Esports.ID

Lima Gim Jadul PS1 yang Menarik Jadi Titel Esports

Billy
26/06/2019 15:42 WIB
Lima Gim Jadul PS1 yang Menarik Jadi Titel Esports
Esports.ID

Dari waktu ke waktu banyak titel gim esports baru bermunculan. Menawarkan macam-macam genre mulai dari MOBA, RTS, FPS sampai racing dan fighting.

Meski ada pula titel jadul yang tetap bertahan sebagai pelopor esports dicabang tertentu seperti Tekken dan PES ataupun FIFA.

Nah, apakah gim nostalgia yang kita mainkan di PS 1 dulu bisa laku kembali yah kalau mengusung prinsip esports? Kira-kira gim apa saja yang cocok dibikin esports?

1.  Crash Team Racing

Gim balapan satu ini sungguh fenomenal. Selain trek-trek unik yang menyimpan banyak jalan rahasia, gim Crash Team Racing butuh skill dalam menggunakan buff weapon untuk keperluan bertahan atau menyerang sebaik mungkin.

Belum ada gim racing masa kini yang bisa menandingi keseruan dan rasa nostalgia bermain CTR. Tidak hanya satu lawan satu, tapi bisa juga dimainkan ber-4  dan 8 orang sekaligus. Jadi sudah sesuai dan relevan dijadikan kompetisi esports.

Dengan rilisnya CTR Nitro-Fueled untuk PS4, maka promosi yang tepat sepertinya bisa membuat angan ini jadi nyata. Membayangkan keseruan yang terjadi ketika setiap karakter CTR memacu mobil mereka sudah membangkitkan semangat ngegas!

2. Yu-Gi-Oh! Forbidden Memories

Gim kartu punya pangsa pasar yang cukup besar dengan titel populer seperti Hearthstone untuk dilagakan dalam ajang esports.

Tak banyak yang bisa menyaingi Hearthstone secara popularitas, tapi mungkin Yu-Gi-Oh bisa. Andai dibuat ulang dan dipromosikan kembali sebagai gim esports baru, maka kompleksitas sekaligus kesederhanaan gim ini pasti menarik kembali minat gamer bermain genre gim tarung kartu.

3. Twisted Metal

Esports memang identik dengan pertarungan untuk menjatuhkan lawan sampai ada satu pemenang terakhir. Namun, belum ada yang menggambarkan kekacauan dan kehancuran lebih baik dari gim satu ini.

Twisted Metal mempertarungkan kendaraan unik yang bisa dipersenjatai dengan berbagai amunisi. Mapnya yang bervariasi jadi kanvas kreatifitas player untuk bermanuver, lari, atau menyergap musuh.

4. Tony Hawk Pro Skater

Gim ini mengusung tema yang unik. Banyak-banyakan mencari poin dengan bergaya bebas di atas papan skateboard. Dalam versi esports-nya nanti, beberapa pemain akan mulai melakukan freestyle di saat yang sama, dalam ragam arena menantang.

Barangsiapa mendapat poin tertinggi dalam waktu tertentu dialah pemenangnya. Pemain punya kemampuan untuk menganggu lawan agar terjatuh dari papan skate supaya pencarian nilai mereka terganggu.

Kayaknya cukup menarik ya guys?

5. Pepsiman

Siapa yang tak tahu titel gim legendaris ini? Theme song ikonik serta karakter bisu sok asyik, dengan berbagai rintangan yang membuat reflek motorikmu jadi waspada setiap saat.

Pepsiman cocok dijadikan pertandingan speedrunning, di mana pemain harus menamatkan gim ini lebih cepat dari peserta lain. Tentu agar pertandingan lebih menarik, Pepsiman esports menyajikan update agar ada map baru di tiap turnamen, jadi peserta tak memiliki pengetahun mengenai rintangan dan jebakan yang ada di depan mereka.

Selain lima gim di atas, ada beberapa gim lawas yang masih cukup layak masuk radar potensi esports baru, antara lain Road Rash, Nascar Rumble,  Bakusou Kyoudai Let's & Go- Eternal Wings (Tamiya), dan WWF Smackdown yang tampaknya punya potensi sebagai titel esports seru sekaligus menjanjikan!

Menurut Sobat Esports, gim jadul mana yang paling menarik untuk tersaji sebagai pertandingan esports?