Esports.ID

Free Fire World Series Kalahkan DOTA 2 TI9 dari Segi Penonton!

Eric Soejatno
16/01/2020 15:46 WIB
Free Fire World Series Kalahkan DOTA 2 TI9 dari Segi Penonton!
Kepopuleran Free Fire Semakin Terbukti Dengan Menjadi Salah Satu Turnamen yang paling banyak dilihat di 2019

Perkembangan esports dunia semakin pesat di 2019. Kemudahannya untuk dinikmati berbagai kalangan dipicu oleh esports yang masuk ke pertangkat mobile, dimana dari sisi keuangan lebih murah dibandingkan gim di PC atau konsol.

Kepopuleran esports mobile juga semakin terlihat di 2019 dengan terselanggaranya Free Fire World Series Rio dan pencapaiannya sebagai salah satu turnamen esports yang berhasil mengumpulkan penonton online terbanyak di 2019.

Hasil tersebut didapatkan dari catatan Esports Chart yang mengumpulkan data dari turnamen-turnamen esports  sepanjang 2019. Namun, ini tidak termasuk data jumlah penonton dari platform streaming Tiongkok yah. 

Sumber: Esports Charts

Free Fire World Series Rio bahkan mengalahkan jumlah penonton dari turnamen-turnamen esports populer dunia seperti Fortnite World Cup Finals, 2019 LoL World Championship, bahkan The International 2019.

Dari segi minat individu, FFWS memiliki rata-rata 1,2 juta penonton, berbanding tipis dengan Fortnite World Cup di angka 1,1, juta dan disusul oleh LOL World Championship pada 1 juta. Angka ketiga gim tersebut berbeda cukup jauh dengan raihan T1 yang hanya memiliki 726 ribu penonton. Sementara itu, kompetisi Free Fire lainnya, FFWC juga masuk ke daftar tersebut dan ditonton oleh 643 ribu orang.

Sementara untuk masalah puncak penonton atau peak viewership, Free Fire World Series 2019 dan T19 memiliki selesih tipis yakni 2 juta pentonton berbanding 1,9 juta. Raihan tertinggi untuk peak viewership di tahun 2019 masih dipegang oleh LOL Worlds 2019 dengan total 3,9 juta.

Corinthians saat menjuarai Free Fire World Series Rio

Hal ini wajar mengingat FFWS hanya diadakan 1 hari saja, dibandingkan dengan Worlds 2019 yang berlangsung selama sebulan dan diselenggarakan di 3 negara di Eropa yakni Spanyol, Jerman, dan Prancis.

Free Fire World Series juga mencatat jumlah durasi pentonton yang mencapai 137 jam, mengalahkan T19 yang memiliki total 88 juta jam.

Memasuki 2020, menarik untuk dilihat perkembangan scene Free Fire dunia. Terutama Indonesia, dimana hampir setiap tim esportsnya memilik divisi Free Fire dengan prestasi yang membanggakan. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports?