Kaskus Battle

Discord Lebih Fokus eSports, Jembatani Tim dengan Fans

Rendy Lim
25/02/2018 10:00 WIB
Discord Lebih Fokus eSports, Jembatani Tim dengan Fans
Google Images

Memasuki ranah eSports, Discord memulainya dengan langsung menggandeng sejumlah tim dan organisasi besar untuk mendukung program anyarnya. Server terbarunya yang bakal dikhususkan bagi tim profesional untuk dapat berinteraksi dengan para fans-nya bakal segera meluncur akhir bulan Februari ini.

Sebagai platform yang menyediakan fitur chat, message, dan voice communication khusus para gamers, kini Discord sudah mencapai jumlah pengguna hingga 90 juta users. Menariknya, ini adalah program pertama Discord yang bakal benar-benar fokus dan mengarah pada pengembangan eSports.

Tim besar seperi Team Liquid, dan penyelenggara DreamHack, hingga para peserta Overwatch League, yang berasosiasi dengan Blizzard, menjadi deretan partner pertama yang digandeng oleh Discord, setidaknya untuk sementara waktu ini.

“Ketika diminta untuk mengambil keputusan tentang aplikasi apa yang akan dipilih oleh Team Liquid untuk komunikasi dan berinteraksi dengan para fans, tentu tidak ada pilihan selain Discord," ungkap perwakilan Team Liquid, yang memaparkan alasan mereka memilih menggunakan Discord sebagai platform komunikasi mereka dalam game. "Tidak ada yang dapat menandingi kualitas dari produk mereka”.

Belum diketahui apakah ke depannya Discord akan menambahkan tim baru ke dalam program ini, namun tampaknya akan ada pengembangan yang dilakukan guna memanjakan para pengguna setianya, terutama yang menggunakan program terbarunya ini.

Mengingat sekarang Discord sudah jadi pilihan dari para gamer, baik yang bertipe casual ataupun professional, maka langkah yang tepat adalah memulainya dengan menggandeng tim-tim eSports profesional. Dan, secara terbuka memperbolehkan mereka untuk gabung dan membangun komunitas di dalamnya. Menjadi sarana penghubung antara tim profesional dengan fans adalah konsep yang tepat, sebagai platform komunikasi para gamers.

Sobat eSports, apakah ada yang juga menggunakan Discord sebagai aplikasi chat saat bermain game dengan teman-teman? Menurutmu, bagaimana kualitasnya?