Esports.ID

Patut Dicoba! Build Rafaela Obuyan 10s Gaming Plus!

Rendy Lim
22/11/2019 14:10 WIB
Patut Dicoba! Build Rafaela Obuyan 10s Gaming Plus!
Rafaela 'Gendong' 10s Gaming Plus Kalahkan ONIC PH & Deus Vult di M1

Gelaran Mobile Legends World Championship 2019 (M1) telah resmi berakhir dengan keberhasilan EVOS Legends sebagai juara dunia setelah mengalahkan rivalnya RRQ Hoshi, dalam laga sengit yang berakhir dramatis dengan skor 4-3. Mempertandingkan tim-tim terbaik Mobile Legends dari berbagai negara, M1 menampilkan meta-meta unik dan strategi masing-masing tim untuk meraih kemenangan di kompetisi internasional ini.

Dari babak grup stage, salah satu tim yang menjadi perbincangan adalah 10s Gaming Plus dari Jepang. Tampil di grup D bersama dengan EVOS Legends, ONIC PH, dan Deus Vult, tim yang memiliki komposisi Obuyan, Tomeboo, Surei, Pappa, Totaka, dan Kozu berhasil memenangkan dua match melawan Filipina dan Rusia, bahkan mencuri satu poin dari EVOS. 


Hasil ini tentu tidak lepas dari meta uniknya yang kerap kali mempercayakan Rafaela sebagai support utama, bahkan menghasilkan kemenangan dalam setiap match saat 10s Gaming Plus berhasil mendapatkan Rafaela. Dipercayakan kepada Obuyan, bagaimana build yang digunakan untuk Rafaela dalam match melawan ONIC PH dan Deus Vult?

Karena bertugas untuk melindungi damage dealer utama, pertama Rafaela harus membeli item roaming dan Courage Mask menjadi pilihan Obuyan. Skill Encourage yang bisa diaktifkan oleh item ini akan menambah movement speed untuknya dan hero sekitar sebesar 30%. Selain itu terdapat juga tambahan physical dan magic attack sebesar 20% dengan cooldown 75 detik. 

Setelah itu untuk sepatu, Obuyan lebih memilih menggunakan Demon Shoes untuk mana regen dibanding Magic Shoes yang mengurangi cooldown skill. Hal ini dikarenakan Rafaela akan sering melakukan spam skill keduanya yang cukup memakan banyak mana. Cukup kerepotan jika Rafaela harus bolak balik ke base untuk mengisi mana, membuat Demon Shoes menjadi pilihan tepat roaming cepat di early game. 

Item ketiga dan keempat yang dipilih Obuyan dalam dua match melawan ONIC PH dan Deus Vult adalah item defense yakni Immortality serta Athena Shield. Menghadapai match di mana Rafaela akan menjadi sasaran pertama saat teamfight, membeli item defense akan membantunya bertahan lebih lama dan bisa memberikan buff kepada anggota tim sepanjang pertandingan.

Setelah item untuk pertahan sudah lengkap, saatnya memberikan Rafela item yang dapat membuatnya berkontribusi dalam late game teamfight. Thunder Belt yang memiiki pasif Thunderbolt dapat memberikan true damage serta efek slow, menjadikan item ini salah satu pilihan yang bagus. Selanjutnya, kamu bisa pertimbangkan untuk membeli Necklace of Durance agar mengurangi cooldown, menambah magic power, serta efek lifesteal.

Source: Instagram Kozuuu0325

Selain buid item-item di atas, pengunaan emblem support dengan Focusing Mark serta spells Purify atau Revitalize akan semakin membuat Rafaela menjadi sebuah support sejati. Agar tidak menjadi sasaran empuk dari musuh saat teamfight, pastikan kamu memiliki positioning tidak terlalu depan, karena jangkauan heal yang cukup jauh, kamu tidak perlu khawatir Holy Healing tidak mengenai teman. 

Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, siapa nih yang sudah mencoba meta unik dari 10s Gaming Plus ini?