Esports.ID

Jelang Playoff, Seberapa Penting Klasemen Regular Season?

Rendy Lim
04/10/2019 13:28 WIB
Jelang Playoff, Seberapa Penting Klasemen Regular Season?
Playoff di MPL S4 Bakal Berbeda dengan Musim Sebelumnya, Mau Tahu?

Tersisa dua pekan lagi untuk babak regular season sebelum Mobile Legends Pro League Season 4 memasuki tahapan playoff. Dalam regular season, kita melihat 8 tim bertanding selama delapan minggu, tujuannya adalah menentukan siapa di antara mereka yang berhak lanjut ke babak playoff.

Namun tak hanya sekedar untuk menentukan enam dari delapan tim yang akan bertanding di babak selanjutnya, karena dua tim yang berhasil menduduki puncak klasemen akan mendapatkan 'keuntungan' dibanding empat tim sisanya. Seperti apa keuntungan yang bakal mereka dapatkan?


Sebelumnya pada MPL Season 3, terdapat delapan tim yang berlaga di babak playoff. Kedelapan tim tersebut kemudian dibagi ke dalam dua bracket, yakni upper dan lower. Tim yang berada di lower bracket akan langsung gugur jika kalah, sedangkan mereka pengisi upper bracket masih memiliki satu kesempatan. Tentunya ini mengingatkan akan PSG.RRQ yang saat itu berada di lower bracket, dan kekalahan melawan Bigetron langsung membuat mereka harus pulang lebih awal.

Hampir sama dengan season sebelumnya, sistem playoff MPL S4 juga mengadopsi konsep serupa, namun mengalami sedikit modifikasi karena hanya ada enam tim yang bertanding di babak playoff. Kali ini, dua tim yang berada di posisi teratas akan langsung mendapatkan 1x 'bye', sementara tim yang berada di posisi tiga hingga enam, terlebih dahulu akan diadu untuk menentukan siapa yang akan gugur, atau lanjut bertanding.

Tentunya, dua tim yang berada di posisi puncak klasemen pada akhir regular season akan sangat diuntungkan. Bagaimana tidak, mereka terhindar dari match yang kemungkinan bisa langsung mengugurkan mereka ataupun jatuh ke lower bracket jika mengacu pada sistem MPL season sebelumnya.

Hingga pekan keenam, dua tim yang saat ini kokoh menduduki puncak klasemen adalah EVOS Esports, disusul dengan RRQ. EVOS masih memiliki tiga pertandingan, sementara RRQ menyisakan empat match sebelum regular season berakhir. Apakah kedua tim ini bisa mempertahankan posisi mereka hingga akhir season

EVOS dan RRQ masih pimpin klasemen sementara hingga pekan keenam

Tidak menutup kemungkinan kita akan kembali melihat laga klasik antar dua tim rival ini di MPL Season 4. Jika sebelumnya pada season kedua, RRQ berhasil menumbangkan EVOS dengan skor 3-0 di grand final, apakah RRQ mampu kembali menaklukkan EVOS, ataukah sekarang giliran tim macam putih ini membalaskan dendamnya?

Siapa nih tim yang kamu jagokan di MPL Season 4 ini, Sobat Esports?