First Warriors

Pemda Puerto Riko Ingin Garap Pulau Khusus Esports

MalZaHar
29/04/2019 15:33 WIB
Pemda Puerto Riko Ingin Garap Pulau Khusus Esports
Esports Jadi Bagian Pemulihan Daerah Akibat Badai Maria

Hari demi hari, berbagai kalangan dan pihak terus menunjukkan perhatian besarnya terhadap perkembangan esports dunia. Dalam minggu ini saja, kita sudah mendengar bagaimana negara-negara di Eropa yang bentuk federasi esports, lalu adanya dukungan nyata dari Presiden Polandia terhadap kompetisi gim elektronik, khususnya gim FIFA.

Beberapa hari lalu, jajaran otoritas di Puerto Riko munculkan ide penggarapan pulau sebagai pusat kegiatan esports yang bakal menjadi bagian dari pemulihan akibat Badai Maria, di bulan September, dua tahun silam.

Puerto Riko adalah sebuah persemakmuran di bawah naungan Amerika Serikat, dan terletak di sebelah timur Rep. Dominika, Karibia bagian timur laut. Daerah kepulauan yang sempat diperebutkan antara Spanyol dan AS ini sempat terpuruk akibat hantaman Badai Maria (Hurricane Maria, September 2017), bahkan dampaknya masih sangat terasa ke masyarakatnya.

Dan, salah satu program pemulihan yang dicetuskan oleh pihak otoritas setempat yakni melalui jalur esports. Sebagaimana yang diutarakan oleh Jesus Manuel Ortiz, via Twitter, bahwa dirinya selaku anggota parlemen di Puerto Riko (sejenis DPR di sini) akan mendukung upaya penggarapan sebuah pulau di area mereka sebagai pusat kegiatan esports.

"Minggu lalu, saya mengajukan agar industri gim dapat dimasukkan dalam rencana insentif jangka panjang untuk membuka Puerto Riko terhadap dampak ekonomi dan segala prospek kemajuannya," papar Jesus Manuel Ortiz. "Saya berharap usulan dari Gubernur Rossello ini bisa dilihat sebagai respon positif untuk mengawalinya."

Hal ini diungkapkannya sebagai respon balik atas usulan dari Gubernur di Puerto Riko untuk membuka lahan perkembangan esports di salah satu pulau. Menurutnya, hal ini tidak hanya mampu meningkatkan daya tarik sektor pariwisata namun secara ekonomi masyarakat juga bisa terangkat kembali pasca-bencana Badai Maria.

Berikut adalah terjemahan pesan tertulis dari Gubernur Rossello, yang angkat ide penggarapan pulau khusus esports sebagai bagian upaya pemulihan di Puerto Riko ke depannya;

"Dari yang saya lihat, potensi besar esports itu ada pada liga profesional. Mereka mampu memadati area stadion di setiap acaranya dan menjadi cabang olahraga paling banyak kedua yang ditonton di dunia, khususnya melalui layanan streaming video untuk kategori penonton berusia antara 18 - 35. Bayangkan, bagaimana jika kita membuat Puerto Riko sebagai pusat kegiatan esports?"

Dunia esports di Puerto Rico sendiri hanya berkutat pada sejumlah event rutin yang digelar komunitas gamer fighting, First Attack. Berbagai ragam turnamennya memang masuk kalender event resmi dari Capcom Pro Tour, sejak tahun 2014, dan mayoritas pertandingkan cabang gim Super Street Fighter IV.

Bila dibandingkan dengan Cina ataupun Korea yang sudah sangat kuat budaya esports-nya, maka Puerto Riko bukanlah nama besar di ranah esports secara global. Namun, berbekal geografis areanya yang dihuni banyak pulau-pulau kecil dengan panorama indah ala lautan Karibia di Amerika Utara, maka usulan pulau khusus esports ini bisa dikedepankan, apalagi tujuan mulia di balik ini adalah upaya pemulihan akibat dampak bencana alam besar sebelumnya.

Tapi, apakah terbersit juga oleh Sobat Esports, bahwa dengan pemikiran sama sebenarnya Indonesia juga berpeluang untuk dapat mewujudkan ide 'Pulau Khusus Esports' ini? Bagaimana menurutmu?