Esports.ID

Akui Kesalahan, Pemain 'Jungler' Kt Rolster Kena Kasus

Rendy Lim
06/02/2018 14:32 WIB
Akui Kesalahan, Pemain 'Jungler' Kt Rolster Kena Kasus
Google Images

Riot Games sampaikan pengumuman resmi terkait hukuman denda yang diberikan kepada Cho 'Mata' Se-hyeong, melalui situs League of Legends Korea, Senin (5/2) kemarin, karena anggota kt Rolster yang berposisi support ini dianggap secara jelas telah melanggar aturan.

Alasannya, pada tanggal 26 Januari, Mata disinyalir telah bermain menggunakan akun milik orang lain. Menurut aturan yang berlaku, akun miliknya akan di-banned selama 30 hari, serta menerima hukuman lain yang sejauh ini masih dipertimbangkan oleh dewan komisi dari LCK, sembari menunggu investigasi lebih lanjut.

Berdasarkan Esports Global Penalty Index, bermain menggunakan akun milik orang lain adalah perbuatan yang dilarang. Dalam aturan tertulis bahwa penggunaan akun yang bukan miliknya untuk mendapatkan keuntungan pribadi dapat dijatuhi hukuman ban dari semua kompetisi, hingga maksimal 20 bulan lamanya. Namun, hasil investigasi sementara dari komisi LCK, tidak ditemukan bukti konkrit atas klaim bahwa Mata menggunakan akun tersebut untuk keuntungannya sendiri.

Mata sendiri menyampaikan penyesalan mendalam, yang membuatnya hanya menerima hukuman minimal, yakni berupa denda uang sebesar 500.000 Korean Won (atau sekitar US$458) serta kewajiban menjalani community service selama 25 jam, tanpa ada hukuman di kompetisi pro.

Sebelumnya, kasus seperti ini pernah terjadi pada tahun 2015, saat Kim ‘Trick’ Gang-yun dari CJ Entus (saat ini membela bbq Olivers, sebagai jungler) terkena hukuman karena bermain untuk membantu akun lain naik rank dengan denda sebesar 1,2 juta Korean Won (kurang lebih US$1.100), larangan main untuk 12 game, dan 60 jam community service.

Dirinya juga meminta maaf via akun Facebook-nya, menjelaskan alasan, dan menyesali perbuatan yang dia lakukan. “Aku telah membuat akun tersebut dalam waktu yang cukup lama menggunakan informasi pribadi dari ibuku," tutur Mata, dalam pernyataan maaf yang disampaikan via akun Facebook-nya. "Aku terus gunakan tanpa sadar kalau itu bukanlah akun milikku. Hukuman yang diberikan adalah karena ketidaktelitian diriku sendiri, dan oleh karena itu aku siap menerima segala hukuman yang diberikan”.

Sip! Sportif banget yah tindakan yang dilakukan oleh Mata, bukan begitu sobat eSports.ID? Berani berbuat, maka harus pula berani tanggung jawab. Dua jempol buat player kt Rolster ini, dan tetap semangat dalam Spring Split LCK 2018!