi alasan kenapa para gamer serta professional tim memerlukan platform ini.

Bagaimana GetSupremacy dapat membantu?


Salah satu contoh latihan reflek dan motorik dalam GetSupremacy

Memasukkan artificial intelligence atau AI ke dalam platform ini sangat penting karena adanya fitur personal recommendations dalam latihan bergantung kepada kebiasaan dan rutinitas atau jadwal dan individu itu sendiri. Permasalahan yang paling besar adalah menyeimbangkan antara memberikan user great experience dan membantu mereka untuk menjadi lebih baik serta menggunakan data itu untuk mempersiapkan latihan dan rekomendasi yang lebih cocok dari AI.

Program dari GetSupermacy ini sudah mendapatkan respon baik dari komunitas gamers serta mendapatkan kolaborasi dengan beberapa tim-tim besar. “Ini sangat mengejutkan bagi saya, banyak sekali orang-orang yang ingin menyediakan waktu dan tenaga mereka untuk mengembangkan program yang masih beta dan masih banyak bug ini,” ungkap Vincent “Banyak gamer di luar sana yang melihat perlunya sebuah platform untuk membantu mereka mengatur jadwal latihan dan mengembangkan kemampuan mereka melalui analisa personal”.

Saat ini, GetSupremacy masih terbatas untuk CS:GO namun ke depannya Vinncent bersama timnya memiliki rencana untuk membuat game-game eSports populer lainnya untuk memakai platform GetSupremacy juga. Platform ini menyediakan fitur seperti jadwal bootcamps, latihan, asisten untuk latihan aiming, data neurological pemain, dan banyak lagi. Bagi yang tertarik, bisa mengunduh program Beta-nya via situs mereka, namun saat ini hanya khusus untuk Windows.

Selamat latihan dan terus kembangkan kemampuan game kamu, sobat eSports.id!