Haus Kemenangan, Pemain FIFA Buru Slot di 'Big League'

MalZaHar
10/04/2019 15:58 WIB
Haus Kemenangan, Pemain FIFA Buru Slot di 'Big League'
Kualifikasi Online IGL - FIFA 19 FUT Kembali Diwarnai Kejutan!

Sebagai ajang pencarian pemain-pemain terbaik FIFA 19 dari berbagai pelosok daerah, pihak Indonesia Gaming League (IGL) menyediakan wadah kompetisi sekaligus panggung kualifikasi bagi semua pemain yang berminat unjuk keahlian serta tampil pada pentas tertinggi Liga FUT pertama di Indonesia, 'Big League'!

Babak kualifikasi online berlangsung setiap minggu, di hari Sabtu dan Minggu, sejak pertama kali bergulir tanggal 8 Maret dan berakhir di penghujung bulan ini. Total terdapat 8 online qualifiers yang bakal loloskan tiga pemain terbaik (Top Three) di tiap pekannya, guna menggenapi slot 24 peserta di liga utamanya. Big League sendiri rencananya akan dibagi dalam dua grup besar, yakni Big East dan Big West.

Di pekan kelimanya, Sabtu (6/4) dan Minggu (7/4) kemarin, pelaksanaan IGL - FIFA 19 FUT (turut didukung 1011 Event) ini kembali meloloskan tiga pemain terbaik. Sehingga sampai saat ini sudah terkumpul 15 nama yang pastikan diri bertarung pada kompetisi utamanya nanti. Masih ada kesempatan bagi mereka yang gagal lolos dari pekan kualifikasi sebelumnya, ataupun para peserta baru untuk berburu slot Top Three Players di tiga online qualifier berikutnya!

Berdasarkan data yang dihimpun oleh VivaGoal, sebagai official media partner IGL - FIFA 19 FUT, tercatat lebih dari 1.000 peserta yang telah mendaftarkan diri pada ajang kompetisi gim konsol secara online terbesar di Indonesia ini, sejak akhir Februari lalu. Namun, pencapaian ini masih belum memuaskan bagi Stephen Clinton, selaku Wakil Ketua IGL, dan dirinya sampaikan target untuk tiga pekan kualifikasi yang tersisa.

"Dari lima online qualifier, grafik peserta memang masih turun-naik. Kami tak mempermasalahkan hal tersebut. Namun, positifnya kami sudah mendapatkan lebih dari 1.000 player yang mendaftar. Ini adalah langkah yang positif, tapi bukan saatnya untuk berpuas diri," tandas Stephen Clinton, dalam pernyataannya via VivaGoal. "Karena target awal penyaringan peserta pada gelaran ini adalah 2.000 player. Artinya, masih ada target yang harus segera direalisasikan secepatnya."

Bicara soal target yang dibebankan, masih penuturan dari Stephen, dia dan timnya tetap akan melakukan pola sama seperti pekan-pekan sebelumnya, yakni terus melakukan boosting konten melalui media sosial, terutama Instagram dan Facebook. Dua platform yang diyakini bisa memberikan engagement kepada followers. Selain itu, dari segi efektivitas, kedua platform ini memang terbilang cukup efektif dalam menjaring pemain potensial maupun top player untuk ikutan kualifikasi berikutnya.

Sebanyak 300 pemain bahkan tercatat mengikuti online qualifier pekan kelima, yang berarti ada peningkatan signifikan bila dibandingkan jumlah peserta pada pekan sebelumnya. Hal ini tentunya tidak lepas dari sudah kembalinya para player yang mengikuti kompetisi di luar negeri, serta rasa penasaran pemain-pemain gagal lolos dari kualifikasi sebelumnya. Belum lagi sejumlah peserta baru yang antusias untuk beradu kemampuan dengan sesama pemain FIFA 19 melalui ajang bergengsi ini.


"Karena FIFA 19 FUT merupakan gim sepakbola, saya pikir ada rasa penasaran bagi mereka yang kalah dan bermain lagi untuk meraih kemenangan. Hal itu, menurut saya, sebenarnya alamiah," pungkasnya lagi. "Lagipula, ajang ini juga menjadi wadah yang tepat untuk mengukur sejauh mana keberhasilan para player manfaatkan strategi dan pack player yang mereka miliki untuk di pertandingan melawan pemain lain."

