Esports.ID

Hanya Tersisa Tiga Region di Quarterfinals LOL Worlds 2019

Rendy Lim
21/10/2019 14:43 WIB
Hanya Tersisa Tiga Region di Quarterfinals LOL Worlds 2019
Dari tiga belas region yang berpartisipasi dalam LOL Worlds 2019, babak quarterfinals hanya menyisahkan tiga region!

Babak group stage untuk League of Legends World Championship 2019 telah berakhir setelah pertarungan sengit yang berlangsung selama beberapa pekan. Dari 16 tim di babak ini, hanya delapan tim yang lolos ke quarterfinals, serta menyisahkan tiga region tersisa yakni LPL, LCK, dan LEC dari 13 region yang menjadi representasi di Worlds tahun ini. 

Sebelum memulai babak quarterfinals, kedelapan tim ini akan dipasangkan dengan penetapan first seed dari satu grup akan berhadapan dengan second seed dari grup yang lain. Masing-masing match akan menggunakan format BO5 dan pemenangnya melaju ke babak semifinal. 

Sekilas, mayoritas match di babak quarterfinals ini tampak berat sebelah, namun kalau diteliti tim-tim yang lolos bukan hanya bermodal keberuntungan semata. Mulai dari pasangan Griffin melawan IG, salah satu perwakilan LCK ini memang mengalami perkembangan yang cukup pesat meski pasca kehilangan coachnya. Griffin berhasil mengalahkan G2 Esports dua kali di babak group stage dan menjadikannya first seed dari Grup A. 

Sementara itu, IG yang merupakan jawara Worlds 2018 tampak cukup sulit mengamankan posisinya kembali tahun ini. Untungnya, keberhasilan mereka menaklukkan Team Liquid dan ahq e-Sports Club di group stage membawa mereka lolos ke quarterfinals, meski harus mengalami kekalahan dengan tim LCK lainnya yakni Damwon Gaming

G2 Esports merupakan salah satu tim terbaik Eropa yang diunggulkan dalam Worlds tahun ini. Kesulitan yang mereka hadapi saat melawan Griffin di group stage untungnya tidak akan dialami dalam waktu dekat berkat pasangannya di quarterfinals adalah Damwon Gaming. Mengawali Worlds dari babak play-ins, Damwon memang memberikan kejutan dengan mengalahkan Team Liquid dan IG dibabak group stage. Apakah ini pertanda baik bagi region LCK?

FunPlus Phoenix sebagai juara LPL Summer merupakan tim terkuat di China saat ini, namun performanya di group stage melawan J Team dan Splyce cukup membuat mereka terdesak. Sementara Fnatic yang harus satu grup bersama SKT dan RNG berhasil mengeluarkan perfoma memukau, membuat Uzi dkk harus pulang awal di Worlds tahun ini. 

Terakhir, Splyce sepertinya dipasangkan dengan lawan yang sangat berbeda levelnya di quarterfinals yakni first seed LCK, SK Telecom T1. SKT memang absen pada worlds tahun lalu, namun berhasil menjuarai LCK Spring dan Summer playoff tahun ini, setelah merubah gaya permainan mereka menjadi lebih agresif. 

Match pertama untuk quarterfinals akan dimulai pada tanggal 26 Oktober 2019 dengan pertandingan antara Griffin vs IG dilanjutkan dengan FPX vs Fnatic, serta dilanjutkan keesokan harinya untuk match SKT vs Splyce dan Damwon Gaming vs G2 Esports. 

Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, siapa yang akan mengangkat trofi Summoners Rift tahun ini?