[GUIDE] Hayabusa, Lenyapkan Musuh dengan Bayangan!

Billy
21/03/2018 15:55 WIB
[GUIDE] Hayabusa, Lenyapkan Musuh dengan Bayangan!
Esports.ID

Tertarik menggunakan hero assassin yang dapat dikategorikan dalam kelas SANGAT BERBAHAYA dalam duel 1v1? Coba mainkan sosok Ninja bernama Hayabusa di Mobile Legends yang mampu gunakan skill bayangan untuk lenyapkan musuh dalam sekejap!

Namun perlu diketahui bahwa memainkan hero ini tidaklah semudah yang kamu bayangkan! Nah, artikel panduan ini akan membantu kamu agar lebih memahami gaya permainan, pilihan item ideal, serta build talent potensial demi mengejar kejayaan di Mobile Legends!

HAYABUSA termasuk hero tipe assassin dengan damage burst terbesar di Mobile Legends! Skill ultimate-nya mampu bunuh satu hero secara kilat dalam skenario pertarungan satu lawan satu! Berbekal kemampuannya itu, Hayabusa menjadi pilihan yang bagus di tiap pertempuran!

GUIDE

Langkah pertama dalam memakai Hayabusa adalah mengetahui apa saja yang cocok guna menunjang style permainan sang ninja dalam medan pertempuran! Dimulai dari memahami Emblem, Battle Spell, serta Build Set-nya!

EMBLEM SET

1. Physical(emblem paling dasar dari faktor penunjang hero di Mobile Legends)

Biasanya, emblem ini digunakan oleh beginner yang masih belum memiliki set lainnya, atau masih level rendah, seperti Assassin, Marksman, ataupun Fighter! Tetapi, oleh karena itu juga emblem physical sering kali miliki level lebih tinggi dari emblem lainnya.

Maka penggunaan emblem ini sangatlah fleksibel untuk digunakan oleh semua hero termasuk Hayabusa yang miliki kapasitas seimbang.

2. Assassin

Emblem wajib bagi Hayabusa agar potensinya sebagai pembunuh mematikan kian optimal! Emblem Assassin tawarkan spesialisasi talent, yaitu ‘Bounty Hunter’, yang mana bila kamu berhasil membunuh musuh maka akan menambahkan Gold sebanyak 125 (Max 1250).

Mengapa efek itu penting? Karena Hayabusa adalah salah satu tipikal hero offlaner/solo yang membutuhkan level dan gold yang tinggi di awal pertempuran!

Walau begitu. emblem Assassin masih memiliki beberapa talent lain sesuai talent yang kamu ingin tingkatkan atau gunakan untuk hero Hayabusa milikmu!

3. Jungle

Karena kebutuhannya akan farming exp dan gold secara cepat di awal permainan, maka emblem Jungle ini bisa sangat berguna bagi Hayabusa. Manfaatkan talent ‘Veteran Hunter’ yang berguna menambahkan 40 Extra Gold, maka Hayabusa akan bisa lebih cepat unggul dengan kumpulkan itemisasi dibanding hero assassin lawan.

BATTLE SPELL

1. Retribution

Ini merupakan battle spell wajib untuk para Assassin, termasuk Hayabusa! Karena hero ini membutuhkan farming yang efisien, maka Retribution bisa membantu kamu bunuh hero jungle lebih cepat dan mudah!

2. Stun / Petrify

Stun juga sangat cocok untuk digunakan oleh Hayabusa! Spell ini dapat digunakan untuk mencegah damage atau keunggulan skill lawan ketika berhadapan 1v1, sekaligus perlindungan diri terhadap serangan musuh!

BUILD SET

Pilihan set item di bawah ini tidak mutlak untuk kamu ikuti, namun setidaknya akan memberikan garis besar alur itemisasi yang bisa optimalkan dengan gaya permainan Hayabusa milikmu!

1. Nimble Blade / Raptor Machete (jungle item)

Seperti biasanya, untuk hero yang membutuhkan Leveling dan Gold secara cepat, kamu membutuhkan item Jungle yang satu ini.

Dengan menggunakan Nimble Blade / Raptor Machete, akan lebih memudahkan Hayabusa untuk membunuh Monster Jungle, ataupun musnahkan Turtle/Lord, sembari memperoleh extra + level agar lebih unggul di medan pertempuran!

Namun, item jungle ini tidak harus dipakai sampai Late Game, karena item ini hanya berguna untuk membantu cari Exp dan Gold saat Early Game saja. Setelah kebutuhan item lainnya menjadi prioritas, maka kamu pun bisa menjualnya.

2. Magic Shoes

Magic Shoes ini sesuai untuk Hayabusa agar dapat melakukan Spam Skill tanpa harus menunggu Cooldown yang lama! Keunggulan Magic Shoes dapat menambahkan +40 Movement Spd dan +10% CD Reduction! Berarti akan mengurangi waktu Skill Cooldown jadi lebih cepat untuk digunakan.

3. Bloodlust Axe

Item Lifesteal paling wajib untuk Hayabusa!

Karena ketergantungan Hayabusa yang sepenuhnya memanfaatkan skill untuk membunuh, maka Bloodlust Axe sesuai karena menambahkan +20% Spell Vamp serta +70 Physical Attack. Perbedaannya dari item Lifesteal lainnya adalah item ini hanya akan berfungsi bila kita menggunakan Skill. Selain itu, item ini juga mengurangi skill Cooldown sebanyak 10%, yang memungkinkan Hayabusa mampu keluarkan segala ability lebih rutin.

Skill Passive-nya yang akan menambahkan HP apabila telah lancarkan Ability Damage di target sama sebanyak 4x, maka semakin dikit HP Hayabusa lebih banyak darah yang akan bertambah berkat item satu ini.

4. Hunter Strike

Selanjutnya adalah Hunter Strike! Item ini berguna untuk menambah kerusakan dari Hayabusa di medan perang. Keunikannya adalah efek pasif yang berfungsi untuk menambah Movement Speed sebanyak 30% dalam jangka waktu 2 detik setelah menyerang musuh, sebanyak 5x berturut turut.

Dan juga item build ini menambahkan +10% CD Reduction! Plus item sebelumnya maka Hayabusa menghemat 30% durasi cooldown dari semua skill-nya.

5. Berserker’s Fury

Supaya kerusakan yang ditimbulkannya makin pedih dan efektif, kamu membutuhkan item Critical ini. Berserker’s Fury, sangat krusial bagi Hayabusa karena item ini meningkatkan potensi membunuh lawan 1vs1 lebih cepat!

Item ini memberi +65 Physical ATK serta +25% Crit Chance yang pastinya bikin serangan Hayabusa semakin sakit lagi! Tidak hanya itu, keunikan dari item ini juga menambahkan +40% Crit Damage serta tambahkan Physical Attack sebanyak 5%.

6. Rose Gold Meteor

Item ini cukup lazim digunakan oleh beberapa hero yang ada di Mobile Legends, termasuk Hayabusa. Rose Gold Meteor ini dapat menghasilkan shield yang bisa menyerap 510-1350 Damage apabila darahnya kritis! Item ini juga menambahkan +60 Physical ATK, +30 Magic Resistance, serta +5% Lifesteal yang memungkinkan Hayabusa hidup lebih lama dalam pertarungan.

7. Blade of Despair

Item termahal ini sangat cocok sekali untuk Hayabusa agar meraih Instant Kill! Menambahkan +170 Physical Attack dan +10% Attack Speed, serangannya bakal secepat kilat.

Blade of Despair juga mempunyai Unique yang mengerikan yakni timbulkan 10% Extra Damage kepada musuh, dan memberikan status yang tidak normal, seperti Stunned, Knocked, Airborne, Transformed, bahkan Disabled!

Bila ingin membeli Item ini, sebaiknya lakukan di saat terakhir (late game)! Pilihannya, kamu dapat gantikan item Nimble Blade / Raptor Machete menjadi Blade of Despair.

PANDUAN BERMAIN

1. Memilih Lane untuk Hayabusa

Sebelum farming di lane, pastikan pertama kali ambil buff karena fase ini sangat penting bagi Hayabusa yang butuh banyak spam skill 1 untuk memudahkan last hit minion.

Saat kamu menggunakan Hayabusa, pilihlah lane yang berlawanan dengan spawn turtle di awal, agar hindari Gank dari hero lawan sebelum killing turtle.

Saat fase laning, bagi pemula jangan pernah coba-coba harras hero lawan secara berlebihan, karena malah bisa buat kita terbunuh. Melakukan harras lalu terkena serangan balik lawan juga cukup merugikan karena kita perlu bertahan di lane selama mungkin agar tak tertinggal gold dan exp.

Item pertama pastikan membuat Nimble Blade dan upgrade ke Raptor Machete (hanya perlu sampai level 2). Lalu beli sepatu dan item seterusnya seperti panduan di atas.

Perhatikan juga beberapa counter berbahaya dari Hayabusa seperti Nana dan Saber, karena hero tersebut bisa mengunci kegesitan dari si Ninja Bayangan.

2. Melakukan Kill di Early Game

Pastikan tower kamu aman dari rush hero lawan, dan pahami timing kedatangan minion agar bisa perhitungkan kesempatan melakukan gank. Atau hancurkan tower lawan terlebih dulu sebelum melakukan gank agar lebih leluasa menginvasi hutan lawan.

Cek hero midlane lawan atau pilih target prioritas seperti marksman ataupun mage yang lemah. Pastikan posisi level dan gold tim kamu seimbang atau lebih tinggi dari hero target, karena beri peluang membunuh mereka jadi lebih besar seperti itu (jangan lakukan gank saat gold/level kamu jauh di bawah hero midlane lawan).

Menunggu bantuan dari rekan saat laning juga lebih baik dibandingkan kamu inisiatif gank, karena tidak banyak membuang waktu bergerak mondar-mandir.

3. Penggunaan Skill (bila lawan lebih dari satu)

a. Hard timing

Karena adanya keterbatasan durasi skill 2, maka pastikan bayangan kamu mengenai hero lawan (skill 2) saat gank atau harass hero lawan (skill 2). Lalu tekan sekali lagi untuk berpindah langsung ke hero lawan, maka inilah momen saat skill 1 dari Hayabusa, yakni Shuriken, akan membuat lawan merem-melek.

Jika memungkinkan untuk kill, gunakan skill 3, atau kembali ke belakang dengan skill 2 bila ragu.

b. Easy timing / safe mode

Sama seperti cara di atas, tetapi saat bayangan mengenai hero lawan langsung pindah untuk melakukan ulti (skill 3). Cara ini lebih mudah, tapi kurang efisien dalam penggunaan skill 1, karena kita tidak bisa prediksi posisi slash terakhir Hayabusa akan ada di posisi mana.

 Itulah garis besar panduan bermain Hayabusa di Mobile Legends dari Esports.ID, selamat mencoba!