GoPay Campaign

Kisruh Kasus "Pause" EVOS vs ONIC di Laga MPL, Ini Klarifikasinya!

Billy Rifki
28/08/2020 20:33 WIB
Kisruh Kasus "Pause" EVOS vs ONIC di Laga MPL, Ini Klarifikasinya!
Esports.ID , YouTube

Laga big match di week-3 MPL Season 6 antara ONIC dan EVOS Legends jadi salah satu pertemuan paling dinanti. Sayangnya, kejadian tak mengenakan mencoreng antusias para viewers. EVOS Legends mengalami kendala jaringan di match pertama sampai AFK di base karena tak mampu melanjutkan permainan.

Mantan pelatih EVOS kini pemain, Zeys pun menyuarakan keheranan atas keputusan panitia MPL yang tidak mengindahkan keputusan remake. Sejak awal match, EVOS telah menggunakan kesempatan pause beberapa kali. Wann sendiri melakukan chat all menuliskan “Lag banget”.

Menurut peraturan di MPL Indonesia, yang sudah disetujui semua pihak yang berpartisipasi kalau jatah pause tiap tim hanya berdurasi lima menit di tiap laga. Artinya, tim mana pun bisa pause lebih dari satu kali asal tidak melewati batas 5 menit.

EVOS, dalam hal ini telah melewati waktu yang ditentukan. Mereka pun tidak melanjutkan permainan dan cuma terdiam di markas. Meski tak ideal, ONIC melaksanakan tugasnya mengakhiri permainan.


Petikan Peraturan MPL Indonesia Terkait Lag, Koneksi & Pause. Source: MPL Indonesia

Pihak Moonton atau MPL Indonesia bukannya tak adil, mereka memberikan waktu lebih untuk EVOS seusai permainan agar membenahi jaringan mereka.

Kejadian ini tentu disayangkan, namun peraturan adalah peraturan. Ketidakpuasan suatu pihak tidak beralasan bila mereka telah membaca dan menyetujui peraturan yang disepakati bersama.

Semoga ke depan tidak terjadi lagi kendala teknis dari pihak MPL maupun tim yang berpartisipasi.