IESF

BEKRAF Game Prime 2019, Cara Pemerintah Sebar Citra Positif Esports

Billy
06/07/2019 12:44 WIB
BEKRAF Game Prime 2019, Cara Pemerintah Sebar Citra Positif Esports
BEKRAF Game Prime

Dua minggu jelang BEKRAF Game Prime 2019 ( 13-14 Juli 2019), BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif) sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah bersama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) dan GGWP.ID menggelar konferensi pers Jumat kemarin (5/7).

Mengusung tema "Game is the Future of Sport, Entertainment and Business", pertemuan dengan para rekan media ini tentunya membahas event gim tahunan terbesar tersebut sekaligus mengenalkan kembali kemajuan dari industri esports tanah air yang ternyata cukup mencengangkan.

Di hadiri oleh Hari Santosa Sungkari selaku Deputi Infrastruktur BEKRAF, Narenda Wicaksono sebagai perwakilan sekaligus ketua dari AGI serta Ricky Setiawan CEO dari GGWP.ID tampil sebagai narasumber.

Tahun lalu, event GAME Prime sukses menyedot atensi pengunjung sebanyak 16.000 orang, tahun ini BEKRAF menyebutkan tiket menuju Balai Kartini, Jakarta sudah diserbu 19.000 orang. Artinya makin tahun industri esports makin diminati oleh masyarakat.

Terlebih, esports tak selalu identik dengan anak remaja, data BEKRAF menyebutkan pengunjung pada event yang sama tahun lalu lebih banyak dihadiri oleh orang berusia 25-40 tahun.

Hari Santosa Sungkari pun menjelaskan, esports adalah salah satu suku tugas dari 16 subsektor yang ditugasi untuk dikelola dan dikembangkan. Sehingga, ia meminta media menyebarkan berita-berita positif tentang esports agar lebih diterima masyarakat.

BEKRAF sudah terjun ke daerah-daerah termasuk luar Pulau Jawa sampai ke luar negeri melakukan lebih dari 500 kegiatan seperti menghelat event gim di Papua atau menghadiri 112 meeting dalam 2 hari saat mengikuti pameran gim di San Fransisco. Namun, peran media tetap sangat vital agar citra positif esports tersampaikan ke masyarakat.

“Aplikasi dan Gaming merupakan salah satu sub sektor di BEKRAF. Penetrasi internet di Indonesia sudah mencapai angka 56% sehingga market game juga semakin besar.” ungkap Hari Santosa Sungkari. Hal ini senada dengan jumlah data gamer yang ia kemukakan sebesar 42 juta orang atau sekitar sekitar 15-20% total populasi Indonesia

“Bicara soal industri, game sudah menghadirkan karir baru, contohnya dengan adanya esports, atlet, dan profesi lain seperti shoutcaster, dan profesi lain serta industri lain di belakang itu. Bahkan kini game bukan hanya sebagai entertainment” tambahnya.

Lagi, Pak Hari mengelaborasikannya bahwa industri gim sudah jauh lebih menguntungkan dari industri film, bahkan total pendapatan dari industri gim mencapai dua kali lebih banyak dari gambar hidup.

Narenda Wicaksono tak ketinggalan memaparkan kemajuan developer gim tanah air. “Banyak karya lokal dan mendunia dari Indonesia. Ada game karya developer Indonesia yang mencapai 100 juta download. Yang terkenal pun ada, contoh Dreadout yang mencapai 50 juta pengguna aktif serta dibuat menjadi film.” Kata Narenda Wicaksono.jelasnya.

BEKRAF Game Prime 2019 akan mengundang puluhan developer gim lokal serta memberikan penghargaan kepada developer berprestasi selama satu tahun terakhir sebagai bentuk apresiasi. Pengunjung bisa dengan bebas menjajal sarana hiburan seperti AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality), arcade center alias dingdong serta perangkat simulator balap yang digunakan pemain gim racing profesional. Canggihnya, semua bisa dimainkan selama dua hari GRATIS!!! Ada pula komunitas toys & action figure, ilustrator dan komiku, berlatih merakit gunpla bersama ahlinya dan banyak komunitas lainnya ikut berpartisipiasi.

Ricky Setiawan menutup sesi konferensi dengan mengucapkan selamat lebaran bagi para developer g im Indonesia. Ricky menganggap Game Prime sudah menjadi tradisi open house bagi para developer ke publik, dimana mereka membuka pintu menunjukan karya-karya terbaiknya.

BEKRAF Game Prime 2019 akan menghadirkan lebih dari 100 game lokal keren yang bisa dimainkan. Bahkan,  bagi yang tertarik untuk terjun ke industri game, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk belajar dari developernya langsung!. Para developer ini punya berbagai merchandise menarik untuk kamu yang mampir dan memainkan gim mereka.

Tak ketinggalan, bakal ada turnamen esports juga berlangsung di BEKRAF Game Prime 2019. Bertarung dalam Clash of Titans,  kompetisi ini mempertemukan tim-tim Mobile Legends terbaik tanah air seperti RRQ, LOUVRE. GGWP.ID, Saints Indo, The Prime, Island of God, Genflix Aerowolf & Bigetron.

Lengkap banget deh, tunggu apa lagi sobat esports. Datang dan nikmati keseruan BEKRAF Game Prime 2019 13-14 Juli mendatang yah!