First Warriors

Ancaman PHK di Filipina Bila Main ML Saat Jam Kerja

MalZaHar
05/03/2019 11:25 WIB
Ancaman PHK di Filipina Bila Main ML Saat Jam Kerja
Walikota Biliran: "Jangan Main Gim Saat Kerja, atau..." (Gambar Ilustrasi)

Gerard Espina, Walikota Provinsi Biliran, secara tegas memperingatkan kepada para pegawai di kantornya untuk tidak main gim saat masih dalam jam kerja.

Dirinya ingin agar mereka bisa fokus dalam pekerjaan melayani masyarakat ketimbang buang waktu, seperti main Mobile Legends ataupun PUBG di tempat kerja. Dia bahkan tidak segan untuk memberhentikan mereka.

Dalam memo resmi tertanggal 1 Maret 2019, via Inquirer News, Espina menyebutkan bahwa ada beberapa pegawai yang dilaporkan oleh masyarakat tengah bermain gim di HP-nya saat sedang menunaikan tugasnya. Secara spesifik, mereka diketahui sedang bermain Mobile Legends, dan PlayerUnknown's Battlegrounds, di jam kerja.

"Biar ini juga diketahui oleh semua pegawai pemkot (Biliran - red) bahwa tindakan ini - bermain gim saat jam kerja, tidak termasuk dalam kewajiban, tugas, dan pekerjaan kamu sebagai pelayan publik," bunyi penggalan memo terbitan Gerard Espina, yang ditujukan kepada seluruh pegawai di kantornya.

Mobile Legends sendiri sangat populer di negara-negara Asia Tenggara, termasuk juga di Indonesia. Bahkan, tim-tim pro ML dari Filipina adalah lawan tangguh yang sering menyulitkan wakil-wakil tanah air.

"Menanggapinya, melalui memo ini, saya memutuskan bahwa pegawai yang tertangkap basah sedang bermain gim di HP selama jam kerja akan diberhentikan, bila semua bukti sudah tidak terbantahkan," tegasnya lagi.

Sang walikota melanjutkan bahwa dirinya berharap adanya ketegasan ini akan membuat para 'pengemplang' kewajibannya menjadi jera dan akhirnya kian meningkat performa kerjanya. Karena pilihan mereka hanya dua, yakni 'level-up' tingkat kedewasaan yang berujung pelayanan maksimal bagi masyarakat, atau 'squad-up' dan kumpul bareng pengemplang lain untuk terus bermain gim saat kerja di tempat baru!

Nah, apakah menurut sobat esports, ketegasan seperti Walikota Biliran ini memang perlu? Bisakah hal ini menjamin kinerja lebih maksimal dari pegawainya, dan tingkat pelayanannya ke publik? Perlukah aturan ini diberlakukan pada pemkot-pemkot di Indonesia?

Menariknya lagi, Filipina adalah tuan rumah ajang Sea Games 2019, yang pada akhirnya meresmikan esports sebagai cabang olahraga resminya! Jadi, meski main gim itu menyenangkan dan menghibur, tetap ada prioritas akan hal-hal lebih esensial ya, seperti dahulukan pelajaran dan pekerjaan!