Analisa Update 7.25. Perubahan Drafting, Hero, Item & Skill DOTA 2

Billy Rifki
18/03/2020 14:09 WIB
Analisa Update 7.25. Perubahan Drafting, Hero, Item & Skill DOTA 2
dota2.com

Walau turnamen DOTA 2 diurungkan akibat wabah Corona, Valve tetap berlakukan rentetan panjang ubahan gameplay makro dan mikro lewat update 7.25. Tampaknya, patch kali ini bakal penting untuk pertandingan casual dan turnamen karena mengubah kebiasaan drafting yang lazim.

Sebagai contoh, mode All Pick kini mengharuskan player memilih hero secara bersamaan untuk 5 ronde. Pilihan jagoan mereka akan tersembunyi sampai fase pick kedua. Bila ternyata kedua pemain memilih hero yang sama, pemain yang menentukan terakhir diberi waktu tambahan memilih andalan lain.

PERUBAHAN UMUM 7.25

Selain soal drafting di All Pick yang bakal kalian temui di normal match atau ranked. Ada juga pembaruan seperti power runes yang kini muncul di empat menit pertama, kemudian normal per 2 menit setelahnya. Hal ini mencegah snowball terlalu dini di early game khususnya membuat midlaner unggul terlalu jauh akibat buff sementara yang merepotkan. OG Topson adalah contoh terbaik pemain yang mengeksploitasi manfaat power rune untuk memenangkan pertandingannya.

Update ini juga kembali mengatur soal ekonomi in-game, utamanya hero AoE kill gold. Perhitungan sebelumnya, AoE gold dihitung berdasarkan ranking net worth si pembunuh dalam tim begitu pun juga korban. Ditambah lagi dengan +1 dari comeback factor apabila tim kalah melakukan kill, 0 bila yang melakukan adalah tim unggul.

Kini, proses perhitungan lebih simpel meniadakan ketiga unsur tersebut hanya 50 + net worth korban di bagi jumlah hero yang menyarangkan assist. Kill spree memberikan lebih banyak gold dan xp ketimbang sebelumnya, memungkinkan pemain untuk mengubah orientasi main dari farm menjadi lebih agresif.

Captain's Mode mengganti format ban dari 3/2/1 menjadi 4/1/1. Ini berarti empat ban pertama sangat ditujukan pada hero-hero meta untuk target ban, sementara dua kesempatan terakhir bakal sangat spesifik untuk membatasi pilihan dari draft musuh.

UPDATE ITEMS

Tak cuma urusan makro, 7.25 menyentuh perlengkapan perang hero DOTA 2. Beberapa item baik itu neutral drop dan shop biasa mendapat perubahan. Misalnya, Iron Talon kini berfungsi untuk Ancients, Spider Legs bakal makin dicintai karena dapat tambahan +50% turn rate dan 28% movement speed pasif dari sebelumnya 30% turn rate dan 24% movement speed.

Item neutral yang mendapat buff yakni Philosopher's Stone, Poor Man's Shield, Grove Bow, Nether Shawl, Repair Kit, Enchanted Quiver, Havoc Hammer, The Leveller, Minotaur Horn, Witless Shako, Seer Stone, Ballista dan Woodland Striders.

Untuk item di shopkeeper, harus berhati-hati dengan update baru karena TP Scroll memakai 90 mana sekarang. Hero-hero STR atau AGI akan merasakan sekali dampak kesulitan TP karena 90 mana ibarat satu kali skill. Kemungkinan, patch 7.25 membuat pemain lebih menyukai Boots of Travel langsung karena mengurangi cooldown TP dan menambah pergerakan sampai 38/44%.

Beberapa item diubah komponennya seperti Bloodthorn yang tak lagi punya pasif critical hit karena Crystalys diganti dengan Hyperstone. Pun Battle Fury kini ditempa dari Broadsword dan Mithril Hammer. Harusnya, BF akan lebih mudah dikantongi karena harga komponen yang lebih murah dan cenderung mudah dicicil.

Nullifier tampaknya mengecewakan banyak pihak karena tak lagi punya efek mute item. Meski begitu, kompensasi yang ditawarkan sebenarnya lumayan cooldown reduce, cast range, armor dan damage yang meningkat.

AGHANIM UNTUK SNAPFIRE & VOID SPIRIT

Tak cuma item yang digodok, beberapa hero mendapat inovasi baru. Snapfire dan Void Spirit misalnya, kini diperkenankan punya Aghanim Scepter agar mendapat efek skill baru. Nenek penunggang kuda bakal dapat satu skill tambahan yakni Gobble Up. Snapfire akan memerintahkan naganya menelan satu sekutu, hero atau creep, kemudian dilemparkan seperti Snapfire Cookie dalam batas waktu 3 detik. Hero yang dimuntahkan memberikan efek stun 1,5 detik dan lingkaran lava dengan kerusakan 100 dps selama tiga detik.

Sedangkan Void Spirit akan mendapat efek charge pada skill Resonant Pulse. Tak cuma bisa dipakai lebih sering, kini gelombang Resonant Pulse memberi efek silence selama 2 detik. Tapi ngga hanya dua hero baru yang diistimewakan dengan Aghanim, Bounty Hunter dan Juggernaut dapat efek Aghanim baru loh Sobat Esports. Shuriken Toss dari BH bakal sangat diandalkan karena punya efek Jinada kalau sudah mengantongi Aghanim. Sementara Juggernaut dapat satu skill baru yakni Swift Slash alias mini Omnislash. Disebut mini karena durasinya cuma 0,8 detik, tetapi dengan cooldown 15 detik saja skill ini relatif mematikan di late game untuk membunuh support-support tanpa harus mengorbankan Omnislash.

Bila update patch sebelumnya banyak nerf untuk hero, di 7.25 mayoritas mendapat buff bahkan hero yang cenderung jadi favorit di turnamen belakangan. Seperti Death Prophet, Ember Spirit, Dark Seer, Grimstroke dan Leshrac.

Itu dia beberapa update penting di patch 7.25 sobat Esports. Kalian bisa kunjungi langsung website dota2.com untuk info lebih lanjut. Bagaimana tanggapan kalian dengan 7.25?

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Video Pilihan
Solo MMR
1 GeekFam.Raven.GGBOOK1.COM
2 BOOM.Mikoto.Suzhen
3 TNC.Armel.www.J J B.ONE
4 T1.inYourdreaM
5 EG.Abed.FVBet.vip
6 MG.Trust.Jackky
7 GeekFam.Kuku^.GGBOOK1.COM
8 MSC.Nikko
9 496.Killua
10 neon.PlayHard-.CoinPoker
1 EHOME.NothingToSay.同乐城TLC
2 Eurus
3 VG.Ori.JBO.CLUB
4 Serenity.ghost
5 EHOME.Faith_bian.同乐城TLC
6 Negative
7 IG.Emo.Betwαy
8 Serenity.Kaiyko
9 Avengerls.DESKA
10 飛燕
1 Nigma.w33.haa.<3 L
2 TSpirit.iLTW.Parimatch.gg
3 abbdi
4 VP.No[o]ne-.Parimatch.gg
5 Alliance.LIMMP
6 scarlet
7 SNG.Xcalibur.X-Bet.co
8 FTM.V-Tune
9 GODSENT.W1sh-
10 Secret.MATUMBAMAN.uwiո
1 OG.SumaiL-
2 CHAOS.Quinn.Tree#4
3 business.Moo.ꜝꜝʕ•ᴥ•ʔꜝꜝ
4 bc.ScofielD EL SOLIIIII.AORUS
5 EG.天鸽.FVBet.com
6 Sammyboy.LFT
7 ヒーロー狩り
8 C9.Sneyking
9 OG.midone
10 ThunderP.MNZ.4321
1 BOOM.Mikoto.Suzhen
2 T1.inYourdreaM
3 BOOM.Dreamocel
4 BOOM.Fbz
5 StarGazer_時の横顔
6 GeekFam.Whitemon.吉 吉 宝
7 T1.Jhocam.조솔
8 OCY.Azur4.Anna
9 RR.QEON.♥RusmαÑ -奎因?.uLoL
10 GeekFam.Xepher.吉 吉 宝
Team MMR
1 OG 1575
2 Team Secret 1515
3 PSG.LGD 1509
4 Vici Gaming 1489
5 VGJ Storm 1450
6 Royal Never Give Up 1440
7 Unknown 1429
8 Nigma 1429
9 Team NP 1401
10 Fnatic 1399