IESF

Keluarga Kerajaan Inggris Minta Gim Fortnite Dibekukan

MalZaHar
05/04/2019 11:10 WIB
Keluarga Kerajaan Inggris Minta Gim Fortnite Dibekukan
Pangeran Harry: Apa faedahnya Fortnite di Rumah Kita?

Dalam sebuah forum diskusi terbuka bersama kelompok pemuda (YMCA), di London, hari Rabu (3/4) kemarin, putra mahkota kerajaan Inggris menyampaikan pernyataan tegas terhadap penolakan akan keberadaan media sosial dan juga gim. Bahkan secara spesifik, dirinya menyebut bahwa gim Fortnite berdampak kecanduan dan sebaiknya dilarang saja.

Awalnya, Pangeran Harry hanya beropini akan bahaya adiktif yang bisa dimunculkan oleh tren media sosial belakangan ini. Sebagaimana, menurutnya, penggunaan medsos secara berlebihan jauh lebih berbahaya dibandingkan pemakaian obat terlarang (narkoba) dan minuman keras (alkohol).

Namun, kemudian dia juga menuding salah satu gim bergenre battle royale populer yang memiliki dampak sama kepada anak muda. Sang pewaris urutan kelima dari takhta kerajaan Inggris ini berpendapat bahwa Fortnite mengandung unsur kekerasan yang bersifat adiktif, sehingga berpeluang besar munculkan efek negatif.


YouTube

"Gim itu (Fortnite - red) tidak seharusnya diperbolehkan beredar. Apa faedahnya punya game seperti itu di rumah tangga kita?" papar Pangeran Harry, saat berbicara di komunitas pemuda YMCA, di West London (3/4). "Gim yang diciptakan agar orang ketagihan, sehingga membuatmu ingin tetap selalu berada di depan komputer (?) selama mungkin. Hal ini sungguh bentuk sikap kurang bertanggung jawab."

Selepas membeberkan uneg-unegnya, sang pangeran juga menandaskan bahwa dengan terus membiarkan anak mereka memainkan gim maka hanya akan menunggu hal buruk terjadi. Dia tidak ingin lebih banyak lagi anak muda di Inggris jadi menderita karena ketagihan bermain gim, atau makin besar angka rumah tangga berantakan di negaranya.

Dan, dirinya juga memang menginginkan adanya upaya pembekuan akan gim Fortnite di Inggris (mungkin juga ke depannya berlaku sama untuk gim-gim battle royale lainnya), namun dalam hal ini Pangeran Harry hanya sampaikan opini pribadinya. Karena faktanya, seusai melepas pernyataan 'miring' terhadap salah satu gim, kalangan gamer di sana pun kontan merespon balik untuk menentangnya.

Sedikit unik dan kontras juga bahwa industri gim di Inggris sebenarnya cukup besar dan pesat berkembang selama ini. Terbukti dari pasar gaming di UK yang terus catatkan profit besar sepanjang beberapa tahun belakangan ini. Belum lagi deretan acara akbar (Gaming Bafta Awards) serta turnamen major esports di seluruh daratan Britania.

Sepertinya memang gim populer yang menjadi favorit gamer seakan tidak boleh 'melenggang mulus' dan jalan beriringan dengan 'kadar positif' kebanyakan orang, benar demikian? Fortnite menjadi gim battle royale berikutnya yang menjadi target penggembosan oleh kaum terpandang. Sayang memang bahwa orang-orang ini selalu melihat pemicunya adalah gim yang dimainkan, padahal selama dijalankan/diawasi/diperlakukan secara baik dan sesuai aturan mainnya maka pilihan gamer bisa berada pada jalur positif kok!