[Giveaway] Share Liburan Ala Gamer Kamu Bareng UniPin & Esports.ID!

Kemenpora Siapkan Studio Khusus Bagi Penggiat eSports!

basittt
07/03/2018 18:19 WIB
Kemenpora Siapkan Studio Khusus Bagi Penggiat eSports!
Esports.ID

Pada acara konferensi pers yang digelar Telkomsel dalam rangka pembukaan Indonesia Games Championship (IGC) 2018, ada kabar menarik terkait eSports di Indonesia. Acara yang dihadiri banyak tim profesional, rekan media, gamer, dan tokoh-tokoh penting di industri eSports, termasuk melibatkan juga Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta sebagai salah satu narasumber yang cukup penting untuk perhelatan IGC 2018. Apa saja kabar menarik yang diinfokan?

"Esports sudah menjadi agenda penting sejak pertama pemerintah mengenalnya di Tafisa. Setelah diselidiki lebih lanjut, memang eSports sangat lekat dengan olahraga terutama proses latihan menuju pertandingan. Terdapat latihan keras yang dilakukan sebelum pertandingan itu berlangsung," ungkap Raden Isnanta, yang menambahkan bahwa eSports merupakan olahraga masa depan. "Oleh karena itu, pemerintah tentunya akan mempromosikan eSports".

Memang saat ini eSports masih diposisikan sebagai olahraga rekreasi, belum sebagai olahraga prestasi. Jika ke depannya eSports sudah masuk olahraga prestasi, tentu akan berdampak baik bagi Indonesia sendiri di mata luar. Apalagi jika ada atlet eSports dari Indonesia yang menjuarai suatu pertandingan, maka citra Indonesia akan semakin baik lagi.

"Pemerintah juga akan menyediakan tempat khusus untuk latihan. Kita punya studio di Kemenpora, oleh karena itu kita mengajak teman-teman yang mengerti eSports untuk diskusi bareng agar tahu tempat tersebut layak atau tidak. Kalau membangun baru kita masih butuh waktu, karena konsentrasi tahun ini berfokus pada Asian Games. Semoga di tahun 2019, dan ke depannya, bisa fokus ke eSports juga," tambah Raden Isnanta.

Meskipun di Asian Games masih baru diperkenalkan dalam kemasan exhibition, namun semoga ini membuat eSports menjadi sebuah olahraga yang dapat diakui secara resmi. Sehingga, ke depannya akan ada banyak atlet baru lahir dari industri eSports.

Bagaimana pendapat Sobat eSports?