Esports.ID

Bentuk Esports Liaison Group, Bukti Komite Olympic Serius Pada Esports

Rendy Lim
24/07/2018 10:58 WIB
Bentuk Esports Liaison Group, Bukti Komite Olympic Serius Pada Esports
Esports Liaison Group

Pada Olympic Esports Forum yang diadakan di Lausanne, 21 Juli oleh International Olympic Committee (IOC) dan Global Association of International Sports Federations (GAISF) akhirnya memunculkan kesepakatan yakni untuk membentuk sebuah wadah bernama Esports Liaison Group (ELG), yang ditujukan untuk membangun komunikasi dan hubungan antara para penggerak industri eSports serta organisasi naungan IOC. 

Forum ini juga dihadiri oleh para pembicara dari industri gaming dan eSports serta beberapa member IOC ataupun GAISF. Meskipun komite dari Paris Olympic, pelaksana Olimpiade 2024 telah menaruh ketertarikan besar terhadap eSports untuk menjadi salah satu cabang di olimpiade, namun sayangnya hal tersebut bukanlah topik utama dalam forum kali ini. Kumpul bareng ini lebih ditujukan sebagai sarana untuk mendekatkan dan memperkenalkan industri eSports kepada organisasi Olympic.  

Patrick Baumann, Presiden dari GAISF mengungkapkan tujuan utama dari pertemuan ini adalah untuk membuat pemahaman bersama antara komunitas eSports dengan visi Olimpiade dan membuat platform yang bisa menjadi sarana untuk bekerjasama.

Topik-topik yang didisuksikan juga beragam, mulai dari broadcasting, investasi, atlet, hingga kesetaraan gender. Tentu saja yang tak kalah penting adalah mencari potensi untuk melakukan kolaborasi atau buka kesempatan antar kedua industri yang berbeda ini, serta mendiskusikan cara agar dapat meningkatkan kualitas dari masing-masing komunitas. 

Salah satu topik yang membahas tentang dukungan dari pemerintah disinggung oleh Nicolo Laurent, CEO dari Riot Games. Menurutnya permasalahan yang sering kali ditemui dalam industri eSports adalah ketika player harus mengikuti pertandingan di luar negeri. Menurutnya beberapa negara sangat menerima kedatangan atlet eSports dengan memberikan visa, namun ada pula negara yang begitu ketatnya dalam hal tersebut, sehingga agak menghalangi perkembangan eSports di beberapa negara. 

Ke depannya, Liaison Group ini akan mempresentasikan sejumlah event yang berlangsung di tahun ini dalam forum Olympism Action di Buenos Aires, awal Oktober nanti, kemudian menghadiri pula Olympic Summit di Tokyo, di penghujung tahun.

Intinya, dengan adanya support dari pemerintah dalam industri eSports akan membantu para atlet serta kita juga sebagai penggeraknya, agar mendapatkan akses lebih mudah untuk beberapa hal, misalnya masalah visa atlet olahraga digital yang kerap menjadi kendala besar dalam kompetisi internasional. Bagaimana sobat eSports, apakah menurutmu ini menjadi suatu langkah maju bagi dunia eSports secara global? Atau mungkin sekedar 'basa-basi' saja?