PT. Adidaya - Taiwan Excellence

Operation Cutcord, Free Fire Anti Cheat Team Blokir 3,8 Juta Akun

Rendy Lim
03/06/2020 11:18 WIB
Operation Cutcord, Free Fire Anti Cheat Team Blokir 3,8 Juta Akun
Sobat Esports jangan sekali-kali coba untuk pakai cheat yah!

Garena, developer dibalik game battle royale Free Fire Battlegrounds baru-baru ini mengambil langkah ekstrim untuk memberantas pengguna cheat. Peningkatan pengguna cheat dan hack belakangan ini, ditambah kasus pro player yang kedapatan memakai cara curang saat turnamen membuat tim anti-hack Garena menjalankan Operation Cutcord. 

Sejak update patch terbaru pada tanggal 8 April silam, sistem anti-hack Garena menunjukkan peningkatan drastis yang juga seimbang dengan laporan customer service data tentang akun yang disinyalir menggunakan cheat. 

Dari laporan para pemain, Garena telah memblokir lebih dari 700.000 akun Free Fire untuk menjaga keseimbangan permainan. Namun hal ini dirasa tidak cukup dan Garena menghadirkan Operation Cutcord

Melalui operasi ini, Garena mencari celah yang digunakan oleh para hacker untuk melakukan kecurangan, bahkan beberapa diantaranya jarang terlihat atau terdeteksi oleh pemain lain. Cara ini berhasil membuat Garena mengumpulkan berbagai kemungkinan eksploitasi dan langsung mengatasinya. 

Fase pertama dari operasi ini langsung membersihkan 3.8 juta akun cheater yang melakukan modifikasi client serta third-party program saat memainkan Free Fire. Garena juga menambahkan proteksi untuk mencegah para hacker/cheater ini membuat akun baru. 

Garena Free Fire berkomitmen untuk terus mengembangkan sistem anti-hack mereka agar bisa mendeteksi cheat terbaru dengan lebih cepat. Free Fire tidak mentoleransi pemain yang menggunakan cheat dan akan langsung memblokirnya. Oleh karena itu, Garena mengajak pemain lainnya untuk tidak segan melaporkan akun yang dicurigai menggunakan cheat. 

Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, ingat jangan sekali-kali coba menggunakan cheat di game apapun yah!