Esports.ID

Wang Sicong, Si Owner IG yang 'Main' di Timnya Sendiri

Rendy Lim
21/08/2018 14:01 WIB
Wang Sicong, Si Owner IG yang 'Main' di Timnya Sendiri
Wang Sicong

Sebelum kita membahas kejadian ini, coba kamu jawab dulu deh, boleh tidak seorang owner atau pemilik team eSports bermain di timnya saat turnamen? Pasti banyak jawabannya akan beragam. Tapi kira-kira apa yang terjadi kalau hal demikian benar-benar terjadi? 

Kenalan dulu dengan Wang Sicong, seorang investor di Cina, sekaligus founder dari Puss Capital, serta pemilik dari organisasi eSports IG. Orang tuanya, Wang Jianlin adalah salah satu orang terkaya di Cina, owner Wanda Group yang juga menaungi AMC dan Legendary Entertainment

Pada tanggal 16 Agustus kemarin, Wang mengumumkan bahwa dirinya telah mendaftar sebagai pemain di LPL dan akan bertanding. Hal tersebut dibuktikannya pada tanggal 19 Agustus kemarin, minggu ke-9 LPL Summer, tepatnya saat pertandingan antara IG melawan VG. Bermain sebagai posisi AD, Wang Sicong tidak hanya menjadi player tertua yang ikut serta di LPL namun juga berhasil meraih kemenangan di pertandingan debutnya. 

Sayangnya, Wang memutuskan untuk tidak ikut bermain lagi di game kedua dan IG berhasil memenangkan match tersebut dengan skor 2-0. 

Dedikasi Wang terhadap dunia eSports memang cukup tinggi, terbukti sejak dirinya membeli tim IG di tahun 2011 silam, Wang memang mengutarakan mimpinya menjadi seorang pro player. Namun meski bermain dengan tidak terlalu buruk, tampaknya ada langkah yang salah untuk memulai debut di turnamen laga besar seperti LPL. 

Tidak sedikit yang menyindir kelakuan Wang yang bisa bermain di LPL regular season hanya karena dia adalah pemilik tim. Tampaknya dengan kemunculan Wang menunjukkan bahwa uang lebih penting dari pada skill yang seharusnya menjadi faktor utama penentu pro player. Jika memang dirinya ingin bermain sebagai pro player bukankah seharusnya tidak memanfaatkan posisi dan kekayaannya? Atau setidaknya tetap melakukan latihan yang intensif terlebih dahulu bersama timnya? 

Tapi setujukah kamu sobat eSports kalau ada nilai-nilai dalam kehidupan di dunia ini yang tidak bisa langsung dibeli dan didapatkan hanya dengan uang? Menghargai perjuangan seseorang, kompetisi yang adil, serta sikap sportif dalam hidup tentu adalah hal yang penting. Kerja keras, penghargaan, serta semangat kompetitif dari para pro player eSports harus ditanggapi dengan serius layaknya olahraga lainnya. Harusnya kejadian seperti ini tidak lagi terjadi di scene eSports manapun yah sobat eSports!