Esports.ID

Kata Siapa Karir eSports Menjanjikan? Ini Buktinya!

MalZaHar
13/04/2018 10:49 WIB
Kata Siapa Karir eSports Menjanjikan? Ini Buktinya!
How Promising is eSports Career? Based on Pro Earnings

Bicara karir atau hidup sebagai pemain profesional, pastinya pertanyaan untuk seberapa besar penghasilan yang bisa kamu terima atau mampukah menutup biaya hidup kamu sehari-hari, akan terngiang kencang untuk menyadarkanmu dari sekedar mimpi indah atau sebuah karir nyata yang menjanjikan?

Buat kalangan gamer pecinta eSports asal Indonesia, atau mungkin bahkan di SEA, karir pro belumlah segemilang Eropa, Amerika, Cina, Korea, Rusia, dan banyak lagi. Intinya bukan pada kualitas, melainkan proses perkembangannya yang terbilang lambat dan juga belum ditunjang beberapa faktor pendukung lain.

Sementara dunia luar sudah lampaui fase itu dan beralih ke era keemasan dari eSports, yang akhirnya berujung pada penghasilan mumpuni bagi para penggiatnya. Lahan bisnis dari industri game digital ini terbukti begitu subur di tahun 2017 lalu dengan penghasilan mencapai 1,5 milyar dolar AS, atau lebih dari 20 trilyun rupiah!

Kini, sesuatu yang berawal dari hobi belaka telah menjelma jadi guci emas di ujung pelangi, dan hanya mereka yang terpilih (skillful) serta mampu berprestasi (talented) dapat melihat jalur kejayaan tersebut.

Sebagaimana hasil data yang dikumpulkan oleh esportsearning.com, deretan 10 pemain pro eSports berpenghasilan terbesar mampu kantongi pendapatan lebih dari 1 juta dolar AS (13 milyar rupiah). Dan pemuncaknya, Kuro Salehi Takhasomi (Team Liquid), telah mendulang angka fantastis di kisaran 3,5 juta dolar AS (48 milyar rupiah). Biar jelasnya, lihat infografis di bawah ini.

Dibandingkan dengan olahraga mainstream yang cenderung menonjol pada negara-negara maju atau tertentu saja, maka persaingan eSports bisa muncul dari segala pelosok dan negara di dunia. Demikian pula yang terlihat pada bagan statistik pendapatan pemain pro menurut negara asalnya.

Bagi gamer pro, seperti yang kami sebutkan sebelumnya sebagai pemain bertalenta, maka hanya tinggal memilih jalur disiplin apa paling menguntungkan dan menekuninya secara serius. Mungkin urutan prioritas game kompetitif dari esportsearning.com berikut ini bisa memberi gambaran jelas untuk pilihan 'berkarir' di game apa yang paling profitable!

Namun perlu diingat juga bahwa setiap olahraga, termasuk dunia eSports, memiliki rentang usia produktif untuk dapat berkompetisi secara maksimal. Jadi, mulailah rintis karirmu sejak dini, dan petik hasil optimal saat berjaya, sembari sisihkan penghasilanmu untuk masa penghujung karirmu.