Smartfren

Kerap Diremehkan! Ini Potensi Sejati Clint, Si MM Ahli Kombinasi

Billy
09/10/2018 12:30 WIB
Kerap Diremehkan! Ini Potensi Sejati Clint, Si MM Ahli Kombinasi
Mobile Legends

Dengan kembalinya meta marksman, tren hero penembak jarak jauh jadi sosok wajib dalam tiap line up Mobile Legends. Dengan beberapa nama baru MM yang muncul seperti Claude maupun Hanabi, pemain ML punya banyak alternatif untuk memilih MM favoritnya.

Tapi ada satu MM yang kerap terpinggirkan, yakni Clint Si Pengelana Liar dengan gaya koboi. Marksman satu ini cukup unik karena skill pasifnya Quick Draw  mengharuskan pemain Clint bermain seefektif mungkin dalam mengkombinasikan basic attack dan spell.

GAYA BERMAIN

Quick Draw, berdasarkan deskripsinya memberikan Clint kemampuan untuk mempenetrasi satu garis target, dan menambah damage yang dikeluarkan dalam efek Quick Draw sebesar 120% dari normal damagenya. Syarat mengaktifkan efek pasif ini hanya dengan menggunakan skill.

Skill dari Clint cenderung miliki cooldown rendah yang berarti tanpa perlu menunggu lama bisa aktifkan lagi efek dari Quick Draw. Apalagi skill ulitmate-nya Howitzer yang tidak menggunakan cooldown melainkan seperti amunisi yang bisa di simpan / gunakan sebanyak lima kali.

Jadi agar dapat memaksimalkan efek dari pasifnya, pemain Clint harus bergantian antara melepas skill- menembak biasa- melepas skill kembali dan menembak lagi untuk mendapatkan kerusakan maksimal dari Quick Draw.

SARAN BUILD

Layaknya Marksman pada umumnya, Clint akan optimal bila membuat itemisasi yang fokus pada attack speed dan damage. Jadi item critical seperti Berserker's Fury dan Windtalker yang memberikan attack speed plus kerusakan tinggi sangat dibutuhkan Clint agar sakit maksimal!

Sementara itu, pemilihan sepatu bisa kamu kondisikan sesuai gaya bermainmu. Bila ingin fokus attack speed, maka buatlah Swift Boots, namun keharusan untuk konstan mengeluarkan jurus bisa saja menghabiskan mana secara cepat, apalagi  Clint bukanlah sosok hero support atau mage yang memiliki kolam mana yang besar. Jadi kamu masih bisa mengakalinya dengan pilihan membuat Demon Shoes yang meregenerasi mana bila kamu membunuh hero ataupun minion.

Jangan lupa item lifesteal guna meningkatkan kemampuan farm dan survivabilitas dari Clint. Satu Endless Battle sudah cukup untuk memperkuat Clint. Itemisasi selanjutnya bisa dipertimbangkan dulu apakah ingin bermain objektif, menghancurkan turret secara cepat, atau memprioritaskan sebagai penghasil kerusakan terbesar.

Bila bermain turret, belilah Malefic Roar agar bisa meruntuhkan bangunan lawan lebih cepat. Namun bila harus menghabisi musuh terutama tanker lawan, gunakan Demon Hunter Sword untuk membuat hero tank lawan menjadi kapas.

Tambahan item terakhir bisa juga kamu modifikasikan sesuai situasi. Scarlet Phantom akan meningkatkan critical dan attack speed secara bersamaan. Pilih Blade of Despair untuk menjadi kekuatan tak terhentikan.  Bila posisimu terdesak atau kerap jadi incaran assasin usil, tak ada salahnya membeli Immortality untuk pertahanan.

PERLU DIINGAT!!!

Meski Clint bisa melarikan diri dengan skill dua, Heel Rope, namun hati-hati karena Clint cukup lemah bila terkena serangan lawan seperti assasin semacam Karina atau Natalia, bahkan Saber. Sebaiknya simpan skill kaburmu untu melarikan diri saat lawan masih memiliki lima pemain yang hidup. Hanya pergunakan skill dua untuk menyerang bila sekurang-kurangnya tiga lawan mengalami kematian, atau kamu bisa memastikan mendapat kill bila mengeluarkan Heel Rope.

Karena Clint tidak memiliki banyak disable dan hanya beberapa stun, damage dari spell-nya pun tak seberapa besar serta lebih mengutamakan kerusakan damage fisik. Kamu harus bisa mengkombinasikan waktu terbaik untuk melepas skill dan menyerang normal.

Pemilihan Battle Spell juga cukup krusial untuk Clint. Di tingkat pemain tier tinggi, orang cenderung memilih Flicker untuk fleksibilitas bertahan maupun menyerang, meskipun Purify cukup baik untuk menyelamatkan Clint di saat genting, bahkan mampu memutarbalikkan keadaan.

Itu dia guide dan tips bagi kamu penyuka marksman Clint. Jangan sungkan untuk berbagi pengalamanmu saat bermain Clint di Mobile Legends: Bang Bang, dan tipe Clint seperti apa yang jadi kesukaanmu?