Nah, penasaran mau tahu siapa tiga pemain yang lolos (Top Three Players) dari IGL - FIFA 19 FUT Online Qualifier, pekan kelima? Ini dia profil singkat dan sedikit detil pemain-pemainnya!

1. Muhammad 'Icanbutsky' Ikhsan

Nama: Muhammad 'Icanbutsky' Ikhsan
Asal: Jakarta
PSN ID: Icanbutsky2
Nama Tim: PGBRX BUTSKY

Setelah empat Minggu absen dari daftar kota yang masuk ke Big League, Jakarta akhirnya memiliki perwakilan dalam diri Icanbutsky. Tim miliknya, PGBRX BUTSKY berhasil lolos dari Online Qualifier dan berhak hadir di Liga sebagai perwakilan dari Ibukota. “Saya cukup senang bisa mewakili Jakarta ke Liga. Soalnya, ini adalah event terbesar FIFA yang pernah digelar di Indonesia. Lolosnya saya ke final merupakan hal yang cukup prestis sekali,” ujar Ikhsan.

Tim dengan nilai value 5.585.700 coin (Rp 8,4 Juta) ini, menerapkan strategi 4-3-3 dengan pola False Nine. Dipilihnya pola False Nine bukan tanpa sebab. Pasalnya, Butsky memang menerapkan fleksibilitas, terutama di lini depan. Sosok Ivan Perisic nantinya akan bahu-membahu dengan Clarence Seedorf untuk menggedor pertahanan lawan.

Sebagai penambah daya gedor, deretan pemain seperti Son Heung Min, Michael Ballack, dan Neymar jr dihadirkan untuk memberikan perbedaan pada lini serang. Benteng terakhir sebelum lini pertahanan diisi oleh Virgil Van Dijk, yang dikenal piawai dalam duel di udara maupun one-on-one. Menilik komposisi lini tengah Butsky, rasanya tak heran jika mereka cukup kompatibel dalam menggunakan pola attractive attacking football guna mengalahkan player lainnya.

Sementara di lini pertahanan, Butsky memiliki nama-nama top yang dipercaya mampu mengawal pertahanan dari serangan-serangan lawan. Alex Telles dan Kyle Walker ditempatkan pada pos fullback guna memberikan penetrasi tambahan dari kedua lini sayap. Sementara jantung pertahanan jadi milik Rio Ferdinand dan Eder Militao yang bertugas menjaga sterilnya gawang David De Gea dari gempuran lawan.

Meski memiliki komposisi yang lumayan baik, Icanbutsky mengaku tak memiliki waktu untuk berleha-leha menjelang Big League. Dia akan melakukan persiapan yang matang dan menambah jam terbang dengan melakukan latihan uji tanding ke player-player lainnya. Disinggung soal target, Icanbutskytak memasang target yang muluk. “Terpenting, tim saya bisa melaju sejauh mungkin di fase liga. Sisanya biar waktu saja yang menentukan,” pungkas Ican, yang juga merupakan seorang Pro Player game FIFA ini.

2. Mohammad Ega Rahamditya

Nama: Mohammad Ega Rahamditya
Asal: Jakarta
PSN ID: RRQEggsy
Nama Tim: RRQEggsy

Setelah Icanbutsky, Jakarta juga diwakili oleh Mohammad Ega Rahamditya a.k.a RRQEggsy, atau biasa dipanggil juga Eggsy. Perjalanannya di Online Qualifier FIFA 19 FUT ini boleh dibilang penuh lika-liku. Setelah empat Minggu harus merasakan pahitnya tereliminasi di fase gugur, Eggsy akhirnya memastikan lolos ke Big League.

“Rasanya cukup senang bisa lolos ke Big League. Ini merupakan pencapaian yang cukup baik. Soalnya IGL bikin turnamen FIFA terbesar se-Indonesia. Sebuah kehormatan juga buat saya bisa lolos,” ujar Eggsy, seorang pejara yang sekaligus Pro Player FIFA ini.

Meski lolos, Eggsy enggan jumawa. Dia mengaku masih memiliki berbagai kekurangan di timnya. Untuk itu, sama seperti Icanbutsky, memberikan jam terbang kepada tim dengan uji tanding bersama player lain menjadi agenda utama bagi dirinya.

Lolosnya Eggsy sendiri tak lepas dari komposisi pack player yang dia miliki. Kombinasi nyaris seimbang dari lini belakang hingga depan merupakan kuncinya. Di sektor paling belakang, dia memiliki David De Gea sebagai penjaga gerbang pertahanan terakhir. Sektor jantung pertahanan sendiri diisi oleh duet Rio Ferdinand dan David Luiz. Sementara sisi fullback, pemain dengan daya jelajah tinggi seperti Joao Cancelo dan Alex Telles siap diberikan tugas menambah penetrasi dari lini sayapnya.

Bergeser ke lini kedua, tim dengan nilai value 8.200.000 coin (Rp 12,3 Juta) ini, disesaki nama-nama beken seperti Cristiano Ronaldo, Michael Ballack, Partick Vieira, Ivan Perisic, Neymar jr hingga pemain yang dijuluki ‘Fifth Beatles’, George Best. Menilik komposisi lini keduanya, maka diprediksi RRQ memainkan pola False Nine.

Pasalnya di lini kedua ini, semua player bebas melakukan pergerakannya semaksimal mungkin. Terkait pola strategi, Eggsy lebih sering terlihat memainkan tiki-taka. Pola yang dipakai ini tak mengherankan mengingat komposisi pack player yang dimiliki Egsy cukup ideal untuk melakukan hal tersebut.

3. Rakel Ramadhan

Nama: Rakel Ramadhan
Asal: Sukabumi
PSN ID: aangqot
Nama Tim: CSIC FC

Sukabumi kembali menghadirkan nama anyar dalam gelaran FIFA 19 FUT Online Qualifier. CSIC asuhan Rakel Ramadhan berhasil menemani dua tim lainnya ke Big League. Kehadiran CSIC sendiri merupakan sebuah kejuatan. Pasalnya, tim ini memang bukanlah tim yang diunggulkan. Namun, mengutip pernyataan Stephen Clinton (Wakil Ketua IGL) bahwa semua tim yang berpartisipasi dalam FIFA 19 FUT Online Qualifier ini bisa memenangkan pertandingan. Ketangkasan dan kejelian dalam memainkan konsol merupakan kuncinya.

Rakel sendiri secara personal memang mengaku kesulitan untuk lolos ke Big League. “Lawan yang dihadapi (di babak kualifikasi) lumayan berat. Namun karena usaha dan strategi yang saya terapkan berhasil, akhirnya bisa lolos ke Liga. Senang sekali rasanya,” ujar Rakel, yang masih berstatus sebagai pelajar ini.

Meski lolos, dia mengaku sisi penyerangan dan pertahanannya masih jauh dari kata sempurna. Untuk itu, pola latihan dan uji tanding nampaknya layak menjadi agenda primernya sebelum liga dimulai nanti.

Terkait pack player yang digunakan, tim bernilai 1.297.000 coin (Rp 1,9 Juta) diisi oleh nama-nama top di lini depan seperti Richarlison, Kevin De Bruyne, dan Eden Hazard. Sementara lini tengah diseimbangkan melalui hadirnya N’Golo Kante, Roberto Firminho, dan Willian yang akan memberikan perbedaan saat lini serang terasa buntu.

Sementara di sektor pertahanan, nama David De Gea dipercaya untuk mengawal gawang CSIC. Uniknya, ketiga pemain yang lolos dari kualifikasi pekan kelima semua mempercayai posisi kiper kepada penjaga gawang Man United sebagai palang pintu terakhirnya. Kesigapan pemain muda asal Spanyol ini dalam menangkal serangan striker musuh menjadi kunci tebalnya pertahanan tim miliknya. Dari barisan pertahanan, nama seperti David Luiz dan Alessandro Nesta dipercaya menjadi duet tembok guna menjaga jantung pertahanan. Sementara sisi kiri dan kanan menjadi milik Van Aanholt dan Kyle Walker.

Apakah sobat esports sudah mendaftarkan diri untuk berkompetisi menjadi yang terbaik, serta kesempatan membawa pulang total hadiah senilai ratusan juta rupiah? Jika belum, langsung saja daftarkan tim kamu DI SINI. Informasi lebih lengkap, bisa menghubungi beberapa akun sosmed berikut; Instagram, Fanpage Indonesia Gaming League, Youtube, dan Twitter.