PT. Adidaya - Taiwan Excellence

Final Sengit LOL Worlds 2020 Bawa Damwon Jadi Juara Dunia!

faizalkamill
02/11/2020 12:06 WIB
Final Sengit LOL Worlds 2020 Bawa Damwon Jadi Juara Dunia!
Damwon Gaming di Worlds 2020

Gelaran terbesar League of Legends, LoL World Championship, tahun ini resmi selesai. Turnamen yang digelar selama kurang lebih 1 bulan lamanya berhasil menemukan jawaranya. Juara baru kali ini berasal dari region dengan jumlah trofi Worlds terbanyak yaitu LCK. Damwon Gaming, juara baru yang berhasil merebut kembali trofi Summoner’s Cup ke tanah Korea.

Damwon Gaming unggul dari tim LPL, Suning, lewat seri best of five yang sangat sengit. Baik Suning dan Damwon, mereka merupakan tim yang relatif baru dibandingkan tim-tim veteran di kompetisi ini. Damwon berhasil menang lewat permainan yang apik. Di pertandingan-pertandingan yang mereka menangkan, Damwon selalu mengontrol pergerakan lawan tanpa harus melewati pertarungan yang tak berarti. Kemampuan mereka untuk bermain sebagai sebuah tim berhasil memberikan mereka trofi paling bergengsi di League of Legends, Summoner’s Cup.

Indonesia Gaming Award

Damwon Gaming/LoL Esports

Dari laga pertama sampai ketiga, pertandingan relatif berimbang dan kedua tim. Mereka saling jual beli serangan dalam pertarungan-pertarungan yang menegangkan. Damwon berhasil memenangkan game pertama dan ketiga yang meskipun mereka sempat tertinggal, tetapi berkat rotasi dan pergerakan yang baik, tim ini berhasil menghukum balik musuhnya.

LoL Esports

Suning berhasil mendapatkan poin di game kedua dan Bin, top lanernya, mengamankan pentakill menggunakan champion Fiora. Pentakill ini merupakan yang pertama sepanjang sejarah Worlds Finals. Suning sebenarnya mempunyai kesempatan yang sama untuk memenangkan pertandingan di beberapa teamfight,  namun mereka tidak berhasil memanfaatkannya dengan baik. Bin dan SofM menjadi pemain penting di seri ini bagi Suning.

Game keempat adalah satu-satunya game yang tidak berimbang. Damwon sudah menang sejak awal dan mereka tidak memberi ruang kepada Suning untuk melawan dan game bisa diakhiri dengan cukup cepat.

LoL Esports

Game berakhir dengan kekecewaan bagi Suning di depan para penonton setia mereka di stadion Pudong Shanghai, Tiongkok. Meskipun harus kalah di tanah sendiri, Suning perlu bangga bahwa mereka telah menembus banyak batasan, mengalahkan tim-tim top dunia dan melaju ke babak final. Tim yang pada LPL Spring kemarin berada di posisi 11 ini sekarang telah menjelma menjadi salah satu tim elite dunia yang keberadaannya wajib diperhatikan.

LoL Esports

Di sisi lain, Damwon Gaming telah mengembalikan kejayaan LCK di event internasional. Tim yang tahun lalu hanya mencapai babak quarterfinal ini membuktikan diri mereka sekali lagi layak untuk trofi ini. LCK terakhir kali menjuarai Worlds pada tahun 2017. Tim-tim region ini mulai sepi gelar di kancah internasional setelah saat itu. Damwon Gaming menyampaikan betapa bangganya mereka untuk membawa trofi ini kembali ke Korea dan juga berencana untuk mempertahankannya di Worlds tahun depan.

FPX Skin 2019

Setelah acara Worlds selesai, momen yang ditunggu-tunggu oleh komunitas adalah champion apa saja yang akan dipilih oleh para pemain Damwon untuk skin eksklusif mereka. Skin ini biasanya akan diumumkan di awal tahun. Setiap skin eksklusif Worlds selalu saja memiliki keunikan berdasarkan tim yang memenangkan Worlds di tahun itu. Sebut saja FPX, juara Worlds 2019, mereka membuat skin eksklusif bertema ‘ala-ala’ Power Rangers dengan champion-champion pilihan mereka. Skinnya tampak keren dengan nuansa Power Rangers yang kental. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, kira-kira champion apa saja yang nanti mereka pilih?