First Warriors

Di Ultah ke-7, AirNav Indonesia Helat Kompetisi MLBB

Billy
11/09/2019 17:17 WIB
Di Ultah ke-7, AirNav Indonesia Helat Kompetisi MLBB
Esports.ID

Rutinitas harian di markas AirNav Indonesia sedikit berbeda jelang perayaan ulang tahun mereka yang ke-7. Tak cuma bertugas mengawasi navigasi atau lalu lintas udara seperti biasanya. Khusus kemarin (10/9), ada perlombaan yang dibuat dalam rangka merayakan hari jadi perusahaan BUMN yang jatuh pada tangga 13 September mendatang.

Kalau biasanya olahraga konvensional dipilih sebagai sarana hiburan dan pendekatan sosial antar pegawai, maka tahun ini ada cabor baru di kalangan pegawai AirNav Indonesia yakni, turnamen Mobile Legends.


Suasana Pertandingan AirNav Mobile Legends Competition

AirNav Mobile Legends Competition 2019 disambut antusias oleh para karyawan yang 70% merupakan generation Y atau milenial. Sayangnya, perhelatan pertama turnamen ini dibatasi hanya untuk 12 tim, atau 60 orang. Slot peserta tersebut langsung terisi penuh oleh divisi AirNav yang berasal dari berbagai cabang di sekitar Jakarta, mencakup cabang Halim, Soekarno Hatta, Curug, dan Kantor Pusat.

Ferry Maulana, selaku External Relations Officer, juga salah satu panitia penyelenggara turnamen Mobile Legends di AirNav menjelaskan bahwa pengadaan acara ini merupakan hasil diskusi dari sejumlah karyawan dan berbuah keputusan turnamen Mobile Legends. Selain itu, sesuai dengan instruksi dari Presiden Jokowi bahwa esports masuk ke dalam bagian industri kreatif yang patut untuk dikembangkan.

Apalagi sebelumnya telah digelar turnamen antar BUMN, bulan Desember 2018, di mana AirNav juga berpartisipasi pada ajang tersebut. Tambahnya, esports juga mendapat pengakuan yang cukup dengan kehadirannya di Asian Games, lalu dijadwalkan untuk tampil kembali di SEA Games 2019 mendatang, sehingga layak untuk direalisasikan ke dalam salah satu acara ultah AirNav Indonesia.



Pak Hendroyono Hadir Memberikan Hadiah dan Trofi Kepada Juara

Maka dibuatlah satu pilot project untuk menambah meriah ulang tahun AirNav dengan mewadahi gairah para pekerja yang punya hobi berkompetisi gim atau esports. Meski awalnya para direksi AirNav kebingungan dengan maksud dari pengajuan acara ini, namun mereka tetap positif untuk datang dan mengirimkan jajaran pimpinan guna meresmikan jalannya turnamen tersebut, di antaranya:

- Direktur Keuangan AirNav Indonesia, Hendroyono

- Direktur Keselamatan, Keamanan dan Strandardisasi AirNav Indonesia Yurlis Hasibuan,

- Manager Masyarakat AirNav Indonesia, Yohanes Harry Douglas dan,

- Manager CSR AirNav Indonesia Hermawansyah

Dalam sambutannya, Pak Hendroyono menyemangati peserta sebelum bertanding. "Kalau dilihat dari wajah-wajahnya, kayanya semua pada punya rank Mythic." Beliau bahkan melakukan riset lebih dulu agar tahu nama-nama karakter cosplay yang turut hadir menyemarakkan ulang tahun AirNav.

Terakhir, dia berharap peserta di turnamen ini bisa mewakili AirNav, bahkan Indonesia nantinya di ajang olimpiade seperti SEA Games, atau Asian Games nantinya.


Pemenang AirNav Mobile Legends Competition : 1. Tim Orion, 2. Tim Cikiber, 3. Tim Sky

Akhir acara pun ditutup dengan kemenangan dari tim cabang JATSC bermana ORION. Selain Orion, dua tim lain di peringkat dua dan tiga mendapat apresiasi uang prize pool. Namun bagi para peserta, uang bukanlah yang mereka cari, karena mereka hanya ingin prestis dan terhindar dari ledekan apabila kalah sama teman kantor. "Uangnya ngga penting, ledekannya itu yang sakit!" ungkap salah satu peserta. Tampaknya persaingan Mobile Legends di AirNav ketat sekali, Sobat Esports!

Ferry kembali menjelaskan rencana AirNav untuk turnamen di tahun-tahun mendatang. "Karena ini pilot project, ke depannya kami ingin membuat turnamen yang bisa mengakomodir 285 cabang AirNav di seluruh Indonesia, dari Aceh sampai Merauke. Peminatnya pun sangat banyak dan kita ingin membuat turnamen ini berskala nasional dengan format yang lebih profesional tentunya," tutupnya.

AirNav Indonesia adalah perusahaan BUMN yang bergerak di bidang usaha pelayanan navigasi udara. AirNav Indonesia memiliki misi melaksanakan penyediaan jasa pelayanan navigasi penerbangan sesuai dengan standar yang berlaku untuk mencapai efisiensi dan efektivitas penerbangan dalam lingkup nasional dan internasional.

Selamat ulang tahun yang ke-7 untuk AirNav Indonesia, semoga sukses mengudarakan esports di seluruh cabang dan markas AirNav se-Indonesia!!